Caps lock

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Tombol caps lock

Caps lock, singkatan dari capitals lock, adalah sebuah tombol di papan ketik yang berfungsi mengubah semua huruf yang diketik menjadi huruf besar. Caps lock biasanya terletak tepat di sebelah kiri tombol A (atau di sebelah kiri rangkaian huruf ASDF), di antara kunci Tab dan Shift.

Kegunaan[sunting | sunting sumber]

Tombol ini digunakan saat Anda menginginkan untuk menulis dengan huruf besar. Cukup tekan sekali sampai lampu indikatornya menyala, maka huruf apapun yang Anda tulis akan menjadi besar. Untuk mengembalikannya seperti semula Anda hanya perlu menekan Caps lock kembali. Caps lock kadang-kadang perlu dinonaktifkan saat mengetik password. Caps lock yang sedang aktif akan membalikkan fungsi tombol shift kepada kunci-kunci huruf, menyebabkan kesalahan pada penulisan password yang case-sensitive.

Kerancuan[sunting | sunting sumber]

Mengingat letak caps lock dan Shift yang berdekatan, kadang-kadang itu membingungkan pengetik. Kegunaannya hampir tidak dapat dibedakan satu sama lain. Yang jelas, caps lock akan membesarkan semua huruf sampai tombol itu dinonaktifkan. Sementara shift hanya berfungsi saat tombol itu ditekan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]