Chang dan Eng Bunker

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lukisan Chang dan Eng Bunker, sekitar 1836

Chang Bunker dan Eng Bunker (lahir 11 Mei 1811 – meninggal 17 Januari 1874 pada umur 62 tahun) adalah dua saudara kembar yang mengilhami nama kembar siam karena mereka dilahirkan di Siam (sekarang Thailand), di provinsi Samutsongkram, dari ayah etnis Tionghoa (Ti-eye) dan ibu setengah Tionghoa setengah Campa (Nok).

Mereka terhubung di sternum dengan sepotong kecil cartilage. Hati mereka bersatu tapi masing-masing lengkap sendiri. Walaupun teknologi kedokteran bedah di abad ke-19 belum secanggih sekarang, sebenarnya mereka dapat dipisahkan dengan mudah. Pada 1829, mereka ditemukan di Siam oleh pedagang dari Britania Raya Robert Hunter dan dipamerkan keliling dunia. Setelah kontrak mereka habis, mereka keliling dunia sendiri dan cukup berhasil. Pada 1839, ketika mengunjungi Wilkesboro, North Carolina dengan P.T. Barnum, mereka tertarik untuk tinggal di sana dan menjadi warganegara Amerika Serikat.

Keduanya lantas tinggal di sebuah perkebunan, membeli budak dan mengambil nama "Bunker". Mereka diterima sebagai anggota masyarakat yang dihormati. Pada 13 April 1843, mereka menikah dengan dua bersaudara: Chang dengan Adelaide Yates dan Eng dengan Sarah Anne Yates. Chang dan istrinya memiliki 10 anak; Eng dan istrinya memiliki 12. Kedua istri ini kemudian bertengkar sehingga kedua rumah tangga ini kemudian tinggal di rumah terpisah di barat Mount Airy, North Carolina – si kembar siam mengambil giliran masing-masing 3 hari di kedua rumah. Selama Perang Saudara Amerika, anak Chang yang bernama Christopher dan anak Eng yang bernama Stephen menjadi serdadu Konfederasi. Banyak dari keturunan mereka masih tinggal sekarang di daerah Mount Airy. Keduanya meninggal pada hari yang sama pada 1874.

Hati mereka yang bersatu sekarang diawetkan dan dipajang di Museum Mütter di Philadelphia, Pennsylvania.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]