Call of Duty: Ghosts

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Call of Duty: Ghosts adalah permainan Tembak-menembak orang-pertama yang dikembangkan oleh Infinity Ward dibantu oleh Treyarch (versi Wii U), Raven Software (multiplayer), Neversoft (Extinction), dan dipublikasikan oleh Activision. Ini adalah permainan kesepuluh dari seri Call of Duty dan permainan keenam yang dikembangkan oleh Infinity Ward. Permainan video ini dirilis untuk Microsoft Windows, Xbox 360, dan Wii U pada 5 November, 2013.

Kampanye[sunting | sunting sumber]

Karakter dan Faksi[sunting | sunting sumber]

Pemain akan memainkan Logan Walker, seorang anggota Angkatan Darat Amerika Serikat, protagonis dan karakter utama dalam sebagian besar permainan. Logan dan kakaknya, David 'Hesh' Walker (Brandon Routh) tinggal bersama ayahnya, Elias Walker (Stephen Lang) di San Diego, California. Dalam misi pertama, pemain juga memainkan Spesialis Baker, seorang kru dari Stasiun Luar Angkasa ODIN, pemain juga dalam misi "No Man's Land" akan memainkan Riley, anjing German Shepherd milik keluarga Walker. Elias Walker juga dimainkan dalam misi "Legends Never Die", Badger 2 pada misi "Severed Ties" dan Sersan Thompson dari Angkatan Udara Amerika Serikat pada misi "LOKI". Protagonis lainnya adalah Thomas A. Merrick (Jeffrey Pierce), wakil Elias dan pemimpin lapangan; Keegan P. Russ (Brian Bloom) rekrutan baru Ghosts dan Alex 'Ajax' V. Johnson.

Antagonis utama permainan adalah Kapten Gabriel T. Rorke (Kevin Gage), mantan anggota dan pemimpin Ghosts, Victor H. Ramos (Steve Wilcrox), Kepala Divisi Iptek Federasi dan Jenderal Diego Almagro, pemimpin pertama Federasi. Faksi protagonis utama dalam permainan adalah unit spesial Amerika Serikat bernama Task Force Stalker atau yang juga disebut 'Ghosts'. Faksi antagonis utama adalah Federasi Amerika, sebuah negara gabungan yang dibentuk oleh Brasil, Venezuela dan Chile.

Plot[sunting | sunting sumber]

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

12 tahun sebelum dimulai, Perang Tel Aviv menghancurkan Timur Tengah dan menghancurkan perekonomian negara-negara maju dunia. Ketika kekuatan dunia utama melemah, sebuah kekuatan baru muncul, Federasi Amerika, gabungan dari Venezuela, Brazil, Chile (dan segera, seluruh Amerika Selatan), menjadi rival utama Amerika Serikat. Amerika Serikat yang menolak memakai senjata nuklir membangun ODIN, sebuah Stasiun Luar Angkasa yang mengatur beberapa satelit militer sebagai pertahanan Amerika Serikat.

Prolog[sunting | sunting sumber]

Cerita dimulai ketika Elias menceritakan kepada kedua putranya tentang Operation: Sand Viper dalam perang Tel Aviv, dimana 60 orang dari Tier 1 melawan 500 tentara musuh dalam usaha melindungi sebuah rumah sakit. Jumlah mereka turun menjadi 15 orang saja dalam 3 hari, menyadari bahwa tidak ada harapan selamat, satu orang ditugaskan mengungsikan seluruh warga sipil di rumah sakit sementara 14 lainnya tinggal. Malamnya, mereka bersembunyi dibawah timbunan mayat ke-45 rekan mereka dan membuat mereka tersembunyi. Ketika musuh datang diatas mereka, mereka menyerbu memakai senjata, pisau, dan bahkan dengan tangan kosong. Akhirnya, seorang musuh selamat, tetapi trauma, ketika diselamatkan, ia menyebut ke-14 orang tersebut tidak terkalahkan dan mempunyai kemampuan supranatural. Ia memanggil mereka 'Ghosts'.

