Cahaya (sinetron)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Cahaya
Format Drama
Skenario Serena Luna
Sutradara Doddy Djanas
Pemeran Naysila Mirdad
Dude Harlino
Glenn Alinskie
Drg. Fadly
Meriam Bellina
Nani Widjaja
Kimberly Ryder
Rama Michael
Komposer lagu tema Purwacaraka
Lagu pembuka Sebelum Cahaya, Letto
Lagu penutup Sebelum Cahaya, Letto
Negara Bendera Indonesia Indonesia
Bahasa Bahasa Indonesia
Jumlah episode 232
Produksi
Produser Leo Sutanto
Lokasi Jakarta
Rumah produksi Sinemart
Siaran
Saluran asli RCTI
Penayangan awal Senin, 5 November 2007 – Jumat, 25 Juli 2008
Kronologi
Diawali oleh Candy
Dilanjutkan oleh Saya Jameela

Cahaya adalah sebuah sinetron Indonesia yang ditayangkan di stasiun televisi RCTI sebanyak 232 episode dari 5 November 2007 hingga 25 Juli 2008.

Sinetron ini disiarkan ulang pada tahun 2013 di stasiun televisi yang sama.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Cerita[sunting | sunting sumber]

Papa Aya (Cahaya) ingin menjualnya ketempat pelacuran, tetapi Aya lari dan bertemu dengan Papa Talita. Ia dibawa Papa Talita ke rumahnya, dimana Aya bertemu dengan Talita.

Pada saat Aya dan Talita berada di atas genteng, Aya terjatuh dan ditolong oleh Raka.

Keesokan harinya, di sebuah kemah di hutan, Aya dan Talita sedang bersenang-senang di tepi sungai, ketika seorang anak lelaki membuang kalung Talita ke sungai. Aya terjatuh, dan lagi-lagi Raka menolongnya. Raka menemukan kalung Talita pada malam hari, dan Ayalah yang memberinya kembali ke Talita.

Sepulangnya ke Jakarta, Aya mendapat laporan dari Mama Talita bahwa ayahnya mencuri sendok emas mereka. Akhirnya mereka berdua diusir dan tidur di sebuah kos.

Keesokan harinya, Raka menjemput Aya untuk kembali ke rumahnya. Erwin pulang, dia selalu dimarahi oleh mama talita karena melukis dan pacaran dengan anggrek yang mimisan terus,pada saat talita ada di tempat pembangunan ia jatuh di tolongi oleh satu cowok lagi bernama sakti,lalu, raka mengenalkan aya pada neneknya, ternyata, nenek raka suka dengan aya dan menjodohinya berdua sampai menguncinya berdua di rumah pohon, gara gara papa aya dipenjara dan tidak suka dengan raka,dan juga raka menolongi talita saat ia di culik, aya memutuskan raka untuk berpisah dan berhenti pacaran, aya juga pernah iseng sama talita, aya mengunci mereka berdua di toilet. Papa aya sudah bebas dari penjara, dan menginap di rumah talita lagi, papa aya sudah tidak betah di rumah talita karena dimarahi terus sama nenek sihir alias mama talita , lalu, mereka berdua pergi semuanya nangis, talita, papa dan mama talita, nenek raka, erwin, raka dan teman barunya darwin yang baru pulang dari hawaii, mereka berpisah untuk selamanya...pas aya kembali, aya menemukkan cowok baru bernama satria. aya menyukai satria, satria juga menyukai aya, sampai darwin cemburu dan mau bunuh diri , lalu aya sudah menyukai satria kan, lalu, aya menjodohkan talita dan raka sampai mereka putus, pas mereka putus, aya kecebur untuk kedua kalinya, dan raka menolonginya, lalu talita marah dan diajak sama sakti untuk kencan berduaan, lalu, aya bilang ke raka untuk buat tanda besar menuliskan "TALITA, TOLONG MEMAAFKAN AKU" lalu talita dan raka hidup bahagia lagi, sampai mama talita punya rencana untuk acara tunangan talita dan raka,lalu mereka jadi tunangan sampai sakti cemburu dan dijodohkan sama si judit jelek itu,setelah tunangan Raka dan Talita Berhasil, Mama Talita Akan Menikahkan Erwin dan Aya, Aya Tidak Setuju Karena Satria Sudah Menjodohinya Selama Panjang Hari, Lalu, Satria Makin Lama Dengar Soal Menikah, Satria cemburu Dan Membuang Semua Barang2 yang Dikasih Aya . Lalu, Papanya Satria Ajak Satria Bertemu Orang Penting, lalu, Satria Lihat Aya Lagi Dirampok dan Satria Berusaha Membelanya Dan Satria Ditusuk, Aya Shock lau Membawanya Ke Rumah Sakit, Mama Talita Sudah Marah Sampai Satria Sadar dan Aya Sudah Bisa Pulang.Akhirnya Tunangan Erwin dan Aya disiapkan, Erwin lalu mengajak aya Kabur dan Satria Bawa Aya,Mereka Berdua Mencari Kerjaan dan Akhirnya Diputuskan untuk membuat toko Roti Bakar,Roti Bakar ya Laku sampai 5 orang penjahat Membakar Warung Roti Bakar Itu. Satria Merencanakan untuk Membangun toko Roti Bakar lagi, Akhirnya Jadi Deh, Setelah Jadi,Satria Dipakasa oleh Bapaknya yang Kaya untuk Membuat Proyek Kampus Aya,Talita,Raka dan Darwin,Satria Tidak Terima Proyek itu, Malah Bapaknya Paksa Sampai Satria Mau, Aya menunggu Satria Dikampusnya Akhirnya Aya Dijemput Sama Raka ke Acara Sukan untuk cinta wangi yang kembali itu, Malamnya, Sakti Mau Menemui Talita

