Carlo Emanuele dari Carignano

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Carlo Emanuele dari Savoia
Pangeran Carignano
Carlo Emanuele di Savoia-Carignano.jpg
Pasangan Maria Theresa
Anak
Carlo Alberto Amedeo
Elisabeth dari Savoia
Nama lengkap
Carlo Emanuele di Savoia
Ayah Vittorio Amedeo II
Ibu Joséphine dari Lorraine
Lahir 24 Oktober 1770
Palazzo Carignano, Torino
Meninggal 16 Agustus 1800
Torino, Italia
Dikubur Basilica di Superga

Carlo Emanuele (24 Oktober 1770 – 16 Agustus 1800) merupakan seorang Pangeran Savoia dan kemudian Pangeran Carignano di antara tahun 1780 dan 1800, dan kakek paternalnya Vittorio Emanuele II, raja pertama yang mempersatukan Italia.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Ia adalah putra Vittorio Amedeo II dari Savoia-Carignano dan Joséphine dari Lorraine, dan generasi kelima belas keturunan Tommaso Francesco, pendiri garis keturunan Carignano dari Wangsa Savoia.

Pada tanggal 24 Oktober 1797 ia menikah di Torino dengan Maria Christina dari Sachsen, putri Karl dari Sachsen (1733–1796), Adipati Courland, ia sendiri adalah putra August III dari Polandia. Mereka memiliki 2 orang anak.

Carlo Emanuele meninggal 3 tahun setelah pernikahannya di dalam sebuah penjara di Perancis. Ia berperang melawan Perancis di dalam Perang Koalisi Pertama, namun berdamai dengan Republik setelah abdikasi Carlo Emanuele IV dari Sardinia. Tak lama kemudian ia menjadi seorang terdakwa dan dipenjarakan di dalam sebuah Citadel di Torino. Dari sana ia dipindahkan ke Dijon dan kemudian ke Chaillot di Paris, dimana ia meninggal. Ia dimakamkan di Basilica di Superga, Torino.

Keturunan[sunting | sunting sumber]

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]