Cerita[sunting | sunting sumber]

Ketika ketiga Walker pulang, tiba-tiba tanah bergetar, Elias berusaha mencari kendaraan evakuasi sementara Hesh dan Logan pulang. 15 menit yang lalu di Orbit Rendah Bumi, Spesialis Baker dan Kyra Mosley kembali ke Stasiun Luar Angkasa ODIN untuk memberi pengarahan kepada kru ODIN pengganti yang datang. Ternyata, mereka adalah sepasukan Federasi yang berusaha menguasai ODIN untuk menyerang Amerika Serikat. Dengan cepat, Federasi berhasil menguasai ODIN dan menyerang San Diego, Phoenix, Houston dan Miami. Mosley dan Baker selamat, tetapi Stasiun ODIN diledakkan dari Houston, membuat mereka tersedot keluar dan membatalkan serangan ODIN menuju Houston dan beberapa kota besar lainnya. Mosley dan Baker berusaha meledakkan satu satelit ODIN yang menyasar San Fransisco, Chicago dan Washington D.C.. Baker berhasil dan membuat ODIN terjatuh ke laut, tetapi ia dan Mosley terbunuh.

Hesh dan Logan yang terluka berhasil selamat setelah ditemukan oleh Elias. Mereka pergi sementara menyaksikan penghancuran San Diego. Hesh bercerita, sebelum serangan 10 tahun yang lalu, Federasi menguasai Amerika Selatan dan sebagian Antartika, kemudian menguasai Amerika Tengah dan Karibia. Mereka kemudian menyerang Amerika Serikat dan berhasil menguasai sebagian besar wilayah Barat-Daya Amerika Serikat. Tetapi, selama 10 tahun kemudian, Amerika Serikat melawan dan berhasil mempertahankan wilayahnya. Hesh, Logan dan Riley tergabung dalam Angkatan Darat Amerika Serikat setelah serangan ODIN tersebut.

Pada misi "Brave New World", Hesh, Logan dan RIley menjadi tim pengintai di sekitar Tembok Liberty (dekat Los Angeles, Amerika Serikat), sebuah tembok pembatas yang dibangun oleh Amerika Serikat selama 10 tahun, ketika mengambil posisi defensif dalam melawan Federasi. Mereka bertiga berkumpul dengan tim pengintai lain dan melawan sebuah tim pengintai Federasi. Mereka kemudian melawan sebuah grup Federasi yang sedang menginterogasi (kemudian membunuh) penduduk Los Angeles. Tiba-tiba, Pratu Ramsay meminta bantuan mereka karena Tembok Liberty sedang diserang, Hesh yang meminta penanda lokasi dan timnya akhirnya berhasil mengatasi sebuah grup besar Federasi yang dibantu 2 Hind. 20 menit kemudian, Hesh, Logan, Riley dan tim mereka pergi ke Benteng Santa Monica. Hesh dan Logan bertemu dengan ayah mereka, Elias, dan mendapatkan misi darinya. Mereka ditugaskan menyelidiki daerah tak bertuan yang dikenal sebagai 'No Man's Land' di dekat San Diego, dengan kata lain, mereka kembali ke kampung halaman mereka.

