Kertus pencetak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Cartridge Printer)

Kartrid pencetak adalah tempat penampungan tinta untuk pencetak. Unit ini terpasang ke pencetak yang kompatibel dan biasanya dilakukan dalam prosedur satu waktu, tetapi kartrid perlu diganti setiap kali tinta di dalamnya habis. Biaya untuk mengganti kartrid bisa menjadi lebih mahal terutama untuk orang-orang yang menggunakan pencetak dalam skala besar.

Jenis kartrid[sunting | sunting sumber]

Pada dasarnya ada tiga jenis kartrid yaitu:

1. Kartrid Tinta Asli

Kartrid asli atau OEM cartridges pada pencetak merupakan kartrid yang sudah memiliki merek perusahaan yang melekat pada alatnya. Jenis bullet pada pencetak ini dihasilkan oleh produsen pencetak yang bersangkutan dan biasanya mahal.

2. Kartrid Tinta Termanufaktur Ulang

Kartrid pencetak jenis ini dibuat dari tinta kartrid yang diperbaharui. Harganya lebih murah jika dibandingkan dengan jenis bullet lain.

3. Kartrid Tinta Kompatibel

Jenis kartrid ini kompatibel dengan semua model pencetak yang tersedia di pasaran, tetapi kartrid ini dibuat dari vendor pihak ketiga. Kartrid tinta kompatibel lebih disukai oleh bisnis skala besar untuk kompatibilitas dan aspek biaya efektif.

Kartrid pada dasarnya terdiri dari tinta pencetak pada bagian kepala untuk mencetak dengan menyebarkan kertas. Kartrid memiliki beberapa partisi seperti wadah tinta yang berinteraksi dengan pencetak yang kompatibel. Sementara termal yang memiliki satu partisi memiliki unsur pemanas bersama resistor. Setiap kali pengguna memberikan perintah pencetakan, arus listrik akan mengalir melalui resistor di mana pemanas resistor berlangsung. Kemudian, tinta cetak selanjutnya akan mengelilingi piringan panas dan menjadi menguap dalam nozzle. Dalam waktu kurang dari sedetik, tetesan tinta akan meluap dari nozzle dan jatuh di atas kertas pencetakan.

Jenis tinta[sunting | sunting sumber]

Umumnya ada 2 jenis kartrid tinta yang digunakan dalam pencetak, yaitu: