Cemindo Gemilang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
PT Cemindo Gemilang Tbk.
Kode emitenIDX: CMNT
IndustriBahan Bangunan
Didirikan2011
Kantor
pusat
Jakarta, Indonesia
Tokoh
kunci
Oza Guswara (General Manager - Sales & Marketing)
ProdukSemen
Karyawan
500-600 (2014)
Anak
usaha
PT Motive Mulia (Merah Putih Beton)
Situs websemenmerahputih.com

PT Cemindo Gemilang merupakan salah satu produsen semen premium di Indonesia. Perusahaan ini berdiri sejak tahun 2011 dan merupakan pemegang merek Semen Merah Putih.

Saat ini PT Cemindo Gemilang telah memiliki empat pabrik yang tersebar di Indonesia, yaitu:

1. Pabrik Semen Terpadu di Bayah, Banten, yang dilengkapi dengan proses supply chain yang lengkap, mulai dari proses produksi hingga pelabuhan tersendiri. Pabrik ini berkapasitas produksi 4 juta ton semen per tahun.

2. Pabrik Penggilingan di Ciwandan, Banten, berkapasitas produksi 1.750.000 ton semen per tahun.

3. Pabrik Penggilingan di Gresik, Jawa Timur, berkapasitas produksi 1.000.000 ton semen per tahun.

4. Pabrik Pengemasan Semen di Pontianak, Kalimantan Barat, berkapasitas 500.000 ton semen per tahun.

Selain itu, PT Cemindo Gemilang juga memiliki anak perusahaan yang bernama PT Motive Mulia, yang memproduksi produk-produk turunan semen berupa Ready Mix Concrete & Precast Concrete.

Keunggulan[sunting | sunting sumber]

Semen Merah Putih memiliki tiga keunggulan utama yang terletak pada kekuatan, daya tahan dan kemudahan pengerjaan. Keunggulan Semen Merah Putih sebagai semen berkualitas telah terbukti secara nasional maupun internasional melalui pengujian standar mutu Indonesia SNI 15-7064-2004 dan SNI 15–2049–2004, serta standar mutu Eropa CEM II/A-M 42.5N dan EN 197-1:2000.[1][2]

Jenis Produk[sunting | sunting sumber]

1. Portland Composite Cement (PCC)

Tersedia dalam kemasan kantong 40 kg dan 50 kg. Biasa digunakan untuk pembangunan bangunan umum.

2. Ordinary Portland Cement (OPC) – Tipe 1

Tersedia dalam kemasan curah. Biasa digunakan untuk kebutuhan kontruksi seperti pekerjaan beton, pemasangan bata, selokan, jalan, pagar, dinding dan pembuatan elemen bangunan khusus seperti beton pracetak, panel beton, dan bata beton (paving block).

Selain kedua produk tersebut, Semen Merah Putih juga memiliki produk turunan beton berupa Ready Mix Concrete (RMC) dan Precast.

  • Ready Mix Concrete (RMC)
Adalah produk beton siap pakai yang tersedia dalam berbagai pilihan mutu. Biasa digunakan untuk pembangunan kawasan perindustrian, gedung bertingkat, perumahan, serta infrastruktur umum.
  • Precast Concrete
Adalah produk beton yang dicetak sesuai dengan ukuran tertentu. Produk precast terdiri atas:
  • Produk Standar (Standard Products), adalah produk precast yang dicetak sesuai dengan ukuran standar, seperti saluran (u-ditch), pagar panel, gorong-gorong, tiang pancang, box culvert, dan kansteen.
  • Produk Pesanan Khusus (Customize Products), adalah produk precast yang dicetak sesuai dengan ukuran pesanan konsumen, seperti balok, kolom, slab, facade, shear wall, tangga, sheet piles, girders, voided slabs, dan pembatas jalan beton.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]