Dalam misi "No Man's Land", pemain akan 2 kali mengendalikan Riley, anjing peliharaan Walker bersaudara. Mereka memeriksa rumah lama mereka, mengendap-endap dan menyerbu kelompok kecil Federasi dan melawan pasukan Federasi yang menjaga situs tempat bangkai salah satu satelit ODIN terjatuh. Akhirnya setelah melewati penjaga, mereka sampai di sebuah kamp Federasi dimana dengan bantuan Riley, mereka melihat seorang Federasi, Rorke sedang menginterogasi Ajax, seorang Ghosts. Rorke segera menyuruh Ajax untuk dipindahkan menuju Firebase Charlie (Stadion Greenway Park di San DIego) dimana Operasi Homecoming akan dikomando dari sana. Hesh, Logan dan Riley segera pergi untuk menemui Stalker 6, tetapi tiba-tiba sekelompok besar serigala liar menyerbu mereka. Kapten Merrick dan Keegan menyelamatkan mereka tepat waktu, Hesh (yang mencari Merrick) segera menyerahkan intel kepada Merrick dan bergabung dengan mereka. Mereka berempat menyerbu sepasukan besar Federasi dan sampai ke stadion.

Kemudian, mereka berempat segera menyerbu stadion untuk menyelamatkan Ajax pada misi "Struck Down". Tetapi, sayangnya Ajax tewas setelah disiksa oleh Federasi, sebelum tewas, Ajax memberitahukan mereka bahwa Rorke memburu mereka. Mereka kemudian kabur, Merrick dan Keegan membawa Ajax ke suatu tempat, Hesh, Logan dan Riley menuju Benteng Santa Monica karena Los Angeles diserang oleh sebuah divisi besar Federasi. Hesh, Logan dan Riley akhirnya sampai saat Federasi menjalankan Operasi Homecoming, menginvasi Los Angeles dan menghancurkan Benteng Santa Monica. Logan dan Hesh membantu dengan mengatasi beberapa kendaraan dan pasukan musuh dengan senjata mesin di balkon kantor komando dan 2 A-10, tetapi sebuah Hind menjatuhkan Logan, Hesh dan rekan mereka. Mereka berlari menuju bangunan yang mengomandoi kedua A-10 tetapi serangan artileri menghancurkan bangunan itu tepat ketika Hesh dan Logan hampir sampai.

Logan dan Hesh kemudian menyelamatkan pasukan yang masih selamat di bangunan tersebut, tetapi serangan mortar Federasi membuat Komando Pusat memerintahkan untuk menarik semua pasukan dari pantai. Logan dan Hesh bertemu kembali dengan Riley dan mereka bertiga berusaha menyelamatkan Elias di kantornya. Logan mencarinya sendiri setelah mereka bertiga terpisah karena bangunan mulai runtuh. Logan diserang oleh seorang tentara Federasi, meskipun Riley berusaha, musuh berhasil menancapkan pisau di dada Logan. Hesh membunuhnya dan mulai mengobatinya, tetapi dari atas, Keegan dan seorang Ghost datang menyelamatkan mereka. Hesh bertanya kepada Keegan tentang keberadaan Elias, tetapi Merrick mendorongnya. Ghost yang tadi (yang bersama Keegan menyelamatkan Hesh dan Logan) memisahkan mereka. Hesh menegaskan bahwa ia dan Logan tidak bisa meninggalkan Elias. Ghost tersebut mengatakan Elias sudah tidak disana, dan ia membuka topengnya, ternyata Ghost itu adalah Elias sendiri dan ia adalah pemimpin dari Ghosts. Elias menjelaskan, meskipun kedua putranya masih harus banyak belajar, tetapi Hesh dan Logan sudah lulus dari tes, mereka berdua resmi menjadi anggota Ghosts.

Merrick bertanya apa yang akan Ghosts lakukan pada Rorke sekarang, Elias menjelaskan kepada Hesh dan Logan bahwa Rorke sangat hebat dan mengetahui bagaimana Ghosts beraksi, karena dulunya, Rorke adalah anggota Ghost. Elias menjelaskan, 12 tahun yang lalu, Federasi yang baru terbentuk mengancam seluruh Amerika Selatan, Pemimpin Federasi, Jenderal Diego Almagro menyuruh menangkap/mengeksekusi seluruh warga kelahiran Amerika Serikat. Amerika Serikat kemudian menginvasi Federasi di ibukotanya, Caracas, Rorke memimpin Ghosts untuk membunuh Almagro dalam Operasi: Return to Sender (Kembali Kepada Pengirim) pada misi "Legends Never DIe". Pemain akan memainkan Elias yang bersama Rorke, Merrick dan Ajax berusaha membunuh Almagro. Sementara tentara Amerika Serikat mengalihkan Federasi, Ghosts berusaha menghancurkan 3 peluncur roket yang akan menghancurkan Dam Caracas, membunuh semua pasukan Amerika dan Federasi dengan mengorbankan kota. Tentara Amerika berhasil menghancurkan yang paling belakang, Elias meledakkan yang tengah, tetapi yang depan lolos dan berhasil menjebol dam.

