Charles M. Schulz

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Charles M. Schulz
Lahir Charles Monroe Schulz
26 November 1922 (umur 92)
Minneapolis, Minnesota, Amerika Serikat
Meninggal 12 Februari 2000 (umur 77)
Santa Rosa, California, Amerika Serikat
Sebab meninggal kanker usus
Pekerjaan kartunis
Dikenal karena strip komik Peanuts
(1950–2000)
Agama Church of God (Anderson)
Pasangan Joyce Halverson (1951–1972)
Jean Forsyth Clyde (1973–2000)
Anak Monte, Craig, Meredith, Jill, Amy

Charles Monroe Schulz (26 November 1922[1]12 Februari 2000) adalah kartunis Amerika Serikat abad ke-20 yang dikenal di seluruh dunia dengan strip komik Peanuts.

Kehidupan dan karier[sunting | sunting sumber]

Charles M. Schulz dilahirkan Minneapolis, Minnesota, dan dibesarkan di Saint Paul. Lahir sebagai anak tunggal, ayahnya orang Jerman bernama Carl Schulz, sedangkan ibunya orang Norwegia.[2] Sang paman memberinya nama panggilan "Sparky". Nama tersebut diambil dari kuda bernama Spark Plug dalam strip komik Barney Google.

Schulz adalah anak yang pandai sewaktu bersekolah di Sekolah Dasar St. Paul's Richard Gordon, dan diizinkan loncat kelas sebanyak dua kelas dan satu semester di atasnya. Sekolah Menengah Atas dilaluinya di Central High School, Saint Paul, Minnesota. Sebagai murid termuda di kelasnya, Schulz menjadi anak pemalu dan terisolasi dari teman-teman seusianya.

Setelah ibunya meninggal dunia pada bulan Februari 1943, Schulz masuk dinas ketentaraan Angkatan Darat Amerika Serikat, dan dikirim ke Kamp Campbell di Kentucky. Dua tahun kemudian, ia ditugaskan ke Eropa untuk bertempur dalam Perang Dunia II di bawah komando Divisi Lapis Baja ke-20 Amerika Serikat sebagai komandan regu infanteri.

Setelah keluar dari angkatan darat pada tahun 1945, Schulz kembali ke Minneapolis dan bekerja sebagai guru seni di Art Instruction, Inc. Sebelum menjadi tentara, Schulz memang pernah belajar seni lewat kursus korespondensi. Di tengah kesibukannya mengajar, Schulz bekerja sebagai juru tulis dialog komik untuk majalah Katolik Timeless Topix.

Gambar-gambar karya Schulz pertama kali diterbitkan Robert Ripley dalam komik Ripley's Believe It or Not!. Kartun karya Schulz yang pertama kali diterbitkan secara teratur adalah Li'l Folks. Kartun tersebut terbit secara teratur dari tahun 1947 hingga 1950 dalam surat kabar St. Paul Pioneer Press. Dalam kartun itu pula, Schulz pertama kali menggunakan nama Charlie Brown sebagai nama tokoh kartun. Dalam kartun Li'l Folks, nama "Charlie Brown" digunakan dalam 4 kali kesempatan bagi 3 tokoh anak laki-laki yang berbeda. Seri kartun tersebut juga menghadirkan seekor anjing yang terlihat mirip Snoopy. Pada tahun 1948, Schulz menjual kartun Li'l Folks kepada Saturday Evening Post. Harian tersebut kemudian menerbitkan 17 kartun karya Schulz yang pertama. Pada tahun 1948, Schulz berusaha menjual Li'l Folks dengan sistem sindikasi melalui Newspaper Enterprise Association. Kalau saja berhasil, Schulz mungkin merupakan kartunis independen pertama yang menerbitkan karya dengan cara sindikasi. Konsep tersebut memang belum dikenal pada tahun 1940-an. Kartun Li'l Folks akhirnya berhenti terbit pada bulan Januari 1950.

Masih pada tahun 1950, Schulz melakukan negosiasi dengan United Feature Syndicate agar membeli strip komik terbaiknya dari seri Li'l Folks. United Feature Syndicate setuju membelinya, dan strip komik Peanuts tampil pertama kali pada 2 Oktober 1950. Selain Peanuts, Schulz juga menggambar strip komik bertemakan olahraga, It's Only a Game (1957–1959), namun tidak diteruskannya karena Peanuts jauh lebih sukses. Dari tahun 1956 hingga 1965, Schulz juga menyumbangkan strip komik panel tunggal Young Pillars (menampilkan tokoh para remaja) untuk majalah gereja berjudul Youth yang diterbitkan Church of God (Anderson).

Tokoh-tokoh Peanuts

Nama tokoh Charlie Brown, tokoh utama dalam strip komik Peanuts diambilnya dari nama rekan kerjanya di sekolah seni Art Instruction Schools. Namun inspirasinya sebagian besar berasal dari pengalaman hidupnya sendiri.

