Charles Thomson

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Untuk seniman, lihat Charles Thomson (seniman).
CharlesThomson.jpeg

Charles Thomson (29 November 1729 - 16 Agustus 1824) lahir di Tobermore, sebuah desa tepat di luar Maghera, County Londonderry, Irlandia dari orang tua Skotlandia-Irlandia. Ayahnya beremigrasi dari Irlandia Utara ke Koloni Inggris di Amerika (lalu menjadi Amerika Serikat) saat Charles berusia 8 tahun. Saat tiba di Amerika, Charles menjadi yatim saat ayahnya meninggal. Ia menjadi pedagang dan politikus Philadelphia. Ia aktif melawan Britania selama dasawarsa-dasawarsa Perang Revolusi Amerika.

Charles menjabat sebagai sekretaris Continental Congress (1774-1789). Sepanjang 15 tahun, Kongres itu melihat banyak delegasi yang datang dan pergi. Dedikasi Thomson untuk pencatatan debat dan keputusan terus berkelanjutan.

Namun bakti Thomson bukan tanpa kritikan. James Searle, sahabat dekat John Adams, dan seorang delegasi, memulai pergumulan di lantai Kongres terhadap Thomson atas pernyataan bahwa ia disalahkutipkan dalam "Minutes" yang menyebabkan kedua lelaki itu ditampar di muka. Pergumulan di lantai seperti itu tidak umum, dan banyak dari mereka yang terbangkit oleh argumen atas catatan Thomson.

Thomson tercatat karena perancangan, dengan William Barton, Lambang Amerika Serikat.

Dalam Jilid CI (101), 1977 The Pennsylvania Magazine of History and Biography, Fred S. Rolater menyebutkan bahwa Charles Thomson adalah "PM" Amerika Serikat.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Bacaan lanjut[sunting | sunting sumber]

  • Klos, Stanley L. (2004). Preisdent Who? Forgotten Founders. Pittsburgh, Pennsylvania: Evisum, Inc. hlm. 261. ISBN 0-9752627-5-0. 

Rujukan[sunting | sunting sumber]