Carl Schwaner

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Carl A.L.M. Schwaner (lahir di Mannheim, Jerman, tahun 1817 – meninggal di Batavia, Hindia Belanda (kini Jakarta, Indonesia), 30 Maret 1851 pada usia 34 tahun) adalah seorang naturalis Jerman dengan spesialisasi geologi dan mineralogi. Namanya diabadikan sebagai nama pegunungan di Kalimantan Barat, Pegunungan Schwaner.[1][2]

Setelah menamatkan studi di Jerman, ia bekerja di Museum Kerajaan Leiden, Belanda, di bawah direktur Coenraad Jacob Temminck. Atas saran Temminck ia ditunjuk sebagai anggota dewan sains Hindia Belanda. Setibanya di Batavia, Agustus 1842, ia harus 'menganggur' selama 14 bulan karena ketiadaan anggaran. Baru pada akhir 1843 ia melakukan studi di Kalimantan. Ia mencatat aspek topografi, geologi, zoologi, dan etnografi selama perjalanannya menembus pedalaman Kalimantan. Ia adalah penjelajah Kalimantan pertama, dengan rute dari Banjarmasin (berangkat 2 November 1847) hingga Pontianak (tiba 2 November 1848).[1][2]

Sepulangnya ke Batavia, ia mempersiapkan hasil penelitiannya. Namun sebelum selesai, ia menerima kontrak berikutnya ke Kalimantan Tenggara (sekarang Kalimantan Selatan) pada akhir 1850. Sebelum berangkat ia menikah, tetapi tidak lama kemudian ia wafat akibat demam di saat mempersiapkan keberangkatannya. Istrinya sendiri tewas dalam kecelakaan kapal di dekat Tanjung Harapan dalam perjalanan pulang ke Belanda. Tulisan-tulisannya hanya sebagian yang terselamatkan hingga ke Museum Kerajaan di Leiden. Karyanya ini kemudian diterbitkan oleh Pijnappel, seorang rekannya. Salah satu gunung yang ada di Kalimantan dinamai Pegunungan Schwaner (The Schwanergebirge) untuk menghormatinya.[2]

Karya Tulisan[sunting | sunting sumber]

  • Reis naar, en aanteekeningen betreffende de steenkolen van Batoe Belian : (Zuid-Oostkust van Borneo) (dan JH Croockewit), 1847 - Perjalanan dan catatan batu bara yang dibuat dari batu belian: (Pantai Tenggara Kalimantan).
  • Historische, geografische en statistieke aanteekeningen betreffende Tanah Boemboe : aangetroffen onder de bij het Gouvernement van Nederlandsch-Indie¨ berustende papieren van C.A.L.M. Schwaner (edited by Elisa Netscher), 1851 - Catatan sejarah, geografis dan statistik yang dibuat di Tanah Boemboe: ditemukan diantara dokumen yang dipegang oleh Pemerintah Hindia Belanda, tulisan C.A.L.M. Schwaner.
  • Aanteekeningen betreffende eenige maatschappelijke instellingen en gebruiken der Dajaks van Doesson (edited by J H Croockewit), ca.1852 - Catatan yang dibuat dari beberapa institusi sosial dan praktik orang Dayak Doesson.
  • Borneo: beschrijving van het stroomgebeid van den Barito, en reizen langs eenige voorname rivieren van het Zuid-Oosterlijk gedeelte van dat eiland (edited by Jan Pijnappel), 1853 - Borneo: Deskripsi cekungan Sungai Barito dan perjalanan sepanjang beberapa sungai besar di bagian tenggara pulau.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Historische Commission bei der königl. Akademie der Wissenschaften (1891). Allgemeine Deutsche Biographie, Bd. 33. Allgemeine Deutsche Biographie (edisi ke-1.). München/Leipzig: Duncker & Humblot. hlm. 183. 
  2. ^ a b c Biographie, Deutsche. "Schwaner, Carl - Deutsche Biographie". www.deutsche-biographie.de (dalam bahasa Jerman). Diakses tanggal 2019-08-19. 
  3. ^ "Results for 'au:Schwaner, C. M.' [WorldCat.org]". www.worldcat.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-08-19.