Clumprit, Pagelaran, Malang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Clumprit
—  Desa  —
jmpl
Peta lokasi Desa Clumprit
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Timur
Kabupaten Malang
Kecamatan Pagelaran
Kodepos 65174
Luas -
Jumlah penduduk -
Kepadatan -

Clumprit adalah sebuah desa di wilayah Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.

Desa Clumprit merupakan desa yang makmur, gemah ripah loh jinawi, terletak 15 KM arah selatan Kota Malang dan 20 KM dari arah pantai Balekambang, yang terdiri dari 2 wilayah administrasi, yaitu Krajan (dilalui jalan raya) dan Dusun Sidorukun/ Pendem (pusat pemerintah). Saat ini jabatan kepala Desa dipegang oleh Bapak Drs.SUGIANTO, Beliau lulusan Universitas Isalam Malang - Kampus Gondalegi, tenaga pengajar di MTs Hasanuddin(asal Krajan) yang terpilih dalam Pilkades secara demokratis.

Batas-Batas: sebelah selatan : Sungai Lesti, sebelah barat : desa Suwaru, Sebelah Utara : Desa Sidorejo, Sebelah Timur : Desa Kemulan.

Penduduk : Penduduk Desa Clumprit mayoritas merupakan suku Jawa dan keturunan Madura.

Pekerjaan : Hampir 80 % persen penduduknya bekerja dibidang pertanian, hal tersebut ditunjang dengan luasnya pesawahan dan perkebunan tebu yang subur dan memiliki fasilitas irigasi yang baik. Selain itu kaum mudanya banyak yang merantau untuk sekolah dan bekerja diluar desa, sebagian besar dari kaum muda bekerja sebagai TKI dan TKW di luar negeri sehingga turut menyumbang kemakmuran desa.

Kebanyakan penduduk di Desa Clumprit yang bekerja di luar negeri bekerja pada sektor informal, yaitu : pembantu rumah tangga, konstruksi, pabrik, perkapalan, perhotelan dan perkebunan. Hal ini cukup memprihatikan karena mereka hanya mengejar gaji besar tanpa mempertimbangan resiko, sebuah ironi yang lebih memprihatikan banyak dari TKI dan TKW asal desa clumprit merupakan lulusan perguruan tinggi. Bahkan anak dari kepala desa dan perangkat desa juga bekerja sebagai TKI dan TKW. Sektor pertanian hanya dikerjakan oleh generasi tua dan buruh tani yang didatangkan dari desa tetangga.

Agama : Hampir 99% penduduk desa menganut agama Islam, dengan 4 buah masjid, puluhan Langgar (Musholla)dan belas TPA. Selain itu terdapat belasan rumah ibadah agama lain yang berdiri disana.

Pendidikan : Di Desa Clumprit terdapat fasilitas pendidikan yang cukup memadai yaitu : (1) 3 SD Negeri dan MI Hasanuddin, (2) SMP Dharmawanita dan MTs Hasanuddin, (3) SMU Dhamawanita, SMK Dharmawanita dan SMK Hasanuddin. Seluruh fasilitas sekolah tersebut terletak dalam 1 lokasi disekitar Balai Desa dan berdiri diatas tanah milik Desa.

Tanah Bengkok : Desa Clumprit memiliki tanah bengkok yang luas berupa awah dan kebun yang dipergunakan untuk membiayai administrasi pemerintahan desa secara mandiri, termasuk untuk membayar gaji kepala desa dan perangkat organisasinya.

Kerusuhan : Pada tahun 1965-1966 Desa ini diserang oleh gerombolan perampok dari kawasan pegunungan kapur selatan dan mengatasnamakan anggota ormas tertentu. Harta benda penduduk desa lugu yang tidak paham politik dijarah sampai habis, belasan aparat desa dan pegawai negeri (guru) diculik dan tidak ketahuan rimbanya.

Tokoh : 1. Ibu Reni : Anggota DPRD Kab. Malang 2. Bapak Trisulo : Camat Gedangan