Sekam (militer)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bedakan dengan sekam padi
Chaff AL-AS tipe RR-129 dan RR-124

Sekam atau chaff dalam dunia militer adalah alat pertahanan anti radar dan peluru kendali. Serpihan chaff yang berbentuk potongan tipis aluminium foil, serat campuran kaca-logam, atau plastik yang mengkilap disebarkan kendaraan militer untuk mengelabui sistem pemandu pada peluru kendali berpemandu radar. Sekam juga digunakan untuk mengganggu penerimaan sinyal radar secara umum. Dalam radar, sekam akan menampilkan sinyal yang blurry atau terpecah, terlihat seolah sebagai target sekunder, atau akan memenuhi radar dengan puluhan target sehingga target rudal akan terganggu.

Sekam juga digunakan di kapal permukaan (Mark 36 SRBOC) untuk menangkal peluru kendali anti-kapal. Peluru kendali antar benua dapat memiliki sistem chaff yang dilepaskan dalam penerbangannya untuk mengelabui rudal atau senjata musuh lainnya yang bertujuan untuk melumpuhkannya.

Sekam juga dapat digunakan pesawat untuk memberi tanda bahaya atau untuk meminta pertolongan ketika komunikasi tidak berfungsi. Hal ini akan memiliki fungsi sama dengan sinyal SOS dengan melepaskan chaff setiap 2 menit sekali.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]