Champs-Élysées

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Champs Elysees)
Avenue des Champs-Élysées
Pemandangan Avenue des Champs-Élysées, yang dilihat dari Place de la Concorde dengan Arc de Triomphe sebagai latar belakangnya.
Panjang 1.910 meter (6.270 ft)
Lebar 70 meter (230 ft)
Arondisemen 8th
Quarter Champs-Élysées. Faubourg du Roule.
Dari Place de la Concorde
Menuju Place Charles de Gaulle
Pembangunan
Rampung 1670
Denomination 2 Maret 1864

Avenue des Champs-Élysées (UK /ˌʃɒ̃z ˈlz, - ɛˈ-/, US /ʃɒ̃z ˌlˈz/, bahasa Prancis: [av(ə)ny de ʃɑ̃z‿elize] ( simak) dengarkan secara harfiah bermakna "Lapangan Elysium") adalah sebuah avenue luas di ibu kota Prancis, Paris. Dengan bioskop, kafe, dan toko-toko khususnya (specialty shop) yang mewah, Champs-Élysées merupakan salah satu jalan yang paling terkenal di dunia, dan dengan penyewaan sebesar $1.25 juta per tahun untuk lapangan pertokoan seluas 1,000 kaki persegi (100 m²), jalan ini menjadi strip real estat termahal kedua di dunia (pertama di Eropa) setelah Fifth Avenue di New York City. Namanya merujuk kepada Lapangan Elysium, kerajaan kematian dalam mitologi Yunani.

Champs-Élysées dikenal sebagai La plus belle avenue du monde ("Jalan terindah di dunia"). Masuknya jaringan toko dunia dalam beberapa tahun ini telah mengubah karakter asli avenue tersebut, dan langkah pertama untuk mengurangi perubahan ini, pemerintah Kota Paris memutuskan pada tahun 2007 untuk melarang jaringan toko pakaian Swedia, H&M membuka cabangnya di avenue ini. Jalan ini juga sangat populer dengan orang-orang kaya dan terkenal.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Garis bersejarah (axe historique), menghadap ke barat.
Pemandangan dari "Jardin des Tuileries".
Tanda jalan rue Champs-Élysées di arondisemen ke-8 Paris.

Jalan ini memiliki panjang 2 kilometer (1.25 mil) melalui arrondissement ke-8 di barat laut Paris, dari Place de la Concorde di timur, dengan obelisknya, hingga Place Charles de Gaulle (sebelumnya bernama Place de l'Étoile) di barat, tempat berdirinya Arc de Triomphe. Champs-Élysées membentuk bagian dari Axe historique. Salah satu tujuan utama turis di Paris, bagian terbawah dari Champs-Élysées dibatasi oleh sebuah taman (Marigny Square) dan bangunan seperti Théâtre Marigny dan Grand Palais (mencakup Palais de la Découverte). Istana Elysée terletak agak ke utara, tidak di avenue tersebut. Jauh ke barat, avenue ini diduduki oleh bioskop, teater, kafe dan restoran (seringnya Fouquet's), dan toko-toko mewah.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]