Keempat Ghosts berhasil selamat, tetapi Almagro berusaha kabur dari Caracas. Elias dan Rorke terpisah dari Merrick dan Ajax karena bangunan yang runtuh, tetapi segera berkumpul kembali. Rorke, Elias dan Merrick berhasil mencapai helikopter Almagro dengan Ajax yang mengawasi mereka. Sementara Merrick dan Rorke mengalihkan tentara lain, Elias berhadapan dengan Almagro, tetapi Elias gagal. Rorke datang, memegangi Almagro, tetapi juga gagal, Elias yang menemukan pistol langsung membunuhnya sebelum sempat membunuh Elias, Merrick dan Rorke. Helikopter terjatuh, Rorke dan Elias tertahan di helikopter, Elias memegang Rorke, tetapi untuk menyelamatkan yang lain, Elias terpaksa harus membuat pilihan yang paling berat, melepas Rorke dan menyelamatkan Merrick dan Ajax.

Untuk menangkap Rorke, Ghosts harus kembali ke tempat semuanya berawal, Caracas. Pada misi "Federation Day", Hesh, Logan dan Keegan (diawasi oleh Elias 'Scarecrow') memasuki sebuah bangunan pencakar langit di Caracas untuk mendapatkan informasi tentang keberadaan Rorke disaat Federasi sedang merayakan Hari Federasi, hari kelahiran dari Federasi. Logan menyusupkan virus komputer untuk mematikan lampu gedung. Tetapi, mereka segera ketahuan dan berusaha memasuki ruangan Ramos. Mereka menginterogasi Victor Ramos, hanya untuk Rorke muncul di televisi gedung, mengingatkan kembali 'kesalahan terbesar Elias' dan mengatakan bahwa gedung sudah dipasangi peledak. Ramos memberikan lokasi dimana Rorke berada, tetapi Rorke meledakkan gedung, Ghosts kabur sedangkan Ramos - bisa dibunuh oleh pemain saat ini, tetapi jika tidak - bersembunyi. Ghosts kabur dan melompat dari gedung memakai parasut, sementara Ramos - jika dibiarkan Logan - tewas.

Pemain kemudian mengendalikan Pirate 5-0 dalam penyerbuan Ghosts dan Angkatan Udara AS ke fasilitas industri mengapung Federasi di Teluk Meksiko untuk mencari Rorke dalam Operasi Deadbolt (Panah Mati) (misi "Birds of Prey"). Pirate 5-0 (dan yang lain, sebuah kelompok AH-64 Apache) mengamankan tempat pendaratan Ghosts dan pemain memainkan Logan. Ghosts (kecuali Elias yang mengomandani) berhasil menangkap Rorke dan membawanya untuk diinterogasi. Pada misi "The Hunted", Elias menjelaskan bahwa ada sebuah suku kuno di huta Amazon yang terkenal dengan ritual penyiksaan dan cuci otaknya. Federasi mengadopsi ritual tersebut, memoderenisasikannya, mencuci otak Rorke dan mengubahnya menjadi Ghost milik Federasi.

