Candyman (lagu Christina Aguilera)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sampul CD single Candyman.

Candyman merupakan single ketiga Christina Aguilera yang dirilis pada tanggal 5 Februari 2007 di Amerika Serikat, 2 April 2007 di Inggris dan 7 April di Jerman. Lagu tersebut merupakan hasil ciptaan Christina Aguilera dan Linda Perry yang diambil dari disc kedua album Back to Basics. Candyman dinyanyikan untuk pertama kali pada acara Fashion Rock Concert pada tanggal 8 September 2006. Dalam acara Dick Clark's New Year's Rockin Eve 2007, Christina Aguilera mengkonfirmasikan peluncuran Candyman sebagai single ketiga setelah Ain't No Other Man dan Hurt. Pada bulan Desember 2007 lalu, single ini mendapatkan nominasi dalam ajang penghargaan musik paling bergengsi dunia, The 50th Annual Grammy Awards untuk nominasi Best Female Pop Vocal Performance. Pengumuman pemenang dan penyerahan penghargaan akan diselengarakan pada tanggal 11 Februari 2008.

Rencananya single ini akan diluncurkan sebagai single kedua setelah "Ain't No Other Man". Tetapi rencana tersebut berubah karena "Hurt" dipilih menjadi single kedua dari album Back to Basics. Sumber lain menyebutkan bahwa "Slowdown Baby" akan menjadi single ketiga Christina, tetapi pernyataan tersebut ditanggapi oleh beberapa media yang menyebutkan bahwa "Slowdown Baby" akan menjadi single keempat setelah "Candyman".

Sebagai penulis lagu tersebut, Linda Perry terinspirasi oleh lagu "Boogie Woogie Bugle Boy" pada tahun 1941 yang dipopulerkan oleh Andrew Sisters. Dalam lagu tersebut juga berisi sample lagu berjudul "Tarzan & Jane Swingin' On A Vine" yang diambil dari Run to Cadence with the U.S. Marines, Vol. II. Candyman juga menjadi background lagu untuk LG Chocolate (VX8500) oleh Verizon Wireless.

Matthew Rolston menyutradari video klip Candyman dengan nuansa militer, menampilkan Christina Aguilera dengan 3 karakter yang berbeda.

Penggarapan video "Candyman" sendiri telah dilakukan pada tanggal 28 Januari 2007 dan disutradarai oleh Matthew Rolston. Nuansa perang pada tahun 1940-an diangkat menjadi tema utama dalam pembuatan video klip ini. Dalam video tersebut terdapat 3 karakter Christina Aguilera yang menari dan menyanyi secara trio dengan 3 model warna rambut berbeda, yaitu redhead, blonde dan brunette sebagai persembahan atas karya Andrews Sisters. Di sini Christina Aguilera juga turut andil bagian selama penggarapan video klipnya sebagai co-directed, sama halnya dengan pembuatan video klip Hurt bersama Floria Sigismondi.

Beberapa versi remix dari lagu Candyman yang diluncurkan sampai sejauh ini antara lain :

  • "Candyman" (Squeeky Clean Radio Edit) - 3:1
  • "Candyman" (Album Version) - 3:14

Single Candyman sampai dengan akhir 2007 lalu telah terjual lebih dari 2.2 juta keping di seluruh dunia.