Chris Cornell

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Chris Cornell
Chris Cornell Montreux Jazz Festival 2005.jpg
Pertunjukkan Chris Cornell pada Montreaux Jazz Festival, 2007
Latar belakang
Nama lahir Christopher John Boyle
Asal Seattle, Washington, Amerika Serikat
Genre Alternative rock, Hard rock, Grunge, Alternative metal, Post-grunge, Heavy metal, R&B
Pekerjaan Singer-songwriter, musikus, Vokalis
Instrumen Vokal, gitar, harmonika, piano, drums, bass, mandolin, banjo
Tahun aktif 1984–sekarang
Label SST Records (1984 - 1988)
Sub Pop/A&M/Universal Music (1989 - 2000)
Epic (2001 - 2005)
Suretone/Interscope (2007)
Mosley Music/Interscope (2008 - present)
Artis terkait Soundgarden
Audioslave
Temple of the Dog
Alice Mudgarden 1992
M.A.C.C.
Situs web www.chriscornell.com

Chris Cornell (lahir 20 Juli 1964; umur 49 tahun dengan nama lengkap Christopher John Boyle) adalah seorang musisi yang terkenal sebagai penyanyi, pemain gitar, dan pencipta lagu dari band Soundgarden (1984-1997) dan Audioslave (2001-2007). Ia juga telah menerbitkan dua album solo, Euphoria Morning (1999) dan Carry On (2007). Selain itu ia juga menyanyikan lagu "You Know My Name" untuk soundtrack film Casino Royale.

Cornell mendirikan Soundgarden bersama Kim Thayil dan Hiro Yamamoto. Ia mulanya selain menyanyi juga memainkan drums. Karena ingin berkonsentrasi pada vokal, mereka merekrut drummer Scott Sundquist. Setelah itu Sundquist digantikan oleh Matt Cameron, mantan drummer Skin Yard. Setelah menerbitkan album terakhir mereka Down on the Upside, mereka bubar pada 9 April 1997.

Pada 1998 Cornell mulai menulis lagu untuk album solonya, Euphoria Morning, diterbitkan pada 21 September 1999. Walaupun dinominasikan untuk "Best Male Rock Vocal Performance" pada Grammy Awards 2000 dengan single "Can't Change Me", album ini tidak terjual laris. Cornell kemudian mulai mengerjakan album solo keduanya. Pada saat yang bersamaan, Rage Against the Machine sedang mencari penyanyi baru setelah Zack de la Rocha meninggalkan mereka. Produser Rick Rubin menyarankan Cornell, dan memainkan lagu "Slaves & Bulldozers" untuk mereka. Cornell menunda proyek album solonya yang kedua untuk mendirikan Audioslave bersama Tom Morello, Tim Commerford, dan Brad Wilk.

Setelah menerbitkan 3 album, Cornell resmi menyatakan diri keluar dari Audioslave, dan mereka membubarkan diri. Cornell kemudian mengerjakan album solonya kembali. Ia menjadi orang laki-laki dari AS pertama yang menyanyikan lagu tema untuk film James Bond dengan "You Know My Name". Lagu ini juga dimasukkan ke albumnya Carry On dengan produser Steve Lillywhite.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]