Conel Hugh O'Donel Alexander

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Conel Hugh O'Donel Alexander
Informasi pribadi
Asal negara  Inggris
Rekor bertanding
Gelar International Master (1950)

(Conel) Hugh O'Donel Alexander (lahir di Cork, 19 April 1909 – meninggal di Cheltenham, 15 Februari 1974 pada umur 64 tahun) adalah seorang kriptoanalis dan pecatur. Ia menjalankan mesin Enigma Jerman di Bletchley Park selama Perang Dunia II, dan belakangan menjadi kepala divisi kriptoanalisis di Government Communications Headquarters (GCHQ) Inggris selama lebih dari 20 tahun.

Pemecahan kode di Bletchley Park[sunting | sunting sumber]

Pada Februari 1940, Alexander tiba di Bletchley Park, pusat pemecah kode di Britania selama Perang Dunia II. Ia bergabung dengan Hut 6, bagian yang bertugas memecahkan pesan-pesan Tentara Angkatan Darat dan Udara Jerman melalui mesin Enigma. Pada tahun 1941, ia dipindahkan ke Hut 8, bagian yang berhubungan yang mengerjakan Enigma Angkatan Laut. Ia menjadi deputi kepala Hut 8 di bawah Alan Turing. Alexander terlibat lebih jauh lagi dalam operasi harian Hut 8 bahkan melebihi Turing sendiri, dan, ketika Turing sedang berkunjung ke Amerika Serikat, Alexander secara resmi diangkat menjadi kepala Hut 8 pada sekitar bulan November 1942.

Pada Oktober 1944, Alexander dipindahkan untuk bekerja di bagian pemecahan kode Jepang JN-25.

Karier di GCHQ[sunting | sunting sumber]

Pada pertengahan 1946, Alexander bergabung dengan GCHQ, yang merupakan organisasi baru pengganti Government Code and Cypher School (GCSS) di Bletchley Park. Pada tahun 1949 ia dipromosikan menjadi kepala seksi H (kriptoanalisis), jabatan yang diembannya hingga ia pensiun pada tahun 1971.

Karier di Catur[sunting | sunting sumber]

Buku[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]