Celurut air sumatera

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Celurut Air Sumatra[1]
Status konservasi
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mammalia
Ordo: Soricomorpha
Famili: Soricidae
Genus: Chimarrogale
Spesies: C. sumatrana
Nama binomial
Chimarrogale sumatrana
(Thomas, 1921)
Sumatran Water Shrew range
Sumatran Water Shrew range

Celurut Air Sumatra (Chimarrogale sumatrana) adalah celurut bergigi merah yang hanya ditemukan di dataran tinggi Padang, Sumatera Barat, Indonesia. Hewan ini tercantum sebagai spesies kritis terancam punah akibat hilangnya habitat dan kisaran terbatas menurut IUCN.

Ciri-ciri[sunting | sunting sumber]

Hewan air yang sangat jarang ditemui ini memiliki tubuh yang beradaptasi untuk hidup di air. Bentuk tubuhnya relatif besar dari celurut biasa, dengan ciri hidung lebih panjang. Bulu pendek, padat, berwarna abu-abu pada bagian belakang, bagian atas berbintik putih, dan cokelat kusam di bagian bawah. Mempunyai mata kecil, dan telinga kecil, dapat ditutup dengan kulit ketika berenang di air. Kaki dibatasi dengan rambut kaku, sebuah adaptasi yang membantu saat hewan ini melalui air.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hutterer, Rainer (16 November 2005). In Wilson, D. E., and Reeder, D. M. (eds). Mammal Species of the World (ed. 3rd edition). Johns Hopkins University Press. hlm. 276. ISBN 0-801-88221-4. 
  2. ^ Insectivore Specialist Group (1996). Chimarrogale sumatrana. 2006 IUCN Red List of Threatened Species. IUCN 2006. Diakses 11 May 2006. Listed as Critically Endangered (CR B1+2c v2.3)