Civilization IV: Warlords

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Civilization IV: Warlords
Sid Meier's Civilization IV:Warlords
Pengembang Firaxis Games
Penerbit Take Two Interactive
Distributor 2K Games
Aplikasi dasar permainan Gamebryo
Versi 2.13 (Juli 20, 2007)
Platform Windows, Macintosh
Tanggal rilis  Amerika Serikat : 24 Juli 2006

Uni Eropa : 28 Juli 2006

Genre Permainan strategi berbasis giliran
Mode Single player, multiplayer
Media digital/distribusi CD 1
Kebutuhan sistem

Civilization IV yang sudah terinstalasi, 1.2GHz Processor, 256 MB RAM, 64MB Kartu grafis (DirectX 8 support needed), sound card, 1.7GB HDD

Civilization IV: Warlords adalah ekspansi resmi pertama dari permainan video Civilization IV.[1]

Fitur[sunting | sunting sumber]

Warlords menambah banyak fitur ke permaianan antara lain:

  • Sebuah kategori Orang Besar baru yaitu Great Generals
  • Kemampuan untuk mengadakan vassal state
  • 8 skenario baru[2]
  • 6 peradaban baru
  • 10 pemimpin baru (termasuk untuk peradaban yang lama)
  • 3 sifat baru pemimpin (Karismatik, Pelindung, Imperialistis)
  • Bangunan unik untuk tiap peradaban
  • Unit, sumber daya, dan improvements baru
  • Semua patch yang dirilis untuk pendahulunya, Civilization IV.

Great General[sunting | sunting sumber]

Permainan memperkenalkan tipe Great Person baru yaitu Great General. Unit ini biasanya terbuat saat jumlah experience yang didapat oleh suatu peradaban mencapai ambang tertentu, ketimbang jenis Great Person lain yang dihasilkan dari kota. Sebagai tambahan, peradaban yang pertama untuk menyelesaikan teknologi Fasisme, menerima Great General secara gratis. Seorang Great General dapat digunakan seperti Great Person yang lain yaitu: bergabung dengan kota (namun sebagai Great Military Instuctor), yang berfungsi untuk memberi +2 poin experience ke setiap unit militer yang dihasilkan dari kota tersebut, atau untuk membuat Akademi Militer, yang secara permanen mempercepat produksi unit di kota tersebut. Great General juga bisa dipakai untuk mengiringi unit militer membentuk unit yang tergabung dipimpin oleh Warlord-nya, memberi 20 poin experience kepada semua unit di kotak yang sama dan memberi peningkatan gratis dan akses eksklusif ke beberapa promosi kepad si unit Warlord. Dalam semua permainan normal dan skenario, unit Warlord yang hancur hilang secara permanen. Bagaimanapun, di skenario Alexander dan Genghus Khan, sang tokoh berperan sebagai Great Generasl, dan jika dikalahkan, dia akan dilahirkan kembali di ibukota setelah beberapa giliran.

Negara Pengikut[sunting | sunting sumber]

Fitur baru yaitu Negara Pengikut/Boneka (Vassal States) membolehlan pemain untuk mengambil peradaban lain sebagai pengikutnya, persamaan terhadap protektorat. Ketika sebuah peradaban menjadi pengikut, mereka kehilangan kemampuan untuk menyatakan perang atau damai secara independen, dan dapat dipanggil untuk membayar upeti kepada peradaban yang diikutinya, dengan balasan bahwa peradaban tersebut akan melindunginya. Pemain dapat menggunakan fitur ini untuk mencapai kemenangan dominasi (Domination Victory), karena setengah dari wilayah dan populasi negara pengikut ikut dihitung terhadap nilai sang majikannya. Demikian pula jika majikannya berperang dengan peradaban lain, sang pengikut juga harus berperang. Bagaimanapun, opini peradaban lain terhadap pemain akan memburuk jika pemain memiliki pengikut yang tidak disukai oleh mereka. Negara pengikut tetap boleh menolak perdagangan untuk emas dan teknologi.

