Ca (huruf Arab)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Huruf ca.

Ca, Cha, Che atau Tsche (چ) (bahasa Arab: الجيم المثلثة, al jiim al mutslutsat) adalah salah satu huruf Arab yang melambangkan fonem /c/ dalam bahasa Indonesia. Secara harfiah ca dalam bahasa Arab disebut الجيم المثلثة, dibaca /al jiim al mutslutsat/ yang artinya adalah huruf Jim dengan tiga titik (di bawahnya). Ca bukanlah salah satu dari ke-28 huruf Hijaiah. Ca dipakai untuk menuliskan fonem /c/ pada bahasa-bahasa non-Arab yang dituliskan menggunakan huruf Arab, seperti bahasa Melayu atau Jawi dan bahasa Persia.

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

huruf ca dipakai untuk menuliskan nama tempat di Israel yang sejatinya tidak dituliskan menggunakan huruf Arab

Huruf ca digunakan untuk menuliskan kosa kata bahasa non-Arab yang dituliskan menggunakan huruf Arab, namun karena keterbatasan huruf Arab dalam melambangkan beberapa fonem yang tidak ada dalam bahasa Arab sehingga dibentuklah beberapa huruf penyesuaian untuk melambangkan fonem tersebut.

Di beberapa negara yang menggunakan bahasa Arab dan juga bahasa lain sebagai bahasa resminya, huruf ca digunakan untuk menuliskan nama-nama tempat yang sejatinya tidak dituliskan dengan huruf Arab, seperti di Palestina dan Irak[butuh rujukan].

Huruf ca juga dipakai dalam bahasa Melayu dan Indonesia untuk keperluan keagamaan dan yang lainnya yang dikenal dengan nama Jawi, seperti pada kitab, buku-buku keagamaan, juga catatan dan tulisan yang terdapat pada sampul Alquran berbahasa Melayu dan Indonesia.

Penulisan[sunting | sunting sumber]

Penulisan dari huruf ca ditulis layaknya huruf ha dalam alfabet Arab namun dengan tiga titik di bawahnya.

Cara penulisan huruf (چ)
Posisi Lepas Posisi Awal Posisi Tengah Posisi Akhir
چ چـ ـچـ ـچ

Ca dalam unicode[sunting | sunting sumber]

Unicode Codepoint U+0686
Unicode-Name ARABIC LETTER TCHEH
HTML چ
ISO 8859-6 nicht vorhanden

Lihat pula[sunting | sunting sumber]