Cinta (seri televisi 1999)

Halaman yang dilindungi semi
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Cinta (sinetron))

Cinta
GenreDrama
BerdasarkanSeandainya Aku Boleh Memilih
oleh Mira W.
SkenarioArmantono
SutradaraMaruli Ara
Pemeran
Penggubah lagu tema
Lagu pembuka"Bahasa Kalbu" — Titi DJ
Lagu penutup"Bahasa Kalbu" — Titi DJ
Negara asalIndonesia
Bahasa asliBahasa Indonesia
Jmlh. musim1
Jmlh. episode26
Produksi
ProduserLeo Sutanto
Kristuadji Legopranowo
PenyuntingSentot Said
Pengaturan kameraMulti-kamera
Durasi22—30 menit
Rumah produksiIndika Entertainment
Rilis asli
JaringanRCTI
Rilis20 April (1999-04-20) –
19 Oktober 1999 (1999-10-19)

Cinta adalah sinetron Indonesia produksi Indika Entertainment yang ditayangkan perdana pada 20 April 1999 pukul 20.00 WIB di RCTI berdasarkan novel Seandainya Aku Boleh Memilih karya Mira W. Sinetron ini disutradarai oleh Maruli Ara dan dibintangi oleh Desy Ratnasari, Primus Yustisio, dan Atalarik Syah.

Sinopsis

Rini adalah anak ketiga dari sebuah keluarga yang keras dalam mendidik anak-anaknya. Irwan abang sulungnya dipaksa masuk Fakultas Teknik dan belum juga lulus kuliah meski sudah kuliah sembilan tahun. Arman, anak kedua, masuk ekonomi meskipun lebih suka main musik. Reny, adik Rini, dikirim untuk studi ke Australia. Rini kuliah di Kedokteran, meski itu juga bukan kemauannya.

Di kampusnya, Rini menjadi idola dan rebutan orang. Tapi pilihan Rini malah jatuh pada Andi, yang menderita penyakit jantung koroner. Haris, kakak Andi, meragukan kesungguhan Rini. Ibu Andi juga kuatir akan Andi akan kecewa. Namun Rini ingin membuktikan cintanya pada Andi. Atas bujukan Rini, Andi bersedia berobat ke Amsterdam. Selama Andi di Amsterdam, hubungan Rini dan Haris menjadi akrab, mulai tumbuh benih-benih cinta di antara mereka. Haris dan Rini berhubungan intim, dan Rini hamil.

Takut mengecewakan Andi, ibu Andi menyusun rencana. Haris dikawinkan dengan Sukma, meskipun Haris tidak mencintainya. Begitu Rini melahirkan, bayi Rini (Doni) diadopsi Haris dan Sukma. Rini menyusul Andi ke Amsterdam dan mereka menikah di sana. Haris sama sekali tidak memperdulikan Sukma. Perhatian Sukma sendiri tercurah kepada Doni. Sementara Rini sendiri tidak bisa merasakan kepuasan batin dari suaminya karena jantungnya yang lemah.

Beberapa tahun kemudian, Andi dan Rini kembali ke tanah air. Saat melihat Doni, pikiran Rini berubah. Dia menginginkan Doni, tetapi Sukma tidak rela. Diam-diam, Haris berusaha menjalin kembali hubungannya dengan Rini. Haris berusaha membujuk Sukma agar menyerahkan Doni. Karena Sukma tetap bersikeras, Haris ingin menceraikan Sukma.

Andi sangat terpukul saat mengetahui bahwa Rini dan Haris berselingkuh, dan buah cinta mereka adalah Doni. Andi meninggal karena stroke. Pada saat yang sama, Sukma hampir mati keracunan. Haris masuk penjara karena bukti-bukti peracunan itu mengarah kepadanya. Begitu Sukma mendengar tentang nasib Haris, dia akhirnya dirawat di rumah sakit jiwa. Kehilangan "ibu"-nya, Doni jatuh sakit. Ini mendorong Sukma cepat sembuh sehingga bisa menjenguk Doni. Pada akhirnya Rini sadar, Doni membutuhkan Sukma. Bukan Rini, meskipun dia adalah ibu kandung Doni.

Pemeran

Pemeran Peran
Desy Ratnasari Rini
Primus Yustisio Haris
Atalarik Syah Andi
Hanna Hasyim Sukma
Dien Novita Cokro
Rudy Salam Suryadirjo
Lucky Alamsyah Dokter Nurdin
James Sahertian Anwar

Referensi