Dalam masa damai, sebuah peradaban bisa menawarkan peradaban lain untuk menjadi pengikutnya. Sebagai balasannya, peradaban itu melindungi pengikutnya. Tetapi, itu dapat berakhir jika wilayah relatif negara dan statistik populasi berubah. Persetujuan kepengikutan dapat disetujui dari negara yang banyak berperang, sebagai bagian dari pakta perdamaian, ikhtisar dan keuntunan masing-masing pihak dipertimbangkan. Bagaimanapun, persetujuan berakhir jika si pengikut memperoleh wilayah 50% lebih banyak dari masternya atau si pengikut kehilangan setengah dari wilayahnya yang saat perjanjian. Satu-satunya cara master mengakhiri persetujuan adalah jika si pengikut menolak untuk membayar upeti. Masternya kemudian dapat memilih untuk menyatakan perang.

Bangunan Unik[sunting | sunting sumber]

Agar membuat peradabannya istimewa, seriap peradaban memiliki sebuah "Bangunan Unik" (Unique Building). Bangunan unik ini menggantikan bangunan yang biasa dan memberi keuntungan spesial.

Fitur Baru[sunting | sunting sumber]

Permainan[sunting | sunting sumber]

Ada empar peradaban baru (Kartago, Celt, Korea, Ottoman, Viking, dan Zulu) bersama pemimpin-pemimpinnya serta 4 pemimpin baru untuk peradaban yang telah ada sebelumnya. Juga terdapat 3 sifat pemimpin yang baru dan pergantian sifat dari pemimpin yang telah ada sebelumnya. 2 bangunan baru, 3 unit baru, dan 3 bangunan keajaiban baru juga ditambahkan ke permainan.

Daftar untuk Civilization IV: Warlords:
Peradaban Unit Unik Bangunan Unik Pemimpin Ibukota
Amerika Navy SEAL Mall George Washington, Franklin Roosevelt Washington
Arab Pemanah Berunta Madrasah Saladin Mekkah
Aztek Jaguar Altar Pengorbanan Montezuma Tenochtitlan
Kartago Pasukan Numidia Cothon Hannibal Barca Kartago
Celt Gallic Swordsman Dun Brennus Bibracte
Cina Cho-Ko-Nu Pavilion Qin Shi Huang, Mao Zedong, Taizong (di Versi Cina) Beijing
Mesir War Chariot Obelisk Hatshepsut, Ramesses II Thebes
Inggris Redcoat Bursa Saham Elizabeth I, Victoria, Winston Churchill London
Prancis Musketeer Salon Louis XIV, Napoleon Bonaparte Paris
Jerman Panzer Pabrik Pemasangan Friedrich yang Agung, Otto von Bismarck Berlin
Yunani Phalanx Odeon Alexander yang Agung Athena
Inka Quechua Terasering Huayna Capac Cuzco
India Pekerja Cepat Mausoleum Asoka, Mohandas Gandhi Delhi
Jepang Samurai Pabrik Serpihan Tokugawa Ieyasu Kyoto
Korea Hwacha Seowon Wang Kon Seoul
Mali Skirmisher Percetakan uang logam Mansa Musa Timbuktu
Mongol Keshik Ger Genghis Khan, Kublai Khan Karakorum
Ottoman Janissary Hammam Mehmed II Istanbul
Persia Immortal Apotek Cyrus Persepolis
Romawi Praetorian Forum Julius Caesar, Augustus Caesar Roma
Rusia Cossack Lembaga Penelitian Peter I, Catherine yang Agung, Joseph Stalin Moskow
Spanyol Conquistador Citadel Isabella Madrid
Viking Berserker Pos Perdagangan Ragnar Lodbrok Nidaros
Zulu Impi Ikhanda Shaka Ulundi

Skenario[sunting | sunting sumber]

