Chihuahua (kota)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Chihuahua adalah nama negara bagian di Meksiko dan juga nama ibu kota negara bagian tersebut. Artikel ini membahas tentang kota Chihuahua. Untuk negara bagian Chihuahua, Chihuahua (negara bagian). Untuk arti lain dari Chihuahua, lihat Chihuahua (disambiguasi).
Kota Chihuahua
San felipe2.JPG
Lambang Munisipalitas Chihuahua
Motto: Valentía, Lealtad, Hospitalidad
("Keberanian, Kesetiaan, Keramahtamahan")
Tanggal didirikan 12 Oktober 1709
Jumlah penduduk 718.551 (2006)
Jumlah penduduk Wilayah Metro 856.116 (2006)
Ketinggian 1415 meter
Koordinat 28°38′LU 106°05′BB / 28,63°LU 106,08°BB / 28.63; -106.08
UTC -7 jam (Pasifik)
Kode nomor telepon 614
Sumber: INEGI,
Enciclopedia de los Municipios de México,)
[1]

Kota Chihuahua adalah ibu kota negara bagian Chihuahua di Meksiko. Jumlah penduduknya sekitar 718.551. Aktivitas terbesar di sini adalah industri ringan dalam bentuk maquiladora (pabrik-pabrik Amerika Serikat yang pindah ke Meksiko karena biaya murah).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sebagian orang mengatakan nama kota ini berasal dari bahasa Nahuatl Xicuahua, yang berarti "tempat yang kering, berpasir". Namun, yang lainnya menganggap makna dari bahasa Raramuri dari masyarakat pribumi setempat lebih tepat, yang berarti "mencuri banyak/merampok banyak.[2] Namun nama ini sendiri lebih tua daripada penaklukan Spanyol atas Meksiko sendiri. Kota ini didirikan pada 12 Oktober 1709 oleh Antonio Deza y Ulloa, seorang penjelajah Spanyol. Lokasi ini dipilih karena ini adalah tempat pertemuan sungai-sungai Río Chuviscar dan Río Sacramento. Tempat ini pun merupakan titik pertengahan antara Río Bravo del Norte (Rio Grande) dengan kota tambang yang penting waktu itu, Hidalgo del Parral.

Juga seperti di bagian-bagian lain dari Meksiko utara, para misionaris Katolik Roma mempunyai pengaruh yang penting selama masa kolonial, dan kota ini menjadi tempat pertemuan bagi para misionaris yang akan pergi atau kembali ke daerah 'sierra', daerah pegunungan, tempat tinggal para penduduk pribumi yang merupakan sasaran misi Katolik.

Selama Perang Kemerdekaan, kota ini tidak banyak mengalami pergolakan. Namun di kota Chihuahua inilah Miguel Hidalgo ditawan dan dihukum mati pada 1811.

Miguel Hidalgo dihukum mati, digambarkan dalam sebuah lukisan dinding yang dipasang di istana pemerintah dari Chihuahua

Selama invasi Perancis, Benito Juárez untuk waktu yang singkat menjadikan kota ini pusat pemerintahannya, sementara ia melarikan diri dari musuh untuk mengumpulkan kembali pemerintahannya di pengungsian di bagian utara negara ini.

Kota ini lebih terlibat pada masa Revolusi Meksiko (1910-1917), karena kadang-kadang menjadi basis operasi untuk División del Norte, pasukan yang dipimpin oleh Pancho Villa. Banyak situs dan kenangan yang tinggal dari masa revolusi tersebut. Yang terpenting di antaranya adalah Museum Pancho Villa di bekas rumahnya dekat pusat kota Chihuahua. Rumah itu, atau lebih tepatnya istananya, yang bisa saja digunakan dalam skenario film 'koboi' diubah menjadi museum oleh jandanya, Soledad Seanez Holguín, dan sekarang ini dikelola oleh tentara Meksiko.

Mobil Dodge milik Pancho Villa yang penuh dengan lubang peluru di Museum Pancho Villa

Pada abad ke-20, kota ini semakin bertambah penduduknya dan berusaha memanfaatkan jaraknya yang dekat dengan perbatasan AS. Sebelum pabrik-pabrik manufaktur asing didirikan di sana, kota ini hanyalah sebuah pos perdagangan untuk sapi dan hasil pertanian dan hutan seperti apel dan kayu. Selain itu, di kota ini pun sering terjadi jual-beli marijuana dan merupakan sarang berbagai sindikat obat bius. Pada 1990-an, kota ini telah berkembang pesat ekonominya, sehingga menjadi munisipalitas ketiga terkaya di seluruh Meksiko, setelah Benito Juarez Delegation di District Federal dan San Pedro Garza García di Nuevo Leon.