Ghosts yang dalam perjalanan kembali ke markas menginterogasi Rorke, tetapi Federasi menyelamatkan Rorke dan menjatuhkan pesawat Ghosts. Tetapi meskipun terpencar, Logan, Hesh, Merrick, Keegan dan Elias selamat (Hesh bersama Merrick, Elias bersama Keegan). Logan (yang sendiri dan dilengkapi oleh P226 dengan peredam, pisau dan sensor detak jantung) menyelinap (atau mengatasi musuh) melalui hutan Yukatan dan berhasil menemukan Elias dan Keegan. Mereka bertiga menyelamatkan Hesh dan Merrick dan berusaha menuju titik penyelamatan dimana Mako dan Riley menunggu mereka. Setelah melewati patroli Federasi, melihat sebuah misil meluncur ke angkasa dan menghindari sebuah helikopter (pemain bisa menggagalkan penyelinapan mereka, membuat Mako menembaki helikopter pada akhir misi), Ghosts berhasil selamat.

Misil yang diluncurkan di Yukatan mengundang rasa penasaran Presiden Amerika Serikat, ia kemudian memerintahkan Elias untuk memberikan Operasi Clockwork (Jam Kerja, misi "Clockwork") kepada Ghosts, menyelinap ke markas Federasi di Patagonia, Pegunungan Andes dan mengunduh file tentang program terkait misil tersebut sebagai tahap pertama dalam usaha mengetahui program rahasia Federasi. Prioritas utama untuk mencari Rorke dikesampingkan, dan sekarang, Ghosts berusaha menyingkapkan hal tersebut.

Logan, Hesh, Keegan dan Merrick, diawasi oleh Kick dan Elias memasuki markas dengan menyamar sebagai pasukan Federasi. Mereka mengatasi penjaga dan berhasil memasuki pintu markas ketika Kick mematikan tenaga utama markas sebelum Federasi memeriksa isi tas mereka. Ghosts mengatasi penjaga dan memasuki markas dengan memakai Night Vision Google, memasang sebuah 'bug' di komputer yang nantinya membuat Kick mengetahui percakapan dan lokasi tentara Federasi. Setelah menerobos pintu besi, tenaga darurat aktif, Ghosts mencapai komputer utama markas setelah mengusir petugas.

Hesh mengunduh data sementara Logan, Keegan dan Merrick melindungi komputer utama. Setelah beberapa menit, Hesh selesai dan Ghosts meninggalkan ruangan menuju keatas setelah melempar granat asap. Setelah sampai, Hesh dan Logan berpura-pura sakit sementara Merrick melaporkan situasi. Musuh menemukan bor, pintu yang diledakkan dan bug yang Hesh tancapkan. Ghosts menaiki mobil dengan Keegan yang mengendarai, dan membuka penyamaran ketika akan diperiksa. Ghosts kabur sementara Federasi mengejar, Logan memegang senjata (sebuah pelontar granat) dan mengatasi musuh. Akhirnya, Neptune 1-1 (sebuah kapal selamm) muncul dan menyelamatkan Ghosts.

Tahap Kedua, Operasi Black Ice (Es Hitam), menenggelamkan tambang minyak lepas pantai Atlas di Selat Drake, Antartika (Kepulauan Shetland Selatan) - yang bisa menyediakan minyak untuk Federasi selama beberapa tahun - untuk mengalihkan Angkatan Laut Federasi dari Rio de Janeiro, tempat dimana program Federasi dilaksanakan. Logan, Hesh, Keegan, Merrick dan Kick diawasi oleh Elias menyusup ke Atlas pada misi "Atlas Falls". Setelah meledakkan bom dibawah es, mereka naik keatas es dan mengatasi musuh di kamp dibawah Atlas. Selanjutnya, mereka berlima naik ke Atlas, Keegan dan Kick mengurus jalan keluar, Merrick dan Walker bersaudara meledakkan Atlas. Setelah mendobrak pintu koridor dan berhadapan dengan pekerja yang membawa shotgun, Logan memasang pendobrak di ruang pintu rekreasi, tetapi Merrick mendorongnya, musuh menembak pintu dan pendobrak, meledakkannya. Logan melempar Flashbang dan mengatasi musuh.

