Charles Lindbergh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Charles Lindbergh

Charles Lindbergh dengan pesawat Spirit of St. Louis tahun 1927
Lahir 4 Februari 1902
Detroit, Michigan
Meninggal 26 Agustus 1974 (umur 72)
Kipahulu, Maui, Hawaii
Pekerjaan Pilot, penulis,
Penemu, penjelajah,
aktivis perdamaian
Agama Lutheranisme
Pasangan Anne Morrow Lindbergh
Anak

Dari Anne Morrow Lindbergh:

Charles Augustus Lindbergh Jr.
Jon Lindbergh
Land Morrow Lindbergh
Anne Spencer Lindbergh (Perrin)
Scott Lindbergh
Reeve Lindbergh (Brown)
Dari Brigitte Hesshaimer:
Dyrk Hesshaimer
Astrid Hesshaimer Bouteuil
David Hesshaimer
Dari Marietta Hesshaimer:
Vago Hesshaimer
Christoph Hesshaimer.
Orang tua Charles August Lindbergh
Evangeline Lodge Land Lindbergh
Penghargaan Medal of Honor, Congressional Gold Medal, Pulitzer prize

Charles Augustus Lindbergh (lahir di Detroit, Michigan, 4 Februari 1902 – meninggal di Kipahulu, Maui, Hawaii, 26 Agustus 1974 pada umur 72 tahun), dikenal sebagai "Lucky Lindy" dan "The Lone Eagle", ialah pilot pesawat Amerika Serikat ulung yang terkenal karena penerbangan solonya menyeberangi Lautan Atlantik pada 1927.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Lindbergh dilahirkan di Detroit, Michigan. Orangtuanya ialah imigran Swedia. Ia besar di Little Falls, Minnesota. Ayahnya, Charles August Lindbergh, seorang pengacara dan kemudian anggota Kongres AS yang menentang masuknya AS ke dalam Perang Dunia Pertama; ibunya guru. Saat masih kecil, ia tertarik dalam permesinan. Pada 1922 ia mengikuti program pelatihan pilot dengan Nebraska Aircraft, membeli pesawatnya sendiri, dan menjadi pilot cadangan. Pada 1924, ia mulai latihan sebagai pilot dengan United States Army Air Corps.

Setelah menyelesaikan tingkat satu, Lindbergh mengambil pekerjaan pertamanya sebagai pilot rute pos udara di St. Louis. Ia mengirimkan surat dengan pesawat.

Pada April 1923, saat mengunjungi seorang kawan di Lake Village, Arkansas, Lindbergh melakukan penerbangan pertamanya sendiri dari Lake Village dan Lake Chicot.

Penerbangan solo pertama menyeberangi Samudera Atlantik[sunting | sunting sumber]

Spirit of St. Louis yang dipamerkan di Smithsonian.

Lindbergh menjadi terkenal di seluruh dunia sebagai pilot pertama yang terbang solo (sendiri) dan tanpa henti menyeberangi Samudera Atlantik. Ia terbang dari Roosevelt Airfield (Nassau County, Long Island), New York, AS ke Paris, Prancis pada 20 Mei-21 Mei 1927 dalam pesawat mesin tunggalnya The Spirit of St. Louis. Ia perlu 33,5 jam untuk terbang. Saat ia tiba kembali ke AS, banyak kapal perang dan pesawat terbang mengantarnya ke Washington, D.C. di mana Presiden Calvin Coolidge menganugerahinya Distinguished Flying Cross.

Aksi Lindbergh membuatnya memenangkan Penghargaan Orteig senilai 25.000 dolar AS. Sebuah parade diselenggarakan buatnya di 5th Avenue di New York City pada 13 Juni 1927.[1] Rasa hormat publik terhadapnya menyusul penerbangan itu juga karena ia menjadi suara penting atas nama kegiatan penerbangan hingga kematiannya. Ia bertugas dalam berbagai dewan dan komite baik nasional maupun internasional, termasuk komite pusat National Advisory Committee for Aeronautics di Amerika Serikat. Pada 21 Maret 1929 ia dianugerahi Medal of Honor untuk penerbangan trans-Atlantiknya yang historis.

Lindbergh dihormati dalam penerbangan untuk memetakan jalur udara, terbang di ketinggian, dan mengurangi penggunaan bahan bakar. Hal-hal tadi ialah dasar penerbangan udara modern.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Ia menikah dengan Anna Morrow pada 27 Mei 1929, putri Duta Besar Amerika Serikat di Meksiko.

Pada tahun 1932 terjadi penculikan atas anak mereka yang dinamai menurut nama ayahnya. Ini merupakan kasus kriminal yang terkenal. Meski tebusan dibayar namun bayi yang diculik ditemukan tewas 2 bulan kemudian. Terilhami kisah ini penulis cerita kriminal Agatha Christie kemudian mengarang Murder on the Orient Express. Novel ini difilmkan pada 1970-an dengan pemain antara lain Ingrid Bergman dan Sean Connery.