Chinatown, Las Vegas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Pecinan Las Vegas, Nevada (Tionghoa: 拉斯維加斯中國城 (pinyin: Lāsīwéijiāsī Zhōngguóchéng)) adalah serangkaian mal strip besar dengan etnis Han dan bisnis pan-Asia lainnya di Spring Mountain Road, yang dikenal sebagai Chinatown Plaza. Mal strip dicetuskan oleh pembangun Amerika Taiwan James Chih-Cheng Chen, dan dibuka tahun 1995. Gubernur Nevada Kenny Guinn secara resmi menetapkan daerah itu sebagai Pecinan bulan Oktober 1999 dan terus berkembang sementara populasi Asia di Las Vegas meluas cepat. Wilayah Pecinan semakin terkenal, menerima perhatian nasional dalam artikel 2004 oleh The Wall Street Journal (lihat Bacaan di bawah untuk rujukan spesifik). Meskipun disebut "Pecinan", banyak pengaruh Asia selain Cina menganggap nama itu salah, dengan wilayah perdagangan yang memiliki suatu karakter lebih baik disebut sebagai Distrik Asia.

Acara[sunting | sunting sumber]

Selama Tahun Baru Cina, Chinatown Plaza menyelenggarakan festival makanan Asia tahunan di Las Vegas dengan pertunjukan singa dan tarian naga (dilakukan oleh kelompok Shaolin lokal) dan drum taiko Jepang. Juga terdapat stand yang menawarkan barang dan jasa yang ditujukan pada budaya Cina. Miss Chinatown Las Vegas diadakan di Chinatown Plaza, dimana pemenangnya akan mewakili Chinatown.

Sejenis itu, Pacific Asian Plaza adalah tempat bagi Festival Bulan Cina setiap musim gugur.

Untuk mempromosikan keragaman budaya dan pemahaman, perjalanan ke Chinatown Plaza membawa siswa dari sekolah dasar lokal dan Universitas Nevada, Las Vegas yang tertarik mempelajari budaya Cina.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Bacaan[sunting | sunting sumber]

For Asians in U.S., Mini-Chinatowns Sprout in Suburbia, Barry Newman, The Wall Street Journal, April 28 2004 (article on development of Las Vegas's Chinatown).