Merrick kemudian mendobrak pintu kontrol dan memaksa seorang pekerja membuka tombol regulator tekanan, Logan memencetnya, membuat tekanan tambang tidak stabil, Merrick membunuh pekerja tersebut dan mereka bertiga keluar. Setelah Atlas mulai meledak, Logan, Hesh dan Merrick melawan para pekerja tambang dan tentara Federasi. Keegan dan Kick berhasil mengamankan sebuah helikopter dan menerbangkannya sambil menunggu Logan, Hesh dan Merrick. Dengan bantuan Keegan dan Kick, Logan, Hesh dan Merrick sampai ke pusat komando Atlas, Logan menjaga tekanan air sementara Merrick membuat pompa minyak bekerja terlalu keras. Pompa minyak meledak, dan Atlas mulai hancur, Logan, Hesh dan Merrick kabur dan berhasil diselamatkan Keegan dan Kick. Logan hampir saja jatuh dan sempat menyentuh air, mereka pergi sementara Logan melihat Atlas hancur dan tenggelam.

Tahap Ketiga, Operasi Gravedigger (Penggali Kubur), penjaga terakhir Rio, sebuah kapal LCS kelas Aegis yang mempunyai senjata mematikan yang bisa menghancurkan organ dan tulang manusia, serta senjata anti-air yang bisa mengatasi serangan udara. Tetapi, kelemahan kapal tersebut berada di bagian bawahnya, Logan dan Keegan diutus untuk menenggelamkannya, diawasi oleh Elias dan Kick (misi "Into the Deep"). Keegan memandu Logan melewati seekor hiu, 2 patroli Federasi dan mengatasi beberapa tentara Federasi yang sedang mengangkut rongsokan kapal dan barang-barang di dasar laut. Mereka berdua menemukan Aegis, tetapi gelombang sonar yang dihasilkannya membahayakan mereka. Logan dan Keegan berusaha menghindari gelombang dan berhasil memasuki sebuah mercusuar yang tenggelam. Logan mengeluarkan Misil Proteus dan berhasil menghancurkan Aegis. Tetapi gelombang ledakan menghancurkan mercusuar dan membuat selang udara Logan terlepas. Keegan membetulkannya dan mereka berdua menghindari reruntuhan, beberapa tentara Federasi dan 4 ekor hiu lalu menyelesaikan misi.

Tahap Keempat, kelima Ghosts memasuki sebuah pabrik di Rio de Janeiro dengan diawasi oleh Elias pada misi "End of the Line". Pabrik tersebut sedang membuat senjata, proyek rahasia Federasi dan Ghosts akan mencari tahu apa itu sebenarnya. Sementara Kick mencari kendaraan keluar, Logan, Hesh, Keegan dan Merrick menyelinap masuk tetapi setelah membuka pintu putar, mereka berusaha menuju Zona Hitam, tempat senjata Federasi dibuat. Mereka berempat menemukan sebuah satelit militer seperti ODIN yang berisi 6 roket, setiap roket memiliki 6 peluru kinetik, ukurannya kecil, tetapi lebih banyak daripada ODIN. Hesh dan Logan mengunduh file dari komputer Federasi, ternyata satelit yang sedang dipersiapkan adalah yang ke-24. Tentara Federasi membobol Zona Hitam, dan keempat Ghosts kabur, menaiki truk yang dikendarai Kick dan kabur tepat ketika serangan udara yang diluncurkan AS sampai.

