Chronicle

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Chronicle
Chronicle Film Poster.jpg
Poster rilis teatrikal
Sutradara Josh Trank
Produser John Davis
Adam Schroeder
Skenario Max Landis
Cerita Max Landis
Josh Trank
Pemeran Alex Russel
Dane DeHaan
Michael B. Jordan
Michael Kelly
Sinematografi Matthew Jensen[1]
Penyunting Elliot Greenberg
Studio Davis Entertainment
Distributor 20th Century Fox
Tanggal rilis
Durasi 83 menit[2]
Negara Britania Raya
Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $15 juta[3]
Pendapatan kotor $126,266,180[4]


Chronicle adalah sebuah film fiksi ilmiah, semi dokumenter superhero tahun 2012 yang disutradarai oleh Josh Trank dan diskenarioi oleh Max Landis. Film ini dibintangi oleh Dane DeHaan, Michael B. Jordan, dan Alex Russell.

Chronicle dirilis di Britania Raya dan Irlandia pada tanggal 1 Februari 2012 dan di Amerika Serikat pada tanggal 3 Februari 2012. Film ini mendapat ulasan positif dari para kritikus dan sukses di box office.[5][6]

Plot[sunting | sunting sumber]

Tiga orang sahabat bernama Andrew (Dane DeHaan), Steve (Michael B. Jordan) dan Matt (Alex Russell) menemukan sebuah lubang berisi benda misterius saat menghadiri sebuah pesta sekolah. Benda tersebut ternyata berasal dari luar angkasa. Ia memancarkan cahaya aneh dan cahaya tersebut mengenai mereka bertiga. Tanpa mereka sadari, perubahan drastis terjadi pada diri mereka. Ketiganya baru menyadari sesuat telah terjadi pada kekuatan mereka dan mereka mulai iseng mempermainkan kekuatan yang mereka punya. Insting nakal mereka mulai berkeinginan mengerjai orang lain. Pengunjung di sebuah minimarket jadi korban uji coba. Salah satunya seorang lelaki yang sedang memakan permen karet yang dengan paksa dikeluarkan dari mulutnya. Seorang gadis kecil yang sedang melihat-lihat boneka juga tak luput dari ulah iseng ketiganya. Gadis kecil itu pun menjerit ketika boneka beruang itu hidup dan mengejarnya. Puas mengerjai orang di mini market, mereka juga mengerjai mobil yang sedang di parkir. Pemilik mobil heran minta ampun ketika mobilnya berpindah dengan sendirinya tanpa ada yang mengemudikan. Selanjutnya, mereka mengeksplorasi kekuatan yang mereka miliki dengan terbang ke berbagai penjuru kota. Mereka juga mengetahui sebuah rahasia yang menjadi tali penghubung antar mereka bertiga; jika hidung mereka mengeluarkan darah, berarti salah satu dari mereka bertiga berada dalam bahaya.

Kekompakan mereka mulai pecah ketika Andrew berlaku kurang ajar terhadap pengemudi yang tiap sebentar membunyikan klakson pada mereka di jalanan. Andrew melakukan gerakan melempar ke kanan, akibatnya, mobil itu jatuh masuk jurang. Matt dan Steve langsung bergerak menolong. Mimik tak setuju langsung tergambar di wajah keduanya dan mereka tak hentinya menyalahkan Andrew. Untung saja korban bisa diselamatkan. Sementara itu di rumahnya, Andrew dimaki-maki oleh ayahnya (Michael Kelly) karena hanya menghabiskan uangnya saja. Ayahnya ingin Andrew mencari uang untuk membeli obat bagi ibunya yang sakit. Tekanan itu membuat Andrew lepas kendali. Andrew terbang ke langit dan bermain-main dengan petir. Disaat bersamaan Matt dan Steve mendapati hidung mereka berdarah dan kemudian berusaha melacak keberadaan Andrew. Steve datang lebih dulu, namun ia tak bisa menenangkan Andrew. Sebagai balasannya, Steve dipukul jatuh dari langit dan langsung menemui ajal. Selanjutnya, Andrew merampok dan membunuh orang-orang untuk mendapatkan uang demi pengobatan ibunya. Ia memakai baju khusus layaknya superhero dan saat merampok sebuah minimarket di pom bensin, aksinya berubah menjadi bencana ketika pom bensin tersebut meledak dan Andrew terpaksa masuk rumah sakit. Saat ayahnya datang membesuk, Andrew dimaki-maki dan diberi kabar bahwa ibunya telah meninggal. Andrew langsung emosi dan membunuh ayahnya. Setelah itu situasi menjadi kacau. Andrew yang lepas kendali menghancurkan kota dan menghabisi siapapun yang berusaha menghalanginya, termasuk sahabatnya, Matt. Pada akhirnya, Matt tidak punya pilihan selain harus membunuh Andrew demi menyelamatkan orang-orang yang tidak bersalah.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Dane DeHaan sebagai Andrew Detmer
  • Michael B. Jordan sebagai Steve Montgomery
  • Alex Russell sebagai Matt Garetty
  • Michael Kelly sebagai Richard Detmer
  • Ashley Hinshaw sebagai Casey Letter
  • Anna Wood sebagai Monica
  • Bo Petersen sebagai Karen Detmer

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Holben, Jay (March 2012). "Power Trip". American Cinematographer (Hollywood, California: ASC Holding Corp.).  Pages 42–46, 47–49. Interview with cinematographer Matthew Jensen. Includes 8 production photos, 11 photos total.
  2. ^ "Chronicle". British Board of Film Classification. January 24, 2012. Diakses January 27, 2012. 
  3. ^ "'Chronicle': Like 'Paranormal Activity,' but with superpowers?". Los Angeles Times. 2011-10-21. Diakses 2011-10-22. 
  4. ^ "Chronicle (2012)". Box Office Mojo. Internet Movie Database. Diakses June 11, 2012. 
  5. ^ "Chronicle Reviews, Ratings, Credits, and More at Metacritic". Metacritic. CBS Interactive. Diakses July 9, 2012. 
  6. ^ "Chronicle review". Chicago Sun-Times. February 1, 2012. Diakses February 6, 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]