Cepiring, Kendal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Cepiring Hadiningrat Mangkunegoro Joyodiputro
Kecamatan
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Kendal
Pemerintahan
 • Camat -
Luas - km²
Jumlah penduduk _+ 150.000
Kepadatan - jiwa/km²
Desa/kelurahan -

Cepiring adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kata "Cepiring" berasal dari singkatan kata "Ceplok Piring", satu nama bunga seperti melati dengan ukuran yang sedikit lebih besar yang dulu banyak dijumpai di daerah ini. namun ada juga yang menyebutkan Cepiring, berasal dari kata "nanCEP PRING" menancap bambu

Sebagai salah satu kota kecil di jalur Pantura, tidak ada yang spesial di kecamatan ini selain karena keberadaan Pabrik Gula-nya. Pabrik yang didirikan oleh Belanda sejak tahun 1835 ini merupakan salah satu bukti kejayaan kota kecil ini sebagai pusat industri dan kebudayaan. pabrik gula tersebut dikelola oleh PTPN. IX , namun seiring berkurangnya pasokan tebu, Pabrik gula tersebut tutup tahun 1998 akibatnya kegiatan wiwitan yang menjadi hiburan masyarakat cepiring sebagai penanda dimulainya awal giling tebu menjadi tidak ada. pada tahun 2008 kegiatan operasional pabrik gula dihidupkan kembali dengan dikelola oleh PT. Industri Gula Nusantara yang sahamnya dimiliki oleh PT. Multi Manis Mandiri dan PTPN . IX , acara Wiwitan Giling ini biasa diadakan setahun sekali antara bulan Juli dan Agustus, di depan pabrik gula tersebut terdapat warung makan "Jawa Asli" dengan menu utama masakan jawa seperti rames. guded serta rawon. serta terdapat warung makan Mie Ayam Mas Kin yang terkenal dengan kelezatannya. ada juga warung makan sebelah kiri jalan dari arah Jakarta yakni Warung Makan "BUDI DAYA". Makanan khas Cepiring adalah Pektur, terbuat dari tepung terigu diolah mirip seperti martabak namun lebih cair. dulu Cepiring memiliki gedung bioskop dengan nama " SRI AGUNG THEATER" namun sejak tahun 1990 sudah tutup karena kalah bersaing dengan VCD Player yang mulai menjamur. Kecamatan Cepiring terdapat Sanggar kegiatan belajar/ SKB untuk pendidikan non-formal maupun formal yakni untuk kejar Paket A s/d C.. terdapat berbagai tingkat sekolah di Cepiring mulai dari Penitipan Anak di jalan Anggrek Desa Botomulyo, PAUD di SKB, berbagai macam Taman Kanak Kanak, sampai dengan Sekolah Menengah Atas Negeri Cepiring. Selain itu, di Cepiring juga terdapat kesenian Seni Singo Barong khas Kendal antaralain MEKAR BUDOYO "Anak Lanang", PBRC "Macan Putih", Joko Sembung, Sasono Budoyo, Sari Budoyo(eks), Singo Krajan dan Singo Grandong. selain di Cepiring sendiri juga ada seni barongan dari desa lain, misal Manunggal Simolaras dan Mekar Mulyo Budoyo (Sidomulyo), Singo barong Keongan dari Botomulyo dll.

Wiwitan[sunting | sunting sumber]

Wiwitan adalah pesta rakyat yang digelar setahun sekali , untuk menyelamati giling tebu yang dilakukan oleh pabrik gula cepiring. Acara ini begitu ramai karena seantero Cepiring datang untuk menyaksikan , biasanya acara ini digelar antara bulan Juli sampai dengan bulan Agustus. Acara ini diramaikan dengan pawai budaya , karnaval serta pertunjukkan kesenian khas berupa tari Barongan dan Kuda Lumping.

Geografis[sunting | sunting sumber]

Cepiring berbatasan dengan Kecamatan Patebon di sebelah timur, Kecamata Gemuh di sebelah Selatan, Kecamatan Kangkung di sebelah barat dan Laut Jawa di sebelah Utara.


Desa/kelurahan[sunting | sunting sumber]

  1. Botomulyo
  2. Cepiring
  3. Damarsari
  4. Gondang
  5. Juwiring
  6. Kaliayu
  7. Kalirandu Gede
  8. Karangayu
  9. Karangsuno
  10. Korowelang Anyar
  11. Korowelang Kulon
  12. Margorejo
  13. Pandes
  14. Podosari
  15. Sidomulyo

Sebelum tahun 1997, Cepiring merupakan salah satu kecamatan terbesar di Kabupaten Kendal. Karena terdapat 30 desa, akan tetapi pada masa itu sering terjadi perselisihan (Desa Kalirejo dan Desa Sidomulyo) akhirny tercantumlah PERDA bahwa Kecamatan Cepiring harus dibagi menjadi dua wilayah. Kecamatan Cepiring dan Kecamatan Kangkung.

Kuliner[sunting | sunting sumber]

Kuliner daerah Cepiring ada beraneka macam. Buah Matoa dan Jajan Pektur adalah kuliner khas daerah Cepiring meski sekarang telah jarang dijumpai.