Claude Bloodgood

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Claude Frizzel Bloodgood (terlahir Klaus Frizzel Bluttgutt III, lahir 14 Juli 1937 – meninggal di Richmond, Virginia, 4 Agustus 2001 pada umur 64 tahun) adalah seorang pecatur kontroversial Amerika Serikat

Ia mengarang buku The Tactical Grob, Blackburne-Hartlaub Gambit (1.d4 e5 2.dxe5 d6), dan Nimzovich Attack: The Norfolk Gambits. Pada akhir tahun 1950-an ia adalah penyunting Viriginia Chess News Roundup dan statistikus peringkat untuk Virginia State Chess Association. Pada tahun 1958, ia memulai All Service Postal Chess Club (ASPCC). Pada tahun 1970 ia dijatuhi hukuman mati atas pembunuhan ibunya sendiri dengan mencekiknya pada tahun 1969, karena pertengkaran masalah warisan dan beban cek yang buruk. Di barisan kematian, ia memainkan lebih dari 2.000 permainan pos secara serentak. Ongkos kirimnya dibayar oleh pihak yang berwajib di negara bagian Virginia. Ia dijadwalkan untuk dieksekusi 6 kali, namun selalu ditunda-tunda. Hukuman matinya diringankan menjadi hukuman penjara seumur hidup pada tahun 1972 dan negara bagian berhenti membayar ongkos kirim. Ia diizinkan mengikuti pertandingan catur di luar penjara, dengan ditemani oleh seorang pengawal. Pada tahun 1974, Bloodgood lari setelah ia dan pecatur lainnya (Lewis Capleaner, narapidana lainnya) melumpuhkan pengawal (George Winslow) yang mengawal mereka menuju ke pertandingan. Setelah ditangkap kembali beberapa minggu kemudian, hak korespondensi Bloodgood dicabut darinya. Kaburnya Bloodgood menyebabkan kepala penjara Virginia mengundurkan diri, dan program Virginia Penitentiary Chess dilucuti.

Pada tahun 1996 ia adalah pemain peringkat kedua USCF di negeri itu (2702), tepat di belakang Gata Kamsky. Ia sebenarnya tak begitu kuat, karena ia belajar mengeksploitasi sistem peringkat itu dengan mengorganisir turnamen dan pertandingann di penjara, dan terus-menerus mengalahkan pemain lain yang lebih lemah. Antara tahun 1993-1999, ia memainkan 3.174 pertandingan berperingkat, menang lebih dari 91%.

Ia ikut serta pada U.S. Correspondence Championship ke-15, yang bermula pada bulan Juni 2000, menang tiga kali dan kalah sembilan kali (ia meninggal sebelum menyelesaikan pertandingan terakhirnya).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]