Candi Sumur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Candi Sumur
Candi Sumur.jpg
Bangunan candi tampak samping.
Candi Sumur is located in Jawa
Lokasi dalam Topografi Jawa
Informasi bangunan
Lokasi Sidoarjo, Jawa Timur.
Negara Indonesia
Koordinat 7°31′01″LS 112°40′58″BT / 7,516944°LS 112,682778°BT / -7.516944; 112.682778Koordinat: 7°31′01″LS 112°40′58″BT / 7,516944°LS 112,682778°BT / -7.516944; 112.682778
Jenis Candi Jawa Timuran

Candi Sumur adalah sebuah peninggalan masa Klasik yang terletak di Kabupaten Sidoarjo.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Candi ini berlokasi di Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, sekitar 100-200 m sebelah barat daya Candi Pari.

Didirikan pada masa yang sama dengan Candi Pari, keduanya termasuk dalam cagar budaya di Kabupaten Sidoarjo.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Menurut laporan J. Knebel dalam “Repporten Van De Comissie In Nederlandsch Indie voor Oudheidkundig Onderzoek Op Java en Madoera” 1905-1906 [1] Candi Sumur, juga Candi Pari, dibangun untuk mengenang tempat hilangnya seorang sahabat/adik angkat dari salah satu putra Prabu Brawijaya dan istrinya yang menolak tinggal di keraton Majapahit di kala itu.

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Saat ini candi dalam keadaan rusak, tinggal sisa dari bagian dinding sebelah timur dan selatan, beserta lantai dan fondasi bangunan. Candi Sumur ini diperkirakan dibangun bersamaan dengan Candi Pari, dan seperti halnya Candi Pari, Candi Sumur juga terbentuk dari susunan bata merah.

Pada bangunan candi ini juga tidak ditemukan ukiran atau relief-relief yang mendhias dinding atau kaki candi. Bentuk unik hanya terlihat dari susunan anak tangga yang berada di sisi selatan candi. Anak tangga ini cukup "curam" dan tidak memiliki dinding tangga di bagian sisinya, sehingga perlu perhatian bila pengunjung ingin menaikinya dikarenakan bata penyusun anak tangga atau tempat berpijak kaki itu sendiri tidak tersusun rata dan rapi.

Pemugaran[sunting | sunting sumber]

Berbeda dengan Candi Pari yang memiliki ukuran jauh lebih besar, ukuran Candi Sumur lebih kecil, kira-kira hanya setengah dari Candi Pari, dan hanya berhasil dipugar separuhnya. Banyak bata penyusun yang hilang tidak diganti. Kemungkinan besar tidak diketemukannya sisa-sisa batu pembentuk dinding candi, dan tidak adanya informasi yang bisa dijadikan sebagai referensi bentuk asal dari candi tersebut menyebabkan Candi Sumur ini direstorasi seperti apa yang bisa kita lihat sekarang. Untuk menghindari dari runtuhnya sisa dinding candi, pada bagian dalam dibangun kerangka dari semen yang berfungsi sebagai penopang dan pengikat susunan badan candi yang masih ada.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Panitia Penggali Sejarah Kabupaten Sidoarjo 1969/1970. Sedjarah Kabupaten Sidoardjo