Capitoline Museums

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Desain Michelangelo untuk Capitoline Hill, sekarang merupakan rumah untuk Museum Capitoline. Diukir oleh Étienne Dupérac, 1568.

Museum Capitoline (Italian: Musei Capitolini) merupakan sekelompok museum seni dan arkeologi di Piazza del Campidoglio, yang terletak di Capitoline Hill di Roma, Italia. Museum bersejarah yang terdapat disana adalah Palazzo dei Conservatori dan Palazzo Nuovo, yang menghadap lapangan yang dirancang oleh Michelangelo Buonarroti pada tahun 1536 dan dibuat 400 tahun kemudian. Sejarah museum ini dapat dilacak hingga tahun 1471, ketika Paus Siktus IV mendonasikan koleksi pentingnya mengenai benda perunggu kuno kepada masyarakat Roma dan meletakkannya pada Capitoline Hill. Sejak saat itu, koleksi museum telah bertambah termasuk diantaranya sejumlah besar patung Romawi kuno, inskripsi dan artefak lainnya; koleksi seni abad pertengahan dan renaissans; koleksi perhiasan, koin dan benda lainnya. Museum ini dimiliki dan dioperasikan oleh pemerintah kota Roma.

Bangunan[sunting | sunting sumber]

Palazzo dei Conservatori merupakan salah satu dari tiga bangunan utama Museum Capitoline
Galeri Museum Capitoline
Palazzo Nuovo
“Esquiline Venus”.

Museum Capitoline terdiri dari tiga bangunan utama yang mengelilingi Piazza del Campidoglio dan dihubungkan oleh galeri bawah tanah yang terletak dibawah lapangan tersebut.

Tiga bangunan utama tersebut adalah:

  • Palazzo Senatorio, dibangun pada abad ke-12 Masehi dan dimodifikasi berdasarkan desain milik Michelangelo;
  • Palazzo dei Conservatori, dibangun pada pertengahan abad ke-16 Masehi dan didesain ulang oleh Michelangelo dengan penggunaan desain kelompok kolum (tiang) yang besar; dan
  • Palazzo Nuovo, dibangun pada abad ke-17 Masehi dengan desain eksterior yang identik dengan Palazzo dei Conservatori, yang saling berhadapan.

Palazzo dei Conservatori[sunting | sunting sumber]

Koleksi yang terdapat disini adalah patung kuno yang kebanyakan merupakan peninggalan Romawi, namun juga terdapat patung Yunani kuno dan Mesir kuno.

Tangga utama[sunting | sunting sumber]

Lantai 2[sunting | sunting sumber]

Lantai 2 bangunan ini diisi oleh Apartemen Konservator. Ruangan ini sekarang dibuka untuk umum dan menyimpan beberapa karya terkenal seperti serigala perunggu Capitoline yang menyusui Romulus dan Remus. Patung ini menjadi simbol kota Roma. Ruangan ini juga berbeda dengan lainnya karena memiliki dekorasi interior seperti fresko, stuko, permadani dinding, ukiran di langit-langit dan pintu.

Lantai 3[sunting | sunting sumber]

Lantai ketiga dari Palazzo dei Conservatori merupakan ruangan untuk Galeri Seni Capitoline, yang menyimpan lukisan dan benda seni milik museum. Selain itu disini juga terdapat Kabinet Koin Capitoline, yang menyimpan koleksi koin, medali, perhiasan.

Palazzo Nuovo[sunting | sunting sumber]

Patung, inskripsi, sarkofagus, patung dada, mosaik, dan artefak Romawi kuno lainnya menempati lantai ini.

Galleria Congiunzione[sunting | sunting sumber]

Galleria Congiunzione terletak dibawah Palazzo dei Conservatori dan piazza itu sendiri, dan galeri ini menyambungkan ketiga palazzos tersebut. Galeri ini dibangun pada tahun 1930an, dan memiliki reruntuhan Romawi abad ke-2 Masehi in situ, dan menjadi lokasi Galleria Lapidaria, yang memamerkan koleksi epigrafi museum.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Catatan: Beberapa artefak yang penting sedang dalam pameran keliling "The Dream of Rome" di Galeri Seni Nasional di Washington, D.C. dari 8 Juni hingga 5 September 2011, dan kota-kota lainnya hingga tahun 2013.[1] [2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://en.museicapitolini.org/mostre_ed_eventi/eventi/the_dream_of_rome_la_venere_capitolina
  2. ^ http://www.nga.gov/exhibitions/venusinfo.shtm


Koordinat: 41°53′35″LU 12°28′57″BT / 41,89306°LU 12,4825°BT / 41.89306; 12.48250