Chinchilla

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Chinchilla
ChinchillaMaria.jpg
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mammalia
Ordo: Rodentia
Famili: Chinchillidae
Bennett, 1833
Genus: Chinchilla
Spesies: Brevicaudasa
Genus

 Chinchilla
 Lagidium
 Lagostomus

Chinchilla dan kerabatnya viscacha, adalah hewan pengerat (ordo: Rodentia) yang berasal dari pegunungan Andes di Amerika Selatan dan merupakan anggota familia Chinchillidae. Di Tiongkok, hewan ini disebut lóng māo, yang arti literalnya adalah "kucing naga".

Rambutnya dianggap rambut terhalus di dunia dan tiga puluh kali lebih halus dari rambut manusia. Chinchillas harus secara secara rutin dimandikan dengan debu vulkanik untuk membuang minyak dan tetesan air yang mengumpul di rambut tebal mereka. Pada kenyataannya, mereka memiliki kepadatan rambut tertinggi di antara hewan darat dengan 20.000 rambut per sentimeter persegi. Rambut mereka juga begitu padatnya hingga parasit kulit (seperti kutu) tidak dapat hidup karena akan mati tercekik. Jika rambut manusia tumbuh dari tiap folikel, seekor chinchilla dapat memiliki 50 rambut dari satu folikel.

Perdagangan internasional chinchilla telah dimulai sejak 1500-an dan hewan yang arti harfiah namanya adalah "Chincha kecil" ini diberi nama dari suku Chincha dari Andes yang mengenakan kulit rambut hewan ini sebagai pakaian. Pada akhir abad ke-19, chinchilla telah menjadi hewan langka.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]