Christelijke Gereformeerde Kerken

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Christelijke Gereformeerde Kerken
PenggolonganProtestan
TeologiEvangelikal, Reformed
Bentuk
pemerintahan
Presbiterian
PerhimpunanInternational Conference of Reformed Churches
WilayahBelanda
Didirikan1892
Terpisah dariGereja Reformasi Belanda
PecahanReformed Congregations
Jemaat181
Umat74.319 pada tahun 2013

Christelijke Gereformeerde Kerken ("Gereja-gereja Gereformeerd Kristen"; Inggris: Christian Reformed Churches in the Netherlands) adalah suatu kelompok gereja Kristen Protestan di Belanda. Kantor pusat berlokasi di Veenendaal.

Christelijke Gereformeerde Kerk di Lutjegast

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Nama asli gereja ini adalah Christelijke Gereformeerde Kerk in Nederland (CGKN). Dibentuk tahun 1869 hasil gabungan dua kelompok gereja, yaitu "gereja-gereja reformed di bawah salib" (Gereformeerde Kerken onder het Kruis) dan jemaat-jemaat Kristen yang terpisah-pisah; kedua kelompok ini memisahkan diri dari Gereja Reformed Belanda (NHK) pada tahun 1834. Kebanyakan CGKN menggabungkan diri ke dalam Reformed Churches in the Netherlands (GKiN) pada tahun 1892; suatu bagian kecil tetap independen, dan membawa nama ini sampai pada tahun 1947 menggunakan nama baru Christelijke Gereformeerde Kerk (CGK).

Pada Sinode pertama berkumpul 8 jemaat. Sebuah seminari teologi dibuka di Den Haag dan kemudian dipindahkan ke Apeldoorn pada tahun 1919. Sejak itu gereja-gereja ini tumbuh dengan teratur sampai tahun 1985, mencapai jumlah anggota 75.000, dan sekarang keanggotaannya masih berkisar pada jumlah ini. Memiliki 11 Classes. Gereja ini menarik diri keluar dari Reformed Ecumenical Council pada tahun 1989, dan bergabung dengan International Conference of Reformed Churches pada tahun 1995.[1][2]

Perkembangan[sunting | sunting sumber]

Para anggota CGK di Belanda per kapita pada tahun 2008

Beberapa jemaat, misalnya di Rotterdam dan Zwartsluis, membubarkan diri atau bergabung dengan "Gereformeerde Kerken (Vrijgemaakt)" sebagaimana di Doesburg. Pada tahun 2012 banyak misi gereja ditingkatkan menjadi jemaat penuh. Pada tanggal 1 Januari 2013 denominasi ini memiliki 33 anggota lebih dari tahun sebelumnya.

Teologi[sunting | sunting sumber]

Statistik[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Januari 2012 gereja ini memiliki 74.286 anggota dalam 181 gereja. Pada tahun-tahun terakhir keanggotaan berjumlah tetap. Pada permulaan tahun 2013 jumlah anggota bertambah lebih dari 30 orang.

Hubungan antargereja[sunting | sunting sumber]

Christelijke Gereformeerde Kerken di Belanda bekerja sama dengan Gereformeerde Kerken (Vrijgemaakt) dan gereja-gereja Reformed Belanda lainnya. Gereja ini mendukung misi-misi ke Thailand, dan Sulawesi, Indonesia. Gereja Toraja Mamasa didirikan oleh para misionaris dari denominasi gereja ini.[4]

Korespondensi penuh:

Korespondensi terbatas:

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://www.cgk.nl/index.php?geschiedenis
  2. ^ "Salinan arsip" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2015-09-23. Diakses tanggal 2014-03-05. 
  3. ^ http://www.reformiert-online.net/adressen/detail.php?id=143&lg=eng
  4. ^ http://www.refdag.nl/zondag
  5. ^ "Salinan arsip" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2015-09-23. Diakses tanggal 2014-03-05.