  • Seperti halnya Charlie Brown, ayah Schulz adalah seorang tukang cukur dan ibunya seorang ibu rumah tangga.
  • Schulz memiliki seekor anjing ketika dirinya masih kecil, tapi anjingnya adalah jenis pointer dan bukan beagle seperti Snoopy.
  • Schulz juga seorang pemalu dan penyendiri.
  • Inspirasi bagi tokoh "Little Red-Haired Girl" adalah seorang akuntan di Art Instruction Schools bernama Donna Johnson yang sempat dipacarinya. Walaupun lamarannya ditolak, Schulz dan Donna tetap bersahabat hingga di usia tua mereka.

Schulz sempat pindah untuk sementara ke Colorado Springs, Colorado. Di sana, Schulz mencat dinding rumah Meredith anak perempuannya, dengan gambar-gambar Patty, Charlie Brown, dan Snoopy. Dinding tersebut dibongkar pada tahun 2001, dan disumbangkan ke Museum Charles M. Schulz di Santa Rosa, California. Gambar di dinding karya Schulz yang sudah dipugar diterbitkan dalam buku saku karya Chip Kidd, Peanuts: The Art of Charles M. Schulz.

Schulz dan keluarga kembali ke Minneapolis dan tinggal di sana hingga tahun 1958. Setelah itu, mereka pindah ke Sebastopol, California, tempat Schulz membangun studio pertamanya. Di studio ini lah, Schulz diwawancara untuk film dokumenter televisi A Boy Named Charlie Brown yang tidak jadi ditayangkan. Cuplikan dari wawancara tersebut nantinya digunakan dalam film dokumenter berjudul Charlie Brown and Charles Schulz, sedangkan video aslinya dijual dalam bentuk DVD oleh Museum Charles M. Schulz.

Ayah Schulz meninggal dunia ketika sedang mengunjunginya di California pada tahun 1966. Pada tahun yang sama, studionya di Sebastopol juga hangus terbakar. Pada tahun 1969, Schulz tinggal di Santa Rosa, California yang menjadi tempat kediamannya selama 30 tahun.

Schulz sejak lama menyukai olahraga es, dan sering mengetengahkan olahraga figure skat dan hoki es dalam kartun-kartunnya. Di Santa Rosa, Schulz menjadi pemilik Arena Es Redwood Empire yang dibuka tahun 1969. Putri Schulz, Amy menjadi model bagi olahraga skat es dalam acara spesial di televisi, She's a Good Skate, Charlie Brown (1980). Selain itu, Schulz juga aktif dalam turnamen Hoki Es Senior. Pada tahun 1975, ia menggelar Turnamen Dunia Hoki Senior Snoopy di Arena Es Redwood Empire. Penghargaan Piala Lester Patrick atas kontribusi luar biasa bagi olahraga hoki di Amerika Serikat. Pada tahun 1998, Schulz menjadi tuan rumah bagi Turnamen Hoki Usia 75 Tahun Ke Atas (walaupun atlet yang menjadi penjaga gawangnya boleh lebih muda, 60 tahun misalnya). Pada tahun 2001, sebagai penghormatan baginya, Area Es Highland Park di Saint Paul diberi nama "Charles Schulz Arena".

Biografi lengkap Charles Schulz karya David Michaelis, Peanuts and Schulz: A Biography diterbitkan bulan Oktober 2007. Buku ini dikritik habis-habisan oleh keluarga Schulz, walaupun Michaelis bersikeras bahwa karyanya akurat dan "tidak diragukan lagi".[3] Sementara itu, kartunis Bill Watterson (pencipta Calvin & Hobbes) berpendapat bahwa biografi yang ditulis Michaelis memberi gambaran yang seimbang bagi karya-karya peninggalan Schulz, sekaligus memberikan pengetahuan yang mendalam tentang daya pendorong di balik penciptaan karyanya.[4]

Akhir hayat[sunting | sunting sumber]

Strip komik Peanuts terbit selama 50 tahun tanpa terputus dan dimuat oleh lebih dari 2.600 surat kabar di 75 negara. Pada bulan November 1999, Schulz terserang stroke, dan kemudian diketahui menderita kanker usus besar yang telah metastasis ke bagian perut. Akibat kemoterapi dan keadaan fisik dirinya yang sudah sulit untuk melihat dan membaca dengan jelas, Schulz mengumumkan pengunduran dirinya pada 14 Desember 1999. Keputusan tersebut sangat sulit bagi Schulz yang berkomentar mengenai pengunduran dirinya, "Saya tidak pernah membayangkan hal ini akan terjadi pada diri saya. Saya selalu merasa akan terus menggambar strip komik hingga saya berada di awal usia delapan puluhan, atau kira-kira seperti itu. Namun dengan seketika semuanya hilang..."