Pada 2002 wali kota Jorge Barousse Moreno dari PRI meninggal dunia sementara masih menjabat dan digantikan oleh Alejandro Cano Ricaud. Pada masa pemerintahannya ini, kota ini berkembang dari segi keamanan ketika departemen kepolisiannya mendapat sertifikat ISO dan membeli sebuah helikopter.

Antara 2002 dan 2005, kota ini berkenalan dengan banyak inovasi perdagangan yang baru, seperti mal pertama yang besar di kota yang bernama Plaza del Sol, dan bangkitnya zona komersial the Sun, di sepanjang Périferico de la Juventud, salah satu jalan utama di kota ini.

Pada 2004 PAN yang dipimpin Juan Blanco Zaldivar, memenangi pemilihan presiden munisipalitas ini untuk masa jabatan 2004-2007. Pada 2005, Festival International Chihuahua pertama yang besar dirayakan selama bulan Oktober.

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Chihuahua dilayani oleh Bandara Internasional Roberto Fierro Villalobos (IATA Airport Code: CUU). Bandara ini juga merupakan titik berangkat untuk Chihuahua–Pacific Railroad (Kereta api Pasifik Chihuahua). Transportasi perkotaan disediakan oleh sebuah jaringan bus, yang umumnya dianggap tidak efisien.

Di selatan kota juga terdapat sebuah pusat bus. Sistem jalan raya dan jalan-jalan utama di kota ini terus-menerus ditingkatkan dengan pembangunan jalan-jalan dan jembatan-jembatan baru yang sangat penting.

Kehidupan masa kini di Chihuahua[sunting | sunting sumber]

Ciri terpenting kota ini adalah kumpulan zona industrinya. Di sini banyak perusahaan asing mendirikan fasilitasnya, yang dinamai maquiladora, yang mempekerjakan ribuan buruh. Industri ringan ini juga membutuhkan kaum profesional baik untuk manufaktur maupun manajemennya. Pelatihannya disediakan oleh UACh (Universidad Autónoma de Chihuahua -- Universitas Otonom Negara Bagian Chihuahua) dan oleh dua institut teknologi (ITCH). Sejumlah kolese swasta juga hadir di sini, antaranya ITESM, yang merupakan favorit masayarakat golongan menengah dan atas, dan dianggap sebagai salah satu universitas terbaik di Amerika Latin.

Sektor perdagangan kota ini juga telah berkembang pesat karena pertumbuhan kelas menengahnya. Upah yang dibayar oleh perusahaan-perusahaan industri kepada para pegawai di tingkat manajemen dan kepada pegawai teknis tingkat tinggi, serta kelompok pedagang narkoba yang terus meningkat, menghasilkan arus uang tunai yang tidak ditemukan di kebanyakan kota Meksiko lainnya.

Pariwisata[sunting | sunting sumber]

Katedral di pusat kota Chihuahua

Kota Chihuahua menawarkan banyak tempat untuk wisatawan, antara lain Katedral yang berasal dari abad ke-18, istana pemerintahan dari abad ke-19, dan balai kota dari abad ke-19 dan ke-20.

Kota ini memberikan pelayanan bus khusus turis "trolley el tarahumara" yakni sejenis bus yang berkeliling ke museum-museum dan monumen-monumen utama di pusat kota, termasuk taman-taman seperti "Central Park: El Palomar", sebuah taman yang besar yang mempunyai koleksi monumen yang menggambarkan tiga burung merpati dan sebuah tombak dengan bendera yang dibangun pada masa pemerintahan Presiden Ernesto Zedillo.

Malaikat Kemerdekaan: Monumen utama di kota ini

Ada pula sebuah lapangan yang sangat penting di pusat kota dengan air mancur, ruang-ruang hijau dan kumpulan monumen yang memperlihatkan pahlawan-pahlawan setempat. Monumen utama di bagian yang disebut "Plaza mayor" (Lapangan utama) adalah monumen "Ángel de la Libertad" (Malaikat Kemerdekaan) yang dibangun pada 2003 untuk menggambarkan kemerdekaan seluruh rakyat Meksiko, khususnya rakyat Chihuahua. Monumen ini diresmikan pada "fechas patrias" (Tanggal untuk Tanah Air) pada 15 September tahun yang sama.

Monumen ini mempunyai sinar laser yang dinyalakan di pedangnya. Monumen ini juga dapat berputar 360° di dasarnya, sehingga sinar laser ini dapat menyinari langit seluruh kota.