Keluarga Walker, Riley dan Merrick berkumpul di kasino Luxor, Las Vegas pada misi "Sin City", sementara Keegan bertemu dengan Menteri Pertahanan di Colorado Springs. Tetapi Federasi melempar gas tidur mereka dan membawa ketiga Walker kepada Rorke, ia lalu menembak Logan setelah menanyai keberadaan Keegan, membuatnya menembak Elias ketika berusaha merebut pistol Rorke, menembak Elias di dada kiri 3 kali, kemudian menembaknya di kepala. Rorke menginginkan Logan hidup dan yang lainnya dieksekusi, ketika Hesh dan Merrick akan dibunuh, Keegan datang tepat waktu dan menolong mereka. Ketiga Ghosts segera bertemu dengan Keegan dan akan berusaha keluar, sesudah mereka menemukan Riley. Tetapi kaki Riley terluka dan Logan harus membawanya, mereka segera diangkut helikopter menuju USS Liberator, kapal induk terakhir AS.

Amerika Serikat melakukan Operasi Blindside (Sisi Buta), dimana mereka akan menyerbu pusat satelit Federasi di Gurun Atacama sebelum stasiun luar angkasa Federasi aktif (misi "All of Nothing"). Merrick yang sekarang menjadi pemimpin Ghosts, menyerahkan topeng Elias kepada Logan, dan membawa Riley, Hesh ditunjuk sebagai komandan lapangan. 3 hari kemudian, Federasi menyerang USS Liberator di lepas pantai Chile dengan bantuan sebuah Shaanxi Y-8. Setelah Logan dan Hesh berusaha melindungi USS Liberator, stasiun luar angkasa Federasi aktif dan segera menghancurkan kapal induk terakhir AS tersebut. Sementara Logan dan Hesh yang diselamatkan helikopter bergabung dengan pasukan penyerang AS di Atacama, Angkatan Udara Amerika Serikat meluncurkan pesawat ulang alik ke stasiun luar angkasa Federasi.

Pada bagian pertama pada misi "Severed Ties", pemain akan memainkan pengendara Badger 2, sebuah M1A2 Abrams dalam Tim Badger, Batalion Tank Kedua di Atacama. Badger menerobos pertahanan Federasi dibantu dengan A-10, melawan T-90 dan Mi-24 (Hind). Mereka menghancurkan senjata anti-udara, membuat Hesh, Logan dan beberapa tentara AS bisa mendarat di menara kontrol. Pemain kemudian memainkan Logan dan meluncurkan sebuah roket untuk menghancurkan pusat satelit Federasi, memutus hubungan antara stasiun luar angkasa dan pusat satelit Federasi. Ia dan Logan kemudian menaiki sebuah kereta dimana Rorke menumpang di lokomotif, meskipun Merrick berkata untuk fokus dalam misi penyerbuan. Pemain kembali memainkan pengendara Badger 2, dimana Tim Badger menyerbu beberapa senjata anti-udara lainnya. Meskipun berhasil, Badger 2 hancur, pengendaranya yang selamat menaiki Badger 1 dan kabur sesaat sebelum roket yang diluncurkan Logan menghancurkan pusat satelit Federasi.

Tim Icarus dari Angkatan Udara AS menyerbu Stasiun Luar Angkasa Federasi LOKI untuk merebutnya dan membalikkan keadaan. Pemain akan memainkan Sersan Thompson, anak buah dari Letnan Kedua Collins pada misi "Loki". Tim Icarus melawan tentara Federasi dan meskipun hanya Thompson dan Collins yang selamat, mereka berhasil menguasai Stasiun Luar Angkasa Loki dan ke-23 satelitnya. Thompson kemudian menghancurkan pasukan Federasi yang melawan pasukan AS di Atacama dan meluncurkan sebuah peluru kinetis ke kereta yang ditumpangi Rorke, Logan dan Hesh atas suruhan Merrick meskipun Collins menolak.

