Confucius (film 2010)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Confucius
Confucius 2010 China Movie 3824 poster.jpg
Poster film
Sutradara Hu Mei
Produser Han Sanping
Hu Mei
Pemeran Chow Yun Fat
Zhou Xun
Musik Su Cong
Sinematografi Peter Pau
Studio Dadi Film
China Film Group
Tanggal rilis Cina:
28 Januari 2010 [1]
Negara Cina
Bahasa Mandarin
Anggaran HK$22 juta[2]

Confucius (Cina:孔子) adalah film biografi Cina yang pertama kali dirilis di Beijing pada 14 Januari 2010. Film in disutradarai oleh Hu Mei dan dibintangi oleh Chow Yun Fat sebagai Konfusius.

Produksinya dimulai sejak Maret 2009 dengan lokasi di Provinsi Hebei dan Hengdian World Studios di Zhejiang.[2]

Film ini awalnya direncanakan dirilis pada akhir 2009 sekaligus memperingati 60 tahun pendirian RRT dan ulang tahun Konfusius ke 2,560.[2] Tetapi waktu rilisnya kemudian diundur.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Konfusius terlahir dengan nama Kong Zi (Chow Yun Fat) di kerajaan yang dipimpin oleh dinasti Lu. Kong bukan hanya seorang guru namun juga penasihat Jenderal Ji (Chen Jian Bin) meski akhirnya dia memilih meninggalkan kerajaan dan berkelana dari kota ke kota.

Kong sempat menikahi Qi Quan (Zhang Kai Li) dan keduanya dianugerahi dua orang anak: Kong Rao (Chen Rui) dan Kong Li (Qiao Zhen Yu). Awalnya kehidupan Kong terlihat mapan namun kemudian Jenderal Ji melihat visi Kong sebagai sebuah ancaman terhadap kelangsungan kerajaan Lu, Kong lalu memutuskan untuk meninggalkan kerajaan dan berkelana untuk menekuni ilmu yang ia pelajari.

Dalam perjalanannya, Kong banyak menghadapi tantangan. Banyak orang yang tak bisa menerima pandangan hidup Kong dan penolakan selalu menjadi bagian dari perjalanan panjang Kong. Dalam perjalanan ini pula Kong bertemu Lao Zi (Jiao Huang) dan belajar banyak dari filsuf ini. Kong lantas mengabdikan sembilan tahun terakhirnya untuk mengembangkan paham Konfusianisme dan sempat menulis buku berjudul Five Classic.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Confucius Teaser Trailer and Making-of". Diakses 2009-12-26. 
  2. ^ a b c Coonan, Clifford (2009-03-16). "Chow Yun-fat signs on sebagai Confucius". Variety. Diakses 2009-05-16. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]