Sakti dan talita menikah,dan membuat raka kecewa.tidak berapa lama selepas itu,sakti meninggal..talita sendirian lagi,dan membawa diri ke luar negara,setelah 4tahun berlalu,talita kembali ke jakarta kemudian bernikah dengan raka..cahaya pula bernikah dgn stria,tapi cerita tidak samapai disitu,perhubungan aya dan satria di goncang oleh seorang wanita,dan membuat rumah tangga aya dan satria berantakan.dan akhirnya mereka bercerai..pelbagai musibah dan malang menimpa aya lagi. aya di sahkan mempunyai penyakit,dan mengakibatkan kaki nya harus di amputasi(potong) ,aya menjadi cacat dan hanya bisa memakai kaki palsu. raka dan talita hidup bahagia dgn kehadiran anak mereka..nenek reni mula menyayangi talita. pengakhiran cerita ini,aya dan satria kembali bersama setelah satu malam satria merayu aya dgn mengajak musician,menyanyikan lagu sebelum cahaya di depan rumahnya. THE END

Karakter[sunting | sunting sumber]

  • Cahaya
Cahaya diperankan oleh Naysila Mirdad. Dalam sinetron ini, Cahaya digambarkan sebagai seorang yang lucu, baik hati, namun suka menangis. Dalam sinetron ini pula, ia kerap kali dipanggil oleh Elga dengan sebutan Aya Cahaya Aya.
  • Talita
Talita diperankan oleh Ririn Dwi Ariyanti. Dalam sinetron ini, Talita digambarkan sebagai seorang yang berani, baik hati, namun pelupa.
  • Raka
Raka diperankan oleh Glenn Alinskie. Dalam sinetron ini, Raka digambarkan sebagai seorang yang sifat hampir mirip dengan Cahaya dan begitu charming sehingga disukai oleh Cahaya dan Talita. Raka kadang-kadang tidak bisa mengendalikan emosi, tapi dibalik itu semua, Raka memiliki hati yang baik dan benar - benar tulus untuk mencintai seseorang.
  • Satria
Satria diperankan oleh Dude Harlino. Dalam sinetron ini, Satria digambarkan sebagai seorang yang hampir mirip dengan Raka. Satria adalah seorang yang baik, tapi sering berbohong demi mendapatkan cinta Cahaya.
  • Darwin
Darwin diperankan oleh Rio Reifan. Dalam sinetron ini, Darwin merupakan orang kedua yang paling lucu setelah Nenek Reni yang merupakan nenek dari Raka.
  • Erwin
Erwin diperankan oleh Rama Michael dia orangnya kreatif dan pemarah.
  • Tedi
Papa Talita Diperankan Oleh Dwi Yan dia orangnya mengestop marah dan baik.
  • Elga
Mama Talita Diperankan Oleh Meriam Bellina dia orangnya pemarah dan suka menggunakan bahasa campuran Inggris-Indonesia seperti I Tidak Thank You Sama You yang artinya Saya Tidak Terima Kasih Sama Kamu atau Coba Kamu Think-Think yang artinya Coba Kamu Pikir-Pikir atau You come sini here yang artinya Kamu ke sini dll.
  • Nenek Raka
Nenek Raka Diperankan Oleh Nani Widjaya dia orangnya penjodoh, genit dan baik dan sayang terhadap cucu.
  • Hendra
Papa Aya Diperankan Oleh Yadi Timo dia orangnya tidak betah, pemarah, pencuri dan baik. papanya adalah orang jahat yang sudah menjualnya ke tempat pelacuran.
  • Pertiwi
Ibu Aya Diperankan oleh Dian Nitami yang lama .terpisah. Ia dalah wanita kaya namun punya penyakit asma.
  • Alea
Bekas pacar Satria dari Amerika ini diperankan oleh Khusnita Putri. Kedatangannya di Indonesia adalah untuk mencari adik kandungnya yang hilang yakni Cahaya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Sinetron Cahaya Di Website RCTI