  • Perang Peloponnesia: Setelah menundukkan invasi Persia pada 480 SM, tekanan antara Athena dan Sparta mengarahkan mereka kepada kompetisi untuk menguasai dunia Yunani pada 444 SM. Kelompok Athena memulai dengan ekonomi yang kuat dan kepiawaian laut, namun kekaisaran mereka luas sekali. Bangsa Sparta memiliki sedikit posesi seberang laut tetapi angkatan darat yang kuat. Kedua kubu memiliki beberapa negara-kota, yang diwakili sebagai negara pengikut.
  • Penyatuan Cina: Skenario ini menaruh pemain dalam kekuasaan di satu kerajaan, mencari untuk mengalahkan 6 kerajaan rival pada Periode Negara Berperang untuk mendapatkan kendali dari Cina. Garis keturunan menggantikan agama sebagai takaran dari pengaruh yang dapat disebarkan lewat utusan dengan cara yang sama seperti misionari di permainan yang original. Sebuah bangunan keajaiban, "Dewan Kaisar", memungkinkan kemenangan dari suara (seperti PBB di permainan yang original) sebagai tujuan alternatif dari conquest.
  • Penaklukan Iskandar: Dalam skenario ini, pemain mengendalikan baik pasukan Makedonia maupun Iskandar yang Agung sendiri, yang dilambangkan di permainan sebagai unit Great General yang tidak bisa mati di pertempuran. Teknologi untuk skenario ini semuanya militer dan memberi dampak ke unit di lapangan. Menu kenegaraan digantikan oleh sebuah seri judul (dari "Iskandar si Pemula" hingga "Iskandar yang Agung") yang akan menolong pemain dalam penaklukannya.
  • Terbitnya Romawi: Pada tahun 300 SM, kekuatan Romawi, Kartago, Gaul, Yunani, dan Mesir beradu untuk memiliki Mediterania. Sumber daya istimewa dapat menyediakan "poin kemenangan" yang disediakan di sebelah setiap ibukota awal komputer. Dalam skenario ini, Pemimpin-Pemimpin memiliki 3 sifat dan beberapa peningkatan untuk unit militer dapat diriset.
  • Viking: Pemain bermain sebagai Ragnar Lodbrok, penguasa Viking, dan harus mengatur serangan yang besar dan merampas kepada Inggris, Irlandia, dan Eropa Utara. Tujuan dari skenario ini adalah untuk mengumpulkan sejumlah emas (nilai bergantung kepada tingkat kesulitan) dalam 200 giliran. Uang dapat diperoleh dari merampok kota, mengembalikan kota yang didapat ke pemilik awalnya dengan tebusan, dan meriset lokasi dari harta karun dan membawanya kembali (dalam bentuk unit harta istimewa) ke ibukota Viking.
  • Genghis Khan: Pemain mengatur gerombolan Mongol menyerang Asia. Tanpa kota awal, peradaban Mongolia memiliki unit "kemah" spesial, yang mirip dengan settler namun ketika disebarkan secara otomatis akan mengeluarkan unit-unit dengan tipe berbeda, tergantung kepada jenis tanah yang diduduki. Tujuan dari skenario ini adalah untuk mengumpulkan "poin kemenangan" dengan menguasai atau menghancurkan kota-kota musuh, membunuh unit musuh, dan menjarah improvement. Pemain secara tegas kehilangan poin sejalannya waktu (bergantung kepada tingkat kesulitan), dan secara agresif harus mendapatkan poin baru untuk menghindari kenegatifan dan kalah. Pohon teknologi untuk Mongol di skenario ini berbeda dengan yang originalnya. Setiap 15 peradaban mewakili sebuah teknologi yang bisa diperoleh Mongol dengan menguasai 2 kota dari peradaban itu atau menjadikan peradaban itu sebagai pengikut.
  • Omens, 1754: Dalam sebuah sejarah alternatif penggambaran dari Perang Tujuh Tahun. Pemain harus berlomba untuk mengolonisasi Lembah Sungai Ohio dengan bermain sebagai Marquis Duquesne dari Prancis atau George Washington dalam pelayanannya untuk Britania Raya. Konflik utamanya adalah dala keagamaan, antara Katolik (Prancis) dan Protestan (Inggris) bersama peradaban pribumi Lenape terjebak di tengah, dan tujuan skenario adalah untuk mendapatkan pengaruh keagamaan. Skenario ini juga memiliki unsur gaib, di mana pasukan Divinity muncul di berbagai waktu untuk menghukum yang kurang taat dan akhirnya menyatakan pemenang.
  • Kawanan Barbarian: Pemain mengendalikan negara Barbar, yang bertujuan untuk menghancurkan semua peradaban lain dalam peta yang dihasilkan secara acak. Dalam skenario ini, kota-kota dibuat tidak bisa dikuasai. Malahan, jika unit barbar menguasai kota, kota itu hancur; menyediakan emas yang selanjutnya, unit dapat diproduksi. Barbar memiliki kemah seperti yang ada di skenario Genghis Khan, di mana unit yang dibeli akan muncul.

Musik[sunting | sunting sumber]

Warlords memasukkan musik baru dan juga menyediakan musik lama seperti dari Civilization III dan Civilization III: Conquests, yang menambah musik era kuno dan era klasik permainan. Lagu pembukaan yang baru adalah sebuah lagu Libanon bertema cinta berjudul "Al Nadda".

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]