Catholic Worker Movement

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Catholic Worker Movement adalah sebuah organisasi Katolik yang didirikan oleh "Pelayan Tuhan" Dorothy Day dan Peter Maurin pada tahun 1933. Tujuannya adalah untuk "hidup sesuai dengan keadilan dan kedermawanan Yesus Kristus"."[1] Salah satu prinsip penuntunnya adalah kedermawanan terhadap mereka yang tertindas di dalam masyarakat. Setiap rumahnya memiliki misi yang berbeda, berkarya dalam keadilan sosial menurut cara mereka masing-masing yang disesuaikan dengan wilayahnya. Rumah-rumah Catholic Worker bukanlah perangkat resmi Gereja Katolik Roma. Organisasi ini juga berkampanye untuk sikap non-kekerasan dan aktif dalam kampanye anti-perang dan kesenjangan pembagian kekayaan dunia. Dorothy Day juga menerbitkan surat kabar The Catholic Worker yang masih terbit hingga hari ini dan dijual 1 sen per cetakannya.

Organisasi ini bermula sebagai sebuah sarana untuk menyatukan sejarah karya-karya Dorothy Day dalam aktivitas sosial dan pasifisme Amerika berdasarkan prinsip-prinsip paham Katolik, lima tahun setelah ia pindah agama menjadi penganut Katolik pada tahun 1927.[2]

"Aturan kami merupakan karya kasih," kata Dorothy Day. "Ini merupakan jalan pengorbanan, jalan pemujaan, sebuah bentuk penghormatan".

Kepercayaan Catholic Worker[sunting | sunting sumber]

Menurut Peter Maurin yang turut mendirikannya, berikut ini adalah kepercayaan Catholic Worker:[3]

  1. paham kepribadian yang lembut dari paham Katolik tradisional.
  2. tugas pribadi untuk menanggapi kebutuhan-kebutuhan sesama (yang dianggap sebagai saudara).
  3. latihan harian Karya-karya Kasih.
  4. Rumah-rumah Dermawan untuk bantuan cepat kepada mereka yang membutuhkan.
  5. pendirian Farming Communes dimana tiap orang bekerja menurut kemampuannya dan memperoleh apa yang dibutuhkannya.
  6. menciptakan sebuah masyarakat baru, yakni masyarakat yang sama namun dengan filosofi yang baru - sebuah filosofi yang bukan benar-benar baru tapi sebuah filosofi yang sangat tua, yang sangat tuannya sehingga filosofi ini terkesan baru!

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Aims and Means of the Catholic Worker" from The Catholic Worker newspaper, May 2002
  2. ^ ""Dorothy Day, Prophet of Pacifism for the Catholic Church"" from "Houston Catholic Worker" newspaper, October 1997
  3. ^ What the Catholic Worker Believes by co-founder Peter Maurin

Pranala luar[sunting | sunting sumber]