Pada misi terakhir, 15 menit sebelum Collins meluncurkan peluru kinetis, Logan dan Hesh menyerbu sebuah kereta yang ditumpangi oleh Rorke dalam misi "The Ghost Killer". Logan dan Hesh berhasil mencapai lokomotif, tetapi sebelum menyerbu, Hesh menyuruh Merrick meluncurkan peluru kinetis keatas kereta ketika ia mengatakan checkmate/skak mat. Ketika mereka mendobrak pintu, seorang tentara Federasi meluncurkan roket, menghancurkan mesin, menghentikan kereta dan membuat Hesh dan Logan terdorong ke depan. Logan menabrak Rorke, menembak 2 tentara Federasi dengan pistol Rorke, tetapi segera ditahan oleh Rorke. Hesh ditembak Rorke di bahu, tetapi ia segera mengatakan checkmate, membuat Collins meluncurkan sebuah peluru kinetik ke jembatan, menjatuhkan kereta kedalam sungai dan memingsankan Logan, Hesh dan Rorke.

Epilog[sunting | sunting sumber]

Logan tersadar, kemudian ia berusaha mengambil pistol Rorke. Rorke juga tersadar dan berusaha mengambil pistolnya, tetapi Hesh memukulnya dan segera keduanya bertarung. Logan berhasil, tetapi tidak ada peluru di pistol Rorke, Hesh melemparkan peluru kepada Logan. Ia mengisinya dan menembak Rorke dan Hesh di dada, dan memecahkan kaca lokomotif, tetapi Logan berhasil menyelamatkan Hesh dan beristirahat. Merrick memanggil mereka berdua, Hesh menjawabnya, mengatakan bahwa misi mereka berhasil, Merrick kemudian mengirimkan tim penyelamat. Logan dan Hesh kemudian melihat kapal-kapal Federasi ditenggelamkan oleh LOKI, membuat kemenangan berada di tangan Amerika Serikat dan kredit dimulai. Tetapi, setelah beberapa saat, Logan mendengar sesuatu, menoleh dan diinjak oleh Rorke yang selamat dan hanya tertembak di perut. Rorke memastikan bahwa ia dan Logan akan memburu Ghosts bersama (mengubah Logan menjadi seperti Rorke), dan ia menarik Logan, meskipun Hesh berteriak. Dalam adegan setelah kredit, Logan terbangun dalam sebuah lubang, kemungkinan lubang yang sama untuk menahan Rorke.

Extinction[sunting | sunting sumber]

Ghosts menampilkan mode baru dalam seri Call of Duty, yaitu Extinction. Disini, pemain akan melawan sejenis alien bernama Cryptids yang sudah ada sebelum dinosaurus muncul. Pemain bisa memainkannya sendiri, atau membentuk grup maksimal 4 orang, pemain juga bisa mengkostumisasi penampilan seperti pada multiplayer. Jika salah satu pemain ambruk, pemain lain harus menyembuhkannya sebelum meninggal. Pemain bisa mendapatkan uang dengan membunuh Cryptids dan menyelesaikan tantangan.

Peta[sunting | sunting sumber]

Dalam Call of Duty: Ghosts, pemain langsung mendapatkan peta pertama, Point of Contact dari 5 peta yang disediakan (meskipun 4 peta lainnya didapatkan melalui konten yang bisa didownload (Downloadable Content/DLC)). Peta kedua, Nightfall berada dalam DLC Onslaught, peta ketiga, Mayday didapatkan dari DLC Devastation, peta keempat, Awakening terdapat dalam DLC Invasion dan peta terakhir, Exodus berada dalam DLC Nemesis.

Pemain akan mempelajari mode Extinction dimana pada Point of Contact, mereka harus menghancurkan 14 sarang Cryptids dengan mesin bor. Pemain harus melindungi mesin bor dari serangan Cryptids, dan serangan semakin sulit setiap salah satu sarang dihancurkan. Ketika sarang ke-14 sudah dihancurkan, pemain kemudian mengaktifkan bom nuklir dan berlari menuju tempat ekstrasi sambil melawan Cryptids yang tiba-tiba bermunculan secara massal.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]