Capitole de Toulouse

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Capitole de Toulouse adalah pusat administrasi kotamadya kota Toulouse di Perancis.

Capitole pada malam hari

Capitouls (magistrat yang memerintah) Toulouse mengusulkan pembangunan bangunan aslinya tahun 1190, untuk menyediakan pusat pemerintahan provinsi yang semakin kaya dan berpengaruh. Nama "Capitole" tidak hanya merujuk pada Capitol Romawi tapi juga capitulum yang juga bagian dari magistrat yang memerintah.


Di abad ke-19, struktur yang mengelilingi Place du Capitole (2 hektare) dirancang ulang. Beberapa interior Capitole dapat dilacak kembali hingga abad ke-16, tapi façade-nya saat ini, sepanjang 135 meter dan pembuatan batu bata merah dalam gaya Neoklasikal, sejak 1750, dibangun sesuai rencana Guillaume Cammas. Kedelapan kolom menandakan delapan capitouls. Tahun 1873, Eugène Viollet-le-Duc membangun menara bel dengan gaya Perancis utara di atas donjon bangunan. Di donjon inilah Jean Calas, seorang korban Protestan dari pengadilan keagamaan, diinterogasi. Hanya taman dan gerbang Henri IV yang tersisa dari bangunan aslinya. Di taman inilah Duke de Montmorency dipenggal setelah pemberontakannya menentang Kardinal Richelieu.

Sebuah perancangan ulang Place du Capitole tahun 1995 menyediakan ruang bagi pejalan kaki. Hari ini Capitole memiliki balai kota, juga perusahaan opera dan orkestra simfoni. Salle des Illustres berisi karya seni dari abad ke-19.