Chiaki Mukai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Chiaki Mukai
Antariksawan NASDA/JAXA
Kewarganegaraan Jepang
Lahir 6 Mei 1952 (umur 62)
Tatebayashi, Prefektur Gunma, Jepang
Profesi lain Dokter
Waktu di angkasa 23 hari 15 jam 39 menit
Seleksi Grup NASDA 1985
Misi STS-65, STS-95
Lambang misi Sts-65-patch.png Sts-95-patch.png

Chiaki Mukai, M.D., Ph.D. (向井千秋 Mukai Chiaki?, lahir di Tatebayashi, 6 Mei 1952; umur 62 tahun) adalah antariksawan NASDA sekaligus astronot wanita pertama Jepang. Ia adalah dokter spesialis bedah lulusan Universitas Keio.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Chiaki Mukai dilahirkan sebagai Chiaki Naito (内藤千秋 Naitō Chiaki?) di Tatebayashi, Prefektur Gunma, Jepang. Ia lulusan Sekolah Menengah Atas Putri Keio tahun 1971. Dari Sekolah Kedokteran Universitas Keio, Mukai memperoleh dua gelar doktor (doktor ilmu kedokteran, 1977, dan doktor fisiologi, 1988). Sertifikat dokter spesialis bedah sistem kardiovaskular diperolehnya dari Ikatan Dokter Bedah Jepang pada 1989.

Karier sebagai dokter[sunting | sunting sumber]

Dari tahun 1977 hingga 1978, Mukai bekerja sebagai dokter residen bedah umum di Rumah Sakit Universitas Keio, Tokyo. Pada tahun 1978, ia bertugas sebagai salah seorang staf dokter di Bagian Bedah, Rumah Sakit Umum Shimizu, Prefektur Shizuoka, sebelum pindah sebagai staf dokter di Bagian Bedah Darurat, Rumah Sakit Kanagawa Saiseikai, Prefektur Kanagawa pada tahun 1979. Mukai mulai bekerja sebagai dokter residen Bedah Kardiovaskular, Rumah Sakit Universitas Keio pada tahun 1980, dan selanjutnya dipindahkan pada 1982 sebagai staf dokter Bedah Kardiovaskular Rumah Sakit Utsunomiya Saiseikai, Prefektur Tochigi. Pada 1983, ia kembali ke Rumah Sakit Universitas Keio sebagai Residen Kepala dalam Bedah Kardiovaskular, sebelum naik pangkat sebagai Asisten Profesor Bagian Bedah Kardiovaskuler Universitas Keio.[1]

Karier di NASDA[sunting | sunting sumber]

Mukai termasuk salah seorang dari tiga kandidat spesialis muatan Jepang untuk Spacelab-J (First Material Processing Test) yang diangkut oleh STS-47. Ia pertama kali ke luar angkasa bersama misi pesawat ulang-alik STS-65 (1994). Penerbangan kedua kalinya adalah pada 1998 dengan misi pesawat ulang-alik STS-95. Jam terbangnya di luar angkasa sudah lebih dari 566 jam. Dalam misi STS-90, Mukai Chiaki bertugas sebagai spesialis muatan (awak cadangan, tidak terbang) untuk muatan Neurolab dalam misi STS-90.[1]

Sebagai astronot NASDA, ia bekerja sebagai ilmuwan tamu di Bagian Fisiologi Kardiovaskular, Institut Riset Biomedis Luar Angkasa, Pusat Luar Angkasa Lyndon B. Johnson. Sejak 1992, Mukai bekerja sebagai Instruktur Riset Bagian Bedah, Sekolah Tinggi Kedokteran Baylor, Houston, Texas. Dari 1992 hingga 1998, ia adalah asisten profesor tamu di Bagian Bedah, Sekolah Kedokteran Universitas Keio, Tokyo, dan jabatannya dinaikkan menjadi profesor tamu pada tahun 1999.

Pengalaman luar angkasa[sunting | sunting sumber]

STS-65 Columbia (8-23 Juli 1994) adalah penerbangan Laboratorium Mikrogravitas Internasional (IML-2) yang kedua. Misi STS-65 termasuk 82 penelitian mengenai ilmu kehidupan luar angkasa (fisiologi manusia, biologi luar angkasa, biologi radiasi, dan teknologi bioproses) serta ilmu mikrogravitas (ilmu material, ilmu fluida, dan riset mengenai lingkungan mikrogravitas dan kontra tindakan). IML-2 juga dirancang untuk misi orbit yang ddapat diperpanjang dengan fokus eksperimen medis yang berhubungan dengan sistem kardiovaskular, sistem saraf autonom, tulang, dan metabolisme otot. Misi tercapai setelah mengorbit bumi sebanyak 236 kali dengan jarak total 6,1 juta mil dalam waktu 353 jam dan 55 menit.

STS-95 Discovery (29 Oktober–7 November 1998) adalah misi 9 hari untuk melakukan berbagai riset muatan, termasuk pemasangan pesawat Spartan pengamat matahari, Orbital Systems Test Platform untuk teleskop luar angkasa Hubble, dan penelitian mengenai penerbangan luar angkasa dan proses penuaan. Misi diselesaikan dalam 134 kali mengorbit bumi selama 213 jam dan 44 menit.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Suami Chiaki Mukai bernama Makio Mukai, M.D., Ph.D. Dalam waktu luang, Chiaki senang main ski, berlomba ski Alpen, memancing, selam scuba, tenis, golf, fotografi, membaca buku sastra Amerika Serikat, dan berwisata.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Biographical Data: Chiaki Mukai (M.D., PH.D.) JAXA Astronaut (Payload Specialist)". NASA, Lyndon B. Johnson Space Center. Diakses 2010-04-06. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]