Clouds and the Earth's Radiant Energy System

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

CERES (Clouds and the Earth's Radiant Energy System) adalah instrumen satelit ilmiah, bagian dari Earth Orbiting System NASA, didesain untuk mengukur intensitas cahaya matahari yang dipantulkan dari dan emisi radiasi yang dipancarkan oleh permukaan atmosfer dan permukaan bumi. Sifat awan ditentukan dengan menggunakan pengukuran simultan oleh instrumen EOS lainnya seperti Moderate Resolution Imaging System (MODIS). Hasil dari penggunaan CERES dan misi NASA sebelumnya, seperti Earth Radiation Budget Experiment (ERBE) akan menghasilkan pemahaman yang lebih baik terhadap peran awan bagi perubahan iklim dan siklus energi.

Penelitian CERES memiliki 4 tujuan:

  • Keberlanjutan data ERBE terhadap tingkat fluks radiasi pada atmosfer bagian atas untuk analisis perubahan iklim.
  • Menggandakan akurasi data tingkat fluks radiasi bagian atas atmosfer dan permukaan bumi.
  • Menyediakan data global mengenai tingkat fluks radiasi dalam atmosfer bumi untuk jangka panjang.
  • Menyediakan data sifat awan yang konsisten dengan tingkat fluks radiasi dari permukaan bumi hingga bagian atas atmosfer.

Instrumen CERES yang pertama diluncurkan di atas Tropical Rainfall Measuring Mission (TRMM) NASA pada November 1997 dari Jepang. Tambahan empat instrumen CERES diluncurkan di atas satelit Terra EOS pada Desember 1999 dan satelit Aqua EOS pada mei 2003. Saat ini, semua instrumen CERES pada satelit Terra dan Aqua beroperasi. Setiap instrumen CERES adalah radiometer yang memiliki 3 channel: channel gelombang pendek untuk mengukur radiasi matahari yang dipantulkan dalam range 0,3 - 5 mikrometer, channel untuk mengukur emisi radiasi termal bumi dalam range 8 - 12 mikrometer, dan channel total untuk mengukur seluruh spektrum radiasi bumi yang keluar. Resolusi spasial CERES pada titik nadir adalah 10 km untuk CERES pada TRMM dan 20 km untuk CERES pada satelit Terra dan Aqua. Kalibrasi di tempat meliputi solar diffuser, sistem lampu wolfram dengan monitor stabilitas, dan sepasang unit benda hitam yang bisa dikontrol pada temperatur yang berbeda. Pengamatan dalam ruang angkasa yang dingin dan kalibrasi internal dilakukan selama proses scan bumi berlangsung secara normal. Selama bekerja, CERES menunjukkan stabilitas yang memadai.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]