Cēsis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bendera kota

Tentang suara ini Cēsis ialah sebuah kota kecil di Vidzeme, Latvia. Cēsis terletak di lembah Sungai Gauja, dan dibangun pada serangkaian punggung bukit di atas sungai yang menghadap "hutan biru" di bawahnya.

Pada tahun 1209, sebuah kastil dibangun di sini oleh Ordo Livonia, dan dihancurkan 168 tahun kemudian. Pada tahun 1919, terjadi pertempuran antara pasukan gabungan Latvia-Estonia melawan Jerman.

Sejak tahun 1889, sebuah jaringan kereta api dibangun di kota ini.

Kota ini dikelilingi oleh bebatuan dolomit dengan 8 menara dan 5 gerbang. Bangunan dari Abad Pertengahan termasuk Gereja St. Yohanes (dibangun 1281-1284), reruntuhan kastil Ordo Livonia, Kastil Cēsis dan dinding benteng, fragmen yang dapat dilihat di Jalan Vaļņu dan Palasta. Di samping itu, jaringan jalan lama dan perencanaan bangunan telah lestari dari Abad Pertengahan, meskipun banyak yang sudah jadi puing. Bangunan abad ke-18 dapat dilihat di Jalan Rīga 16 dan 25, sedangkan rumah-rumah yang dibangun di paruh pertama abad ke-19 ada di Jalan Rīga 15 dan 47, Jalan Gaujas 6, dan jalanan kota lainnya.