Castlevania (permainan video)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Castlevania
Castlevania NES seni kotak.jpg
Seni kotak untuk versi NES
Pengembang Bendera Jepang Konami
Penerbit Bendera Jepang Konami
Bendera Jepang Nintendo (GBA)
Komposer musik Kinuyo Yamashita
Seri Castlevania
Platform FDS, NES, Commodore 64, Amiga, PC MS-DOS, PC Microsoft Windows, Game Boy Advance, Jaringan mMode Nirkabel AT&T, Konsol Virtual
Tanggal rilis 26 September 1986, (FDS)(Jepang)
1 Mei 1987 (Amerika Utara) 19 Desember 1988 (Eropa) 5 Februari 1993 (NES/Famicom/FC (Jepang)
Genre Permainan platform
Mode Pemain tunggal
Rating ESRB: E (GBA, Wii)
PEGI: 3+
CERO: A (Segala umur)
Media digital/distribusi kartrid 1-megabit (NES)
Kebutuhan sistem

PC MS-DOS
Intel 8088 atau lebih tinggi, DOS v3.0 sampai v3.3, 384KB RAM
PC Microsoft Windows
Intel Pentium, Windows 95, 16MB RAM, 10MB ruang kosong cakram keras, 2X CD-ROM, DirectX 8.0

Castlevania, atau dikenal di Jepang dengan judul Akumajō Dracula (悪魔城ドラキュラ?, "Drakula Puri Setan"), adalah sebuah permainan video konsol yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Konami untuk Famicom Disk System (FDS) di Jepang pada bulan September 1986. Setahun kemudian, pada bulan Mei 1987 permainan ini diporting ke dalam format kartrid dan dirilis di Amerika Utara untuk Nintendo Entertainment System (NES) yang diikuti oleh rilis di Eropa pada tahun 1988. Permainan video ini kembali dirilis untuk Family Computer / FC (versi Jepang untuk Nintendo Entertainment System / NES) dalam format kartrid di Jepang pada tahun 1993. Permainan ini adalah seri pertama dalam serial permainan video Castlevania.

Dalam permainan ini, pemain mengendalikan Simon Belmont pada tahun 1691, yang harus mengalahkan Drakula sang vampir. Sebuah sekuel, Simon's Quest, dirilis untuk NES beberapa tahun kemudian.


Alur permainan[sunting | sunting sumber]

Cuplikan permainan Castlevania untuk sistem NES.

Castlevania adalah sebuah permainan platform khas di era 8-bit: permainan ini terdiri dari enam tingkat, yang dimainkan dalam alur linier. Pemain mengendalikan Simon Belmont di keseluruhan permainan. Tombol A memungkinkan Simon Belmont melompat layaknya permainan platform lainnya, seperti Super Mario Bros. Modus serangan utamanya adalah melalui cambuknya dengan menekan Tombol B, yang dapat ditingkatkan dengan mendapatkan item khusus sepanjang alur permainan yang akan memperpanjang panjang cambuk tersebut. Selain itu, berbagai senjata-tambahan dapat diperoleh dan akan memberikan cara yang berbeda untuk menyerang. Dengan memukul lilin dengan cambuk dan barang-barang tertentu lainnya di seluruh puri, Simon mengumpulkan "hati", yang kemudian dapat digunakan untuk mengaktifkan senjata-tambahan apa pun yang dimilikinya pada saat itu. Simon hanya dapat membawa satu senjata-tambahan pada satu waktu. Pemain dapat menggunakan senjata-tambahan, dengan memegang tombol "atas" di Tombol Arah, lalu menekan tombol B pada pengendali untuk menggunakannya.

Setiap enam tahap dalam Castlevania tingkat diselesaikan dengan pertempuran bos: bos ini umumnya diambil dari sastra horor atau legenda, antara lain Kelelawar vampir raksasa, Medusa, Mumi, Monster Frankenstein dan Igor, kemudian Grim Reaper dan akhirnya Dracula (yang kemudian kembali dalam bentuk kedua dan bentuk lebih kuat). Bos ini juga terkenal terutama karena sangat sulit.

