Cikrak bambu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Cikrak bambu
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
A. superciliaris
Nama binomial
Abroscopus superciliaris
(Blyth, 1859)

Cikrak bambu (bahasa Latin: Abroscopus superciliaris) adalah spesies burung dari keluarga Cettiidae, dari genus Abroscopus. Burung ini merupakan jenis burung pemakan serangga kecil, lalat, ulat, telur serangga, dan laba-laba. Burung ini berhabitat di hutan sekunder bambu, semak, tersebar sampai ketinggian 1.500 m dpl.

Ciri-ciri[sunting | sunting sumber]

Cikrak bambu memiliki tubuh berukuran kecil. Panjang tubuhnya hanya 11 cm. Bagian perut cikrak bambu berwarna kuning dengan bagian alis berwarna putih mencolok. Warna abu-abu terdapat pada bagian dahi dan mahkota. Sementara warna zaitun kehijauan ditemukan pada bagian tengkuk dan punggung. Pada bagian dagu, tenggorokan, dan dada atas berwarna putih.[2] Iris coklat, paruh kehitaman, pangkal keputihan, kaki merah jambu. Hidup dalam kelompok kecil di rumpun semak dan bambu.[butuh rujukan]

Sarang berbentuk cawan dari lumut, daun bambu, serat, di dalam bambu yang patah. Telur berwarna putih, berbintik coklat kemerah-merahan, jumlah 3 butir. Berbiak bulan Oktober.[butuh rujukan]

Penyebaran[sunting | sunting sumber]

Cikrak bambu menyebar di Pegunungan Himalaya bagian timur, Tiongkok bagian selatan, Asia Tenggara, Semenanjung Malaysia, Sunda Besar, Sumatra, Kalimantan, dan Jawa.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2012). "Abroscopus superciliaris". IUCN Red List of Threatened Species. Version 2012.1. International Union for Conservation of Nature. Diakses tanggal 16 July 2012. 
  2. ^ Budiman, M. Asyief Khasan (2017). Burung-Burung di Kawasan Konservasi Pulai Gading JOB Pertamina - Talisman Jambi Merang Kabupaten Musi Banyuasin Sumatera Selatan. Jakarta Selatan: PT Indocarbon Nusantara. hlm. 79. ISBN 978-602-50308-0-2.