Schulz, 77 tahun, meninggal di dunia akibat serangan jantung di Santa Rosa, pukul 21.45 malam tanggal 12 Februari 2000. Makamnya berada di Pemakaman Pleasant Hills, Sebastopol.

Strip komik terakhirnya dimuat sehari setelah Schulz meninggal dunia. Pemuatan strip komik terakhirnya disertai pernyataan dari Schulz bahwa keluarganya berkeinginan strip komiknya berakhir ketika dirinya sudah tidak mampu lagi menggambar. Sebelumnya Schulz sudah memperkirakan bahwa strip komik yang digambarnya akan berusia lebih panjang dari dirinya. Alasannya, strip komik biasanya sudah selesai digambar berminggu-minggu sebelum dimuat. Sebagai bagian dari surat wasiatnya, Schulz meminta agar tokoh-tokoh Peanuts dijaga seotentik mungkin, dan tidak menggambar strip komik lanjutannya. Walaupun kepemilikan strip komik Peanuts berada di tangan United Features, pesan terakhir Schulz terus dihormati dan strip komik Peanuts yang dimuat sekarang di berbagai surat kabar adalah ulangan dari strip komik yang pernah dimuat sebelumnya.

Rekan-rekan kartunis memberi penghormatan terakhir dengan menggambar sejumlah 42 strip komik yang dipersembahkan bagi Schulz dan Peanuts.[5]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1962, Schulz untuk karyanya, Peanuts menerima Penghargaan Strip Komik Humor dari ikatan kartunis nasional Amerika Serikat, National Cartoonist Society. Selain itu masih dari ikatan kartunis yang sama, Schulz menerima Penghargaan Elzie Segar (1980), Penghargaan Reuben (1955 dan 1964), dan Penghargaan Pencapaian Seumur Hidup Milton Caniff tahun 1999.

Atas sumbangsih luar biasanya bagi olahraga hoki di Amerika Serikat, Schulz menerima Piala Lester Patrick, dan sejak tahun 1993 namanya diabadikan dalam museum United States Hockey Hall of Fame. Pada 28 Juni 1996, Schulz mendapat kehormatan untuk diabadikan di trotoar Hollywood Walk of Fame. Bintangnya berdampingan dengan bintang milik Walt Disney. Replika dari bintang Schulz di Hollywood Walk of Fame dipasang di bekas studionya di Santa Rosa. Di bidang kepramukaan, atas jasa-jasanya bagi remaja Amerika, Schulz menerima Penghargaan Silver Buffalo. Penghargaan tersebut merupakan penghargaan tertinggi bagi orang dewasa yang diberikan Boy Scouts of America.

Pada 7 Juni 2001, Kongres AS memberi anugerah Congressional Gold Medal yang merupakan penghargaan tertinggi bagi orang sipil yang bisa diberikan Kongres. Medali tersebut diterima janda Schulz, Jean atas nama almarhum suaminya.

Peninggalan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2000, bandara di Sonoma County, California diberi nama Bandara Udara Sonoma - Charles M. Schulz. Snoppy dijadikan logo bandara, lengkap dengan kaca mata pilot dan syal yang dikenakannya sewaktu merajai udara dari atas rumah anjingnya yang berwarna merah.

Pusat Riset dan Museum Charles M. Schulz

Museum bernama Pusat Riset dan Museum Charles M. Schulz dibuka tanggal 17 Agustus 2002 di Santa Rosa, California. Lokasinya hanya 2 blok dari bekas studio pribadinya, sekaligus tempatnya seumur hidup berkarya sebagai kartunis. Patung perunggu Charlie Brown bersama Snoopy didirikan di depan Depot Park, pusat kota Santa Rosa.

Perpustakaan Sonoma State University yang diberi nama Pusat Informasi Jean dan Charles Schulz dibuka pada tahun 2000. Perpustakaan tersebut menempati salah satu gedung terbesar yang ada di dalam kampus. Pembangunan gedung perpustakaan memakan biaya sebesar 41,5 juta dolar AS, dan sejumlah 5 juta dolar AS merupakan sumbangan dari Schulz dan istrinya.

Saint Paul, Minnesota yang merupakan kota kelahiran Schulz mengenangnya dalam bentuk pameran patung Peanuts on Parade. Sejak tahun 2000, sejumlah 101 buah patung Snoopy setinggi 152 cm diletakkan di berbagai sudut kota Saint Paul.

Majalah Forbes menyebut Schulz sebagai "orang mati dengan bayaran termahal" nomor dua di Amerika setelah Elvis Presley. Sejak ua meninggal dunia, karya peninggalannya terus menghasilkan uang hingga lebih dari 32 juta dolar AS.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Bacaan selanjutnya[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]