Colin Turkington

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Colin Turkington dalam Festival BTCC 2009 di Edinburgh, Skotlandia.

Colin Henry Turkington (lahir di Portadown, Irlandia Utara, Britania Raya, 21 Maret 1982; umur 32 tahun) merupakan seorang pembalap mobil professional asal Irlandia Utara. Saat ini ia membalap di ajang British Touring Car Championship, dimana ia merupakan juara umum BTCC musim 2009.

Karier[sunting | sunting sumber]

Junior[sunting | sunting sumber]

Turkington memulai karier balapnya pada tahun 1993 di ajang karting. Ia kemudian berkompetisi di autograss pada 1996 dan 1997, sebelum pindah ke Kejuaraan Metro Irlandia Utara pada 1998 dan langsung memenangi ajang tersebut pada tahun debutnya. Ia lantas pindah ke Kejuaraan Ford Credit Fiesta Zetec di 1999 dan memenangi ajang tersebut pada 2001.

BTCC[sunting | sunting sumber]

Team Atomic Kitten (2002)[sunting | sunting sumber]

Turkington kemudian pindah ke BTCC di 2002, dimana ia membalap untuk tim Atomic Kitten bersama Gareth Howell dengan memakai mobil MG. Ia berhasil finish ke-14 dalam klasemen keseluruhan, dan berada di P6 dalam kelas Independen.

West Surrey Racing (2003-04)[sunting | sunting sumber]

Pada 2003 ia pindah ke tim West Surrey yang didukung penuh oleh pabrikan. Ia berhasil memenangi seri pertama di sirkuit Brands Hatch, dan berada di P8 klasemen akhir musim. Di musim 2004 ia hanya menang sekali di sirkuit rumahnya di Mondello Park, dan berada di P6 klasemen akhir.

Vauxhall (2005)[sunting | sunting sumber]

Musim 2005 ia menggantikan juara umum BTCC 2004 James Thompson di Vauxhall, dimana Yvan Muller menjadi penantang gelar musim tersebut. Colin hanya berada di P6 klasemen akhir, setelah sebelumnya mampu menunjukan penampilan bagus di awal musim. Dikarenakan penampilannya yang biasa saja, ia kehilangan kursi tim Vauxhall untuk musim 2006.

Kembali ke tim WSR (2006-07)[sunting | sunting sumber]

Musim 2006 Colin pulang kampung ke tim West Surrey Racing untuk membalap bersama Rob Collard. Ia kemudian tampil menjadi penantang serius untuk Matt Neal, dimana di saat-saat akhir, Jason Plato berhasil menyingkirkan Colin untuk duduk di P2 klasemen karena penampilan Colin yang kembali angin-anginan. Secara keseluruhan ia berhasil memenangi dua balapan dan 14 podium.

Pada 2007 tim WSR mengganti MG dengan BMW 320si E90. Colin kali ini dipasangkan dengan Tom Onslow-Cole. Dengan mobil BMW, ia berhasil menang di Croft. Setelah itu ia juga berhasil menang di Snetterton yang sayangnya sesudah balapan kemenangannya itu dibatalkan karena mobilnya terlalu ringan dibawah standar regulasi. Dalam kelas Independent ia keluar sebagai juara, sementara dalam klasemen keseluruhan ia berada di P5 dengan hasil tiga kemenangan.

Kemudian dalam World Touring Car Championship musim 2007, Colin tampil di Brands Hatch dan Macau dengan system wildcard. Di Brands ia berhasil finish ketiga, tapi ia tak dimasukan dalam klasemen karena girboks yang ia pakai di BMW-nya berbeda dengan aturan regulasi WTCC. Kemudian di Macau ia finish di P14 (race 1) dan P8 (race 2).

Team RAC (2008-…)[sunting | sunting sumber]

Pada 2008 ia hengkang ke Team RAC dengan ditemani pembalap Formula 3, Stephen Jelley. Colin lantas mencetak empat kemenangan dan berhasil finish di P4 klasemen keseluruhan, dan tetap mempertahankan predikat sebagai juara kelas Independen.

Pada 2009 Colin Turkington berhasil memenangi ajang BTCC dengan catatan enam kali menang balapan, dan hanya gagal finish di satu balapan saja, ketika ia melintir di Donington Park, Leicester.

Pekerjaan lain[sunting | sunting sumber]

Turkington terpilih sebagai salah satu pembalap dalam MSA's Race Elite Scheme di April 2007, bersama lima pembalap Inggris yang lain dari seri balap yang berbeda. Ia juga sempat menjadi presenter TV BBC untuk acara lingkungan hidup pada 2002.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]