Chişineu-Criş

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Chişineu-Criş
Kota
Location of {{{official_name}}}
Negara Rumania
ProvinsiProvinsi Arad
Pemerintahan
 • Wali kotaGheorghe Burdan (Partai Sosial Demokrat Rumania)
Populasi
 (2002)
 • Total8,343
Zona waktuUTC+2 (EET)
 • Musim panas (DST)UTC+3 (EEST)

Chişineu-Criş (bahasa Hungaria: Kisjenő) adalah sebuah kota di provinsi Arad, sebelah barat Transilvania, Rumania. Kota ini terletak di sebelah barat laut dari provinsi ini, dengan jarak 43 km dari ibu kota provinsi Arad. Luas wilayah administratif kota ini seluas 119 km2 dan terletak di daerah dataran tinggi Crişul Alb, di kedua sisi dari sungai Crisul Alb. Kota ini merupakan gabungan dari dua buah koloni yaitu (Padureni dan Chisineu Mic). Nadab merupakan desa yang administrasinya berada di bawah kota ini.

Populasi[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1910 kota ini berpenduduk 2821 jiwa dengan bahasa mayoritas yang digunakan adalah bahasa Hungaria (48,8 %) atau 1.376 jiwa, bahasa Hungaria sebanyak (48%) atau 1.355 jiwa, bahasa Jerman sebanyak 49 jiwa atau 1,7 %.

Menurut sensus pada tahun 2002, kota ini berpenduduk 8.343 jiwa, dengan selisih 678 jiwa dengan sensus tahun 1992. Berdasarkan komposisi etnis, kota ini dipadati penduduk dengan bangsa Rumania 72,0 %, bangsa Hungaria 24,0 %, Rom 3,1 %, bangsa Jerman 0,4 %, bangsa Slowakia 0,3 %, dan sisanya 0,2 %.[1]

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Ekonomi kota ini berasal dari sektor pertanian, meski begitu objek wisata juga menjadi andalan pemasukan bagi kota ini, kota transit bagi warga dari Eropa Tengah dan Eropa Barat ini mempunyai pemandangan bagus sungai Crişul Alb yang dapat dijadikan objek wisata dengan banyaknya berbagai jenis tumbuhan, bermacam satwa burung, dan berbagai satwa air.

Pariwisata[sunting | sunting sumber]

Penelitian arkeologi menunjukan sejarah kota ini berawal pada tahun 1202-1203 ketika kota bernama villa Jeneusol, yang berumur lebih tua dari dokumentasi Nodob bertanggal 1334.

Penemuan arkeologi terpenting bagi kota ini adalah dengan ditemukannya benda-benda yang berumur lebih dari 2.500 tahun di lebih dari satu titik di kota ini. Titik penemuan ini merupakan daerah kota pada saat ini. Sedangkan penemuan penting besar lainnya adalah dengan ditemukannya dua permukiman yang diperkirakan berumur antara abad ke 3- 5 Masehi dan abad ke 10-11 Masehi.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Data resmi sensus penduduk Rumania tahun 2004

Referensi[sunting | sunting sumber]