Chiam See Tong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Chiam See Tong

Chiam See Tong (Tionghoa: 詹时中; pinyin: Zhān Shízhōng; lahir 12 Maret 1935) mewakili Konstituensi Anggota Tunggal Potong Pasir dalam Parlemen Singpura. Ia adalah pemimpin Partai Demokrasi Singapura sebelum disingkirkan anak asuhnya Dr. Chee Soon Juan. Kini ia adalah ketua Partai Rakyat Singapura dan peimpin de facto Aliansi Demokrasi Singapura.

Dalam PemilU 2001, ia memenangkan Konstituensi Anggota Tunggal Potong Pasir untuk yang kelima kalinya. Kemudian, dalam PemilU 2006, ia memenangkan 55,82% suara untuk melanjutkan masa jabatan keenamnya sebagai anggota parlemen untuk Konstituensi Anggota Tunggal Potong Pasir dan juga menjadi anggota oposisi yang paling lama menjabat dalam sejarah parlemen di Singapura. Dalam pemilu ini, ia mengalahkan Sitoh Yih Pin dari Partai Aksi Rakyat kembali. Ia telah menjamin 8.245 suara terhadap 6.527 suara buat Sitoh.

Bagi banyak orang, inilah kejayaan mengejutkan bagi Chiam, karena People's Action Party telah menawari S$80 juta meng-upgrade paket untuk penduduk Potong Pasir, dan malahan telah membawa Menteri Senior Goh Chok Tong memenangkan suara buat PAP.