Catherine Booth

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Patung Catherine Booth

Catherine Booth (lahir di Ashbourne, Derbyshire, Inggris, 17 Januari 1829 – meninggal di Clacton-on-Sea, Essex, Inggris, 4 Oktober 1890 pada umur 61 tahun) adalah istri dari William Booth. Keduanya dikenal sebagai pendiri gerakan Bala Keselamatan (Salvation Army).[1] Setelah keluarganya pindah ke London pada tahun 1844, mereka menjadi anggota Gereja Metodis di Brixton.[1] Karena dikucilkan dia bergabung dengan New Connextion Methodis Church di mana dia berjumpa dengan William Booth.[1] Di situ Catherine menjadi pemimpin kelompok penelaahan Alkitab.[2] Setelah menikah dengan William, Catherine menjadi begitu aktif mendampingi William sebagai penginjil dan pengkhotbah yang kerap kali berpindah-pindah.[2] Salah satu karya Catherine Booth adalah kegigihannya memperjuangkan hak-hak perempuan untuk bisa menjadi pengkhotbah.[1] Catherine akhirnya menjadi seorang pengkhotbah di gereja yang dipimpin oleh suaminya.[1] Pada tahun 1865, bersama suaminya, Catherine pindah ke Whitechapel di London Timur.[1] Di tempat ini Catherine merintis sebuah pelayanan independen yang berfokus pada orang-orang miskin.[1] Pelayanan yang mereka rintis ini kemudian menjadi cikal bakal Bala Keselamatan (Salvation Army).[1] Selain itu Catherine Booth juga aktif sebagai penulis dan menjadi aktivis yang banyak menyuarakan hak-hak anak dan perempuan.[1] Catherine meninggal pada tanggal 4 Oktober 1890 akibat kanker.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h i j (Inggris) J. Gordon Melton. 2005. Encyclopedia of Protestantism. New York:Facts On File. Hal. 99,100.
  2. ^ a b (Indonesia) Jan S. Aritonang. 2010. Berbagai Aliran di Dalam dan Sekitar Gereja. Jakarta:BPK Gunung Mulia. Hal. 271,272.