Central Saint Martins College of Arts and Design

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Central Saint Martins - Southampton Row, Holborn
Central Saint Martins (ex-St Martins) di Jalan Charing Cross. (January 2006)

Central Saint Martins College of Art and Design (juga disebut sebagai Central Saint Martins, Saint Martins atau kadang-kadang dikenal hanya sebagai CSM di kalangan mahasiswa/i dan staff) adalah sebuah universitas seni terkemuka di Inggris. CSM adalah merupakan bagian dari University of the Arts London yang sama halnya dengan Chelsea College of Art & Design, London College of Communication (LCC, previously London College of Printing), London College of Fashion (LCF), Wimbledon College of Art dan Camberwell College of Arts. CSM berdiri sendiri pada tahun 2004 dengan diberikannya status universitas (sebelumnya kumpulan dari 5 fakultas di atas tanap Wimbledon dikenal sebagai “The London Institute”). Wimbledon College of Art sendiri menjadi bagian dari universitas pada tahun 2006.

Central Saint Martins didirikan pada tahun 1989 dari gabungan dua kampus besar yaitu Central School of Art & Design (yang didirikan pada tahun 1896) dan St Martin’s School of Art (yang didirikan pada tahun 1854). Sepanjang tahun 1960-an dan 1970-an, Saint Martins lebih dikenal sebagai sekolah seni nomor satu di London, beberapa alumnus diantaranya Gilbert dan George dan Richard Long. Selain itu Central Saint Martins juga mempekerjakan seniman-seniman terkemuka Eropa lainnya seperti Anthony Caro dan Barry Flanangan sebagai staff pengajar disana.

Central Saint Martins juga diabadikan sebagai tempat dimana band The Sex Pistol’s berpentas untuk pertama kalinya (kejadian ini sangat dikenang karena The Sex Pistol’s diusir dalam waktu 5 menit).

Hingga saat ini, Central Saint Martins masih bertahan sebagai salah satu universitas seni terkemuka di Eropa dan di dunia. Fakultas yang terkait didalamnya adalah Fine Art, Fashion, Graphic, 3D Design dan Seni Pentas.

Universitas tersebut telah menjalani beberapa perubahaan sejak didirikannya. Salah satunya adalah memasukkan Drama Centre London pada tahun 1999 dan the Byam Shaw School of Art pada tahun 2003, sebelum dikonsepsikannya the University of Art London. Central Saint Martins memiliki status internasional dalam riset-riset yang dilakukan oleh beberapa fakultas yang terkait didalamnya, seperti kaitan seni, komunikasi, fashion dan desain dengan variasi subyek lainnya yang mengarah kepada inovasi desain.

Alumnus[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]