Conrad I dari Swabia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Conrad I (wafat 20 Agustus, 997) merupakan seorang Adipati Swabia dari tahun 983 s/d tahun 997. Penobatannya sebagai adipati ditandai kembalinya pemerintahan Conradine atas Swabia untuk pertama kalinya sejak tahun 948.

Ketika Adipati Otto I mati mendadak selama kampanye Imperial di Italia pada tahun 981-982, ia tidak memiliki keturunan. Untuk mengisi lowongan tersebut, Kaisar Otto II menunjuk Conrad sebagai Adipati Swabia. Conrad penting sebagai adipati Swabia pertama yang menyimpan gelar di dalam keluarga; setelah kematiannya pada tahun 997 ia digantikan oleh putranya Hermann II.

Terdapat kebimbangan mengenai keluarga Conrad. Identitas orangtuanya tidak diketahui dengan pasti. Situasi yang sama dengan istrinya, yang kemungkinan adalah putri Liudolf, Adipati Swabia, putra Kaisar Otto I. Ia memiliki sedikitnya 6 orang anak, termasuk pewarisnya, Hermann II.

Terdapat kekayaan sastra yang mengelilingi upaya tersebut oleh Wolf dan juga Jackman, dimulai pada tahun 1980 untuk menjadikan istrinya putri Liudolf, namun upaya-upaya tersebut ditolak oleh Hlawitschka.

Sumber[sunting | sunting sumber]

Bacaan selanjutnya[sunting | sunting sumber]

  • Eduard HLAWITSCHKA, Konradiner-Genealogie, unstatthafte Verwandtenehen und spätottonisch-frühsalische Thronbesetzungspraxis. Ein Rückblick auf 25 Jahre Forschungsdisput. (Monumenta Germaniae Historica, Studien und Texte 32) XX und 220 S. Hannover 2003. ISBN 3-7752-5732-2. (in German)
Didahului oleh:
Otto I
Adipati Swabia
983–997
Diteruskan oleh:
Hermann II