Clay Aiken

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Clay Aiken
Clay Aiken Merrillville 05-08-23.jpg
Clay Aiken
Latar belakang
Nama lahir Clayton Holmes Grissom
Lahir 30 November 1978 (umur 35)
Asal Bendera Amerika Serikat
Genre pop
Pekerjaan Penyanyi
Tahun aktif 2005-sekarang
Situs web Situs resmi

Clay Aiken (terlahir dengan nama Clayton Holmes Grissom lahir di Raleigh, North Carolina, 30 November 1978; umur 35 tahun) adalah seorang penyanyi asal Amerika Serikat yang namanya muncul dalam program televisi American Idol musim kedua. Clay juga menjadi juara kedua yang paling populer dalam sejarah acara tersebut.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Awal hidup[sunting | sunting sumber]

Clay, yang mengganti nama belakangnya menjadi nama ibunya, dilahirkan dan dibesarkan di Raleigh, North Carolina. Setelah lulus SMA, ia masuk ke Universitas North Carolina dan kemudian lulus dengan gelar dalam pendidikan khusus pada Desember 2003 walaupun sempat terhambat oleh kegiatannya dalam American Idol. Perhatiannya terhadap autisme jugalah yang membawanya ke dalam audisi acara tersebut, yaitu saat ia bekerja paruh waktu sebagai penolong untuk seorang anak autis dan ibu dari anak tersebut, Diane Bubel, memberikan semangat bagi Clay untuk audisi American Idol.

American Idol[sunting | sunting sumber]

Di awal musim kedua American Idol, Clay dianggap sebagai tipe orang yang kurang bisa menjadi Idol namun langsung menarik perhatian mereka setelah menyanyikan lagu "Always and Forever" dari Heatwave. Berbagai penampilannya mendapat sambutan yang cukup baik dari para juri dan penonton.

Pada 21 Mei 2003, Clay menjadi juara kedua di bawah Ruben Studdard dengan perbedaan suara yang tipis. Walau begitu, lonjakan kariernya bisa disamakan dengan juara pertama.

Ditahun 2008, Clay menyatakan diri kepada media melalui majalah Time bahwa dia adalah seorang gay.


Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]