Comita III dari Torres

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Comita III (tahun 1160 – 1218) merupakan seorang Giudice Logudoro, dengan ibukotanya Torres, dari tahun 1198 s/d tahun 1218. Ia adalah putra bungsu dari 4 bersaudara Barisone II dari Torres dan Preziosa de Orrubu. Ia memerintah pada saat ketika keluarga-keluarga yang hebat, biasanya asing, yang menggantikan giudici di dalam kekuasaan dan pengaruh di Sardinia.

Sekitar tahun 1180, ia menikahi Ispella (putri Barisone II dari Arborea dari istri pertamanya, bercerai, istri Pellegrina de Lacon), dirinya sendiri adalah janda Hug de Cervera dan ibu Hugh I dari Arborea, wakil-Giudice Arborea. Dengannya ia memiliki 4 orang anak: Maria, yang menikahi Boniface, pewaris Manfred II dari Saluzzo; Preziosa; Marianus, pewarisnya; dan Giorgia, yang menikahi Manuele Doria. Ia sendiri menikah yang kedua kali dengan Agnes, saudara perempuan Boniface.

Di bulan Desember 1198, kakandanya Konstantinus II wafat tanpa keturunan di dalam perang dengan William I dari Cagliari. Comita menggantikannya sebagai giudicato. Baik Konstantinus (dan akhirnya Comita) dan William berperang dengan Peter I dari Arborea atas wakil-pimpinan Arborea. Pada saat suksesinya kepada pro-negara Genoa Logudoro, Goceano berada di tangan William. Untuk menukar Goceano, Comita memikirkan untuk berada di sisi Pisa dan mengusir warga Genoa dari giudicatonya, juga melepaskan klaimnya untuk Arborea. Dalam perjanjian damai berikutnya dengan Cagliari, Marianus, pewaris Comita, menikahi Agnes dari Massa, putri William, yang dibawanya dari Goceanonya sebagai mas kawin.

Namun tak lama kemudian, Comita menuduh William kepada Paus Innocent III agresi dan pelanggaran lainnya dari persetujuan mereka. Arborea berada di bawah perlindungan kepausan. Sebagai balasannya, William menikahkan putrinya yang lain kepada Ugone, wakil Giudice Arborea dan anak tiri Comita. William secara efektif mengambil kendali Arborea.

Pada tahun 1203, William Malaspina, sepupu William dari Cagliari, mencoba untuk menikahi putri Barisone II dari Gallura. Upaya ini untuk mengendalikan kepemimpinan Gallura yang diserialkan oleh paus. Pada tahun 1205, Lamberto Visconti menikahinya. Dengan sebuah perjanjian yang dikonfirmasikan pada tahun 1211, Comita bersekutu dengan Genoa untuk menguasai seluruh pulau dan membawanya dibawah kendali mereka. Tidak ada kedamaian-kedamaian yang terpisah. Bersama-sama mereka menyerang Gallura, sekarang dipimpin oleh Lamberto. Setelah itu, dengan dukungan Innocent, mereka menyerang Arborea, invasi yang berakhir pada partisi dari kerajaan: setengah pergi ke Barisone III, putra Peter I, dan seperempat masing-masing ke Comita dan William dari Cagliari. Kampanye tahun 1212 di interupsi akibat warga Pisa dan pada tahun 1214, William meninggal. Lamberto dan Ubaldo I Visconti mengambil kesempatan pada tahun itu untuk melancarkan sebuah ofensif di Gallura, Cagliari, dan Arborea, namun dikalahkan oleh Comita dan Genoa. Perang itu berlanjut di atas laut, namun ditahan oleh permintaan Paus Honorius III, yang memaksa Comita untuk menyetujui kondisi tersebut dengan Pisa (1 Desember 1217). Comita wafat di suatu hari pada tahun berikutnya, ketika pewarisnya muncul pertama kalinya sebagai giudice pada tanggal 10 Nopember 1218.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Caravale, Mario (ed). Dizionario Biografico degli Italiani: XXVII Collenuccio – Confortini. Rome, 1982.
Didahului oleh:
Konstantinus II
Giudice Logudoro
1198–1218
Diteruskan oleh:
Marianus II