cFosSpeed

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
CFosSpeed
Pengembang cFos Software GmbH
Rilis perdana 7 Juli 2004; 10 tahun yang lalu (2004-07-07)
Rilis stabil 9.60 (29 April 2014; 2 bulan yang lalu (2014-04-29))
Sistem operasi Windows 8.1, Windows 8, Windows 7, Windows Vista, Windows XP, Windows Server 2003, dan Windows Server 2008
Serambi X86-32-bit dan x86-64
Jenis Traffic shaping
Lisensi Shareware
Situs web resmi www.cfos.de/id/cfosspeed/cfosspeed.htm

cFosSpeed adalah salah satu perangkat lunak yang digunakan untuk menstabilkan dan mempercepat koneksi internet untuk sistem operasi Windows. Perangkat lunak ini mempunyai driver jaringan yang menempel pada koneksi internet yang ada. Kemudian mengoptimalkan transfer data melalui Traffic Shaping. Traffic Shaping adalah metode untuk mengoptimalkan lalu lintas Internet. Hal ini memungkinkan kecepatan maksimum sementara memastikan Ping minimal. cFosSpeed mendukung berbagai macam koneksi, seperti DSL, kabel, ISDN, UMTS, WiMAX dll.

Perangkat lunak ini sering digunakan oleh para gamer online dan pengguna VoIP untuk menstabilkan koneksi ping internet mereka. cFosSpeed memiliki dua tujuan : Menjaga penundaan jaringan (waktu ping) tetap kecil, untuk membuat aplikasi Internet merespon secepatnya dan Meningkatkan lalulitas data dengan menghindari kemacetan jaringan. Anda dapat menggukanan cFosSpeed dengan koneksi Internet yang anda gunakan sendiri atau yang anda bagi dengan beberapa komputer.

Proses kerja cFosSpeed[sunting | sunting sumber]

Perangkat lunak ini membagi paket data ke dalam kelas lalu lintas jaringan yang berbeda yang diperoleh melalui sejumlah filter penyaringan yang dapat diatur oleh pengguna. Lalu lintas data dapat diklasifikasikan dan diprioritaskan oleh nama program, protokol layer-7, TCP atau nomor port UDP, dengan DSCP serta kriteria lainnya.

Lalu lintas jaringan yang ke luar tidak dikirim sembarangan. Sebaliknya, paket data terlebih dahulu diantrikan kemudian dikirim keluar berdasarkan urutan prioritasnya. Dengan cara ini, data yang diperlukan segera ditransmisikan sebelum terjadi waktu kritis data penting. [1]

Jadi, meskipun sejumlah data besar ditransfer pada saat yang sama, Traffic Shaping akan mempertahankan konektivitas seperti sesi SSH, VNC (Virtual Network Computing), panggilan VoIP, game online atau waktu-kritis respon aplikasi internet. Terlebih lagi, transmisi cepat paket TCP ACK akan membuat download lebih cepat [2][3]. Ini karena program ini hanya akan mengirimkan data setelah data sebelumnya diakui (TCP flow control). cFosSpeed juga mengurangi kemacetan jaringan saat download dengan menurunkan ukuran window TCP untuk menjaga pengiriman data terlalu banyak sekaligus.

Fitur-Fitur cFosSpeed[sunting | sunting sumber]

beberapa fitur cFosSpeed[4] antara lain :

*     Mengurangi Ping untuk online games
*     Menjaga internet agar tetap cepat selama proses upload/download
*     Memperbaiki kualitas mobile Internet
*     Mengurangi masalah streaming audio/video
*     Memperbaiki kualitas VoIP
*     Penyaring Firewall
*     Pengatur budget online berdasar waktu akses dan kuota internet
*     Tampilan yang bisa diubah-ubah skin-nya
*     Mendukung berbagai bahasa (termasuk Indonesia)

Catatan Kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lüders, Christoph; Winkler, Martin (20 February 2008). "Tweaking TCP/IP". The H Online. Heise Media UK Ltd. 
  2. ^ "How does traffic shaping in cFosSpeed work?". cFos website. cFos Software GmbH. Diakses 18 January 2011. 
  3. ^ "cFosSpeed 6.10" (dalam bahasa German). Heise Zeitschriften Verlag. Diakses 18 January 2010. 
  4. ^ "List of cFosSpeed's features". cFos website. cFos Software GmbH. Diakses 18 January 2011. 

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]