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Versi dan rilis ulang[sunting | sunting sumber]

Castlevania telah diporting ke berbagai konsol permainan video yang berbeda, konsol permainan genggam, komputer pribadi, dan telepon genggam. Versi rilis NES dari permainan ini diadaptasi untuk arkade permainan video baik sebagai bagian dari serial Play Choice 10 dari Nintendo dan (dengan penambahan modus dua pemain bermain secara kompetitif) di Sistem Nintendo Vs.

Pada tahun 1990, versi-versi Castlevania dirilis untuk kompatibel PC IBM, yaitu Commodore 64 (keduanya dikembangkan oleh Unlimited Software), dan Commodore Amiga (dikembangkan oleh Novotrade).

Sebuah versi ROM / Read-Only Memory permainan ini dirilis untuk Family Computer Jepang pada tahun 1993. Versi porta ini menghilangkan layar registrasi nama dari [[[Famicom Disk System]] dan memasukkan sebuah mode kesulitan yang mudah. [1]

Pada tahun 2002, Konami merilis tiga permainan NES pertama Castlevania untuk Microsoft Windows sebagai Castlevania and Contra: Konami Collector's Series. Versi ini kemudian ditambahkan ke GameTap, layanan permainan video daring Amerika Serikat pada tahun 2006.

Pada tahun 2004, Castlevania dirilis untuk Game Boy Advance sebagai bagian dari serial Classic NES Series. Pengakuan-akhir tiruan dari permainan ini, yang sebagian besar merupakan permainan kata dari nama bintang film horor veteran, dihilangkan dalam versi ini.

Pada tahun 2007, permainan ini dirilis melalui Konsol Virtual Wii.

Pada tahun 2002, pengembang permainan video Upstart Games mengembangkan versi porta untuk ponsel dari permainan genggam asli Jepangnya. Versi ini ditingkatkan pada tahun 2004 dengan kualitas grafis yang membaik, dan kemudian dirilis di Eropa untuk beberapa telepon genggam. Versi ketiga telepon genggam diproduksi pada akhir tahun 2004, dengan grafis yang lebih baik lagi, namun hanya dirilis di Jepang pada awal 2005.

Alur cerita dan latar yang sama telah digunakan kembali untuk permainan yang berbeda dalam serial ini pada platform yang berbeda, termasuk MSX (dikenal sebagai Vampire Killer di Eropa), Super Nintendo (sebagai Super Castlevania IV ), dan X68000 (yang kemudian diporting ke PlayStation dan dirilis sebagai Castlevania Chronicles), serta permainan arkade daur-ulang yang disebut Haunted Castle ("Puri Berhantu"). Sementara semua permainan ini berbagi berbagai elemen yang sama dengan Castlevania, termasuk judul (dalam bahasa Jepang asli, semuanya hanya disebut Akumajō Dracula), mereka semua adalah permainan yang sama sekali berbeda.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Castlevania telah dinilai sebagai permainan video terbaik peringkat 23 yang dibuat pada Sistem Nintendo menurut daftar "200 Permainan Teratas" majalah Nintendo Power. [2] Pada bulan Agustus 2008, Nintendo Power menaruh permainan ini pada peringkat 14 permainan video NES terbaik. [3] Rilis-ulang dari permainan ini pada Konsol Virtual untuk Nintendo Wii mendapat nilai 7,5 oleh IGN, yang mengatakan bahwa walaupun kualitas grafis (Castlevania) telah menunjukkan usia mereka setelah 20 tahun sejak dirilis, namun lagu tema permainan ini masih terkenal menyeramkan dan permainan masih atmosferik dan menantang. [4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ KONAMI, Devil's Castle Dracula Synthesis Site
  2. ^ "NP Top 200", Nintendo Power 200, February 2006: 58–66 .
  3. ^ Nintendo Power - The 20th Anniversary Issue! (Magazine). Nintendo Power 231 (231). San Francisco, California: Future US. hlm. 71. August 2008. 
  4. ^ Mark Birnbaum (April 30, 2007). "Castlevania Review". IGN. Diakses 2008-02-11. 

Pranala[sunting | sunting sumber]