Chris Mullin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Chris Mullin

Christopher Paul Mullin (lahir 30 Juli, 1963 di Brooklyn, New York) adalah mantan pemain bola basket Amerika Serikat, yang bermain sebagai small forward di NBA dari 1985 sampai 2001. Setelah bermain di St. John's University, selama disitu ia memenangkan Big East Men's Basketball Player of the Year 3 kali, dan tahun 1984 masuk tim amatir AS. Mullin terpilih di urutan 7 oleh Golden State Warriors pada ronde pertama 1985 NBA Draft. Ia bermain dengan Warriors dari musim 1985-86 sampai musim 1996-97. Setelah itu, Mullin bermain dengan Indiana Pacers dari 1997 sampai musim 1999-2000. Ia pensiun setelah musim 2000-01, bermain dengan klub lamanya, the Warriors. Bertinggi badan 201 cm.

Mullin melanjutkan karier SMA-nya di Power Memorial Academy, disana ia sekamar dengan Mario Elie, namun ia dipindahkan waktu remaja pada sekolah yang muridnya laki-laki semua, yaitu Catholic Xaverian High School di Bay Ridge, Brooklyn.

Karier kuliah[sunting | sunting sumber]

Ia bermain untuk St. John's University di nearby Queens, Mullin pada tahun tingkat pertamanya rata-rata menyumbang 16.6 angka per game (juga membuat rekor untuk mahasiswa tingkat pertama untuk rekor pencetak angka). Pada 3 tahun berikutnya untuk the Redmen, ia akan mendapatkan Big East Player of the Year 3 kali, masuk the All-America team 3 kali, bermain untuk timnas basket AS peraih medali emas pada Olimpiade 1984, tahun 1985 menerima Wooden Award dan memimpin timnya pada 1985 Final Four. Untuk hari ini, ia masih mempertahankan rekor karier sekolah untuk pencetak angka.

Karier NBA[sunting | sunting sumber]

Di draft urutan 7 secara keseluruhan oleh Golden State Warriors, cedera dan alcohol abuse memengaruhi penampilan awal Mullin, namun ia pulih; menjadi salah satu penembak murni terbaik NBA. Untuk 5 musim berturut-turut- dari 1988 sampai 1993, Mullin rata-rata mencetak 25 poin atau lebih dan 5 rebound. 5 kali All-Star, Mullin juga memenangkan emas Olympic 2 kali—anggota tim amatir 1984, dan tahun 1992 untuk Dream Team. Mullin rata-rata mencetak 18.2 poin per game, dengan 38 persen akurasi dalam three point field goals. Ia juga adalah pelempar bola yang baik. Pada tahun berikutnya dengan Warriors, Mullin menjadi dikenal di NBA dan fansnya menyebut ia "crewcut" hairstyle. Hari ini, the Warriors selanjutnya mempertahankan "Chris Mullin Buzz Cut" Nights sebagai penghargaan kepadanya, dimana itu akan menerima tanda potongan rambut Mullin untuk menerima tiket gratis untuk pertandingan malam itu.