Cinderella (Disney)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Cinderella
Tokoh Cinderella
Cinderella saat muncul di Cinderella (1950).
Penampilan
perdana
Cinderella (1950)
Pencipta
Pemeran
Pengisi suara
BerdasarkanCinderella dari dongeng Charles Perrault
Informasi
GelarPutri
PekerjaanPembantu dapur
AfiliasiPutri Disney
Keluarga
  • Ayah (meninggal di prolog)
  • Lady Tremaine (ibu tiri)
  • Drizella dan Anastasia Tremaine (saudara tiri)
  • Tukang Roti (saudara tiri ipar)
  • Raja (ayah mertua)
PasanganPrince Charming
AnakChad Charming (keturunan)

Cinderella adalah karakter fiksi yang muncul di film animasi ke-12 Walt Disney Productions Cinderella (1950). Dalam film aslinya, Cinderella disuarakan oleh penyanyi dan aktris Amerika [Ilene Woods. Untuk sekuel dan penampilan film dan televisi berikutnya, Woods digantikan oleh aktris Amerika Jennifer Hale dan Tami Tappan, yang mengisi suara karakter berbicara dan bernyanyi.

Profil[sunting | sunting sumber]

Penampilan fisik[sunting | sunting sumber]

Cinderella adalah seorang wanita muda yang cantik, tinggi, ramping, dan memiliki struktur wajah yang lembut. Kulitnya berwarna putih, dengan bibir merah muda, dan sepasang mata biru yang berpendar. Rambut Cinderella berwarna pirang agak jingga, dengan panjang sebahu dan memiliki poni lembut.

Pakaian[sunting | sunting sumber]

Cinderella sering memakai pakaian pembantu yang terdiri dari atasan berwarna cokelat tua dengan lengan tiga per empat berwarna biru kehijau-hijauan. Roknya berwarna cokelat muda. Untuk melengkapi penampilannya, Cinderella memakai sehelai celemek putih dengan sedikit robekan di satu sisi celemek tersebut dan sepasang selop hitam. Terkadang rambutnya diikat dengan pita rambut biru tua atau dibiarkan terurai. Sewaktu mau pergi ke pesta dansa, ia memakai sehelai gaun pesta berwarna merah muda dan putih dengan hiasan pita-pita berwarna merah muda terang, dilengkapi dengan seuntai kalung manik-manik berwarna hijau laut dan bando putih, sebelum dihancurkan oleh saudara-saudara tirinya. Saat diubah oleh Ibu Peri, gaunnya yang sobek berubah menjadi gaun pesta berwarna biru keperakan dengan dua hiasan berbentuk lingkaran di bagian pinggang gaun tersebut. Bagian lengannya terlihat agak sedikit menggembung. Sebagai pelengkap, Cinderella memakai choker hitam di lehernya, sepasang sarung tangan panjang berwarna putih, bando biru di rambutnya yang ditata menjadi konde, dan sepasang sepatu kaca dengan hiasan berbentuk hati di atasnya.

Kepribadian[sunting | sunting sumber]

Cinderella selalu terlihat cantik karena ia tidak pernah membiarkan kesedihan atau kemarahan menguasai dirinya. Dia selalu baik hati kepada siapa pun, tetapi tidak naif atau kekanak-kanakan. Dia sangat dewasa dan bisa melalui berbagai rintangan sekalipun tanpa bantuan sihir. Dia juga memiliki sedikit sisi sarkastis (terlihat di komentar-komentarnya terhadap keluarga tirinya, tetapi ia selalu menyimpannya sendiri). Ia juga sangat kalem dan sabar. Cintanya terhadap sang Pangeran sangat kuat, tetapi mencari atau menikahi pangeran bukanlah prioritas hidupnya yang utama (sebelum bertemu sang Pangeran). Cinderella menginginkan kehidupan yang lebih baik dan kabur dari hidupnya yang menderita akibat perlakuan dari keluarga tirinya.

Penampilan[sunting | sunting sumber]

Cinderella (1950)[sunting | sunting sumber]

Cinderella diperlakukan buruk oleh keluarga tirinya, bahkan pada saat ball, mereka merobek gaunn Ella,Lalu datang Ibu Peri dan membantu Cinderella hingga bisa ke bola.

Cinderella (2015)[sunting | sunting sumber]

Cinderella 2015

Cerita berdasarkan pada film animasi Disney tahun 1950, dengan beberapa penyesuaian. Dalam versi ini, Cinderella dan Pangeran Tampan telah bertemu sebelum pesta dansa istana. Pada saat itu, Pangeran mengungkapkan bahwa ia hanyalah seorang pegawai istana biasa.[1] Ibu peri memiliki peran yang lebih besar dalam film ini daripada film sebelumnya, karena ia awalnya menyamar sebagai pengemis tua yang mengawasi Cinderella sebelum akhirnya mengungkapkan bahwa dirinya adalah makhluk ajaib.[2]

Cerita film berkisah tentang Ella, yang dijadikan pesuruh oleh ibu tirinya sendiri. Setelah ayahnya meninggal dunia, kelakuan ibu dan saudara tirinya makin menjadi-jadi. Ella yang dijadikan pembantu, juga diganti namanya menjadi Cinderella. Dan kemudian Ella bertemu orang asing yang gagah di hutan. Dia tak menyadari bahwa orang tersebut adalah seorang pangeran. Ketika istana mengirimkan undangan terbuka untuk semua gadis, Cinderella pun berharap bisa bertemu dengan pangerannya lagi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Busis, Hillary (23 September 2013). "First look at Disney's live-action 'Cinderella' -- PHOTO". Entertainment Weekly. Diakses tanggal 23 September 2013. 
  2. ^ Borys Kit, “Helena Bonham Carter to Play Fairy Godmother in Disney’s ‘Cinderella’,” The Hollywood Reporter, June 20, 2013.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Snow White
Putri Disney
Cinderella (1950)
Diteruskan oleh:
Aurora