Cabak mees

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Cabak Mees)
Langsung ke: navigasi, cari
?Cabak mees
Cabak-mees.jpg
Status konservasi
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Caprimulgiformes
Famili: Caprimulgidae
Genus: Caprimulgus
Spesies: C. meesi
Nama binomial
Caprimulgus meesi
Sangster & Rozendaal, 2004

Cabak mees (Caprimulgus meesi) adalah burung dari keluarga Caprimulgidae. Burung ini termasuk burung nokturnal dan merupakan endemik Sumba , Flores dan Kepulauan Sunda Kecil. Burung ini dinamakan mees menurut Gerlof Mees, seorang ahli burung dari Universitas Leiden.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Cabak mees berukuran sekitar 30 cm. Bentuk tubuh burung ini mirip cabak maling, berwarna coklat keabu-abuan. Ciri khas: bercak putih mencolok pada tengah-tengah empat bulu primer terluar, warna putih lebar mencolok pada dua pasang bulu ekor terluar. Pada burung betina terdapat bercak kuning tua dan garis putih pada tenggorokan. Warna Iris coklat, paruh dan kaki coklat keabu-abuan.

Tempat hidup dan Kebiasaan[sunting | sunting sumber]

Menghuni tepi hutan terbuka, semak belukar rapat dengan sedikit pohon, atau lahan budidaya dengan sedikit pohon. Tidak pernah ditemui di kawasan hutan yang rapat, dari ketingigian permukaan laut sampai 800 mdpl. Bersuara pada dini dan senja hari dari tempat bertengger yang terbuka 5-10 m dari permukaan tanah. Memakan serangga yang di tangkap ketika terbang, baik dari tempat bertengger atau ketika terbang melayang di sekitar teretori.

Catatan Kaki[sunting | sunting sumber]

Bacaan[sunting | sunting sumber]

  • Sangster, G. & F.G. Rozendaal. 2004. Systematic notes on Asian birds. 41. Territorial songs and species-level taxonomy of nightjars of the Caprimulgus macrurus complex, with the description of a new species. Zoologische Verhandelingen, Leiden 350: 7-45

Pranala luar